Harga Emas Diyakini Bakal Tembus Titik Tertinggi Sepanjang Masa



Harga emas dunia berada di level psikologis utama yaitu USD 2.000 per ounce pada perdagangan Senin. Kenaikan harga emas dunia ini terjadi masih disebabkan karena permintaan safe haven lantaran konflik di Timur Tengah yang makin memanas. Harga emas bahkan diyakini bakal tembus ke titik tertingginya dalam sejarah. .

 

Harga emas dunia di pasar spot sedikit turun 0,4% menjadi USD 1,998.47 per troy ons. Sedangkan harga emas berjangka AS ditutup 0,4% lebih tinggi pada USD 2.005,60 per troy ons. Harga emas di pasar spot sempat menyentuh USD 2.009,29 per troy ons pada perdagangan Jumat, melampaui level USD 2.000 untuk pertama kalinya sejak pertengahan Mei, karena investor berbondong-bondong beli emas batangan yang aman.

 

Emas dunia berusaha menguat di tengah tekanan dari penguatan mata uang Dolar AS. Permintaan kepada emas sebagai instrumen safe haven terus membludak di tengah konflik Timur Tengah antara Palestina dan Israel. Sementara para pelaku pasar menantikan pertemuan kebijakan Bank Sentral AS atau Federal Reserve (Fed) minggu ini.

 

“Konflik Timur Tengah membatasi pasar emas dan perak. Saya tetap bullish pada emas, konflik akan menjadi lebih buruk sebelum menjadi lebih baik, emas bisa mencapai titik tertinggi sepanjang masa dalam waktu dekat,” kata analis senior Kitco Metals, Jim Wyckoff.

 

Analisis dari Head of Research & Development (DCFX) Paolo Liszman menambahkan bahwa lonjakan harga emas ini sebagian besar dipicu oleh ketidakpastian geopolitik yang berkembang di Timur Tengah.  Fenomena ini telah memberikan dukungan substansial bagi logam mulia ini, yang terus menarik minat investor di tengah lingkungan global yang tidak pasti.

 

"Seiring dengan berlanjutnya perkembangan geopolitik yang belum pasti dan fluktuasi dalam kebijakan ekonomi global, para investor diimbau untuk tetap mengikuti informasi terbaru dan berbagai faktor yang mempengaruhi pasar emas sehingga para pelaku pasar dapat mengambil keputusan investasi yang lebih cerdas," tegas dia.

 

Bank sentral AS The Fed akan mulai menggelar rapat FOMC hari ini hingga Rabu. Bank sentral paling super power di dunia tersebut akan mengumumkan kebijakan suku bunga pada Rabu waktu AS atau Kamis dini hari waktu Indonesia.  Pasar berekspektasi The Fed masih akan menahan suku bunga acuan di kisaran 5,25-5,50% pada bulan ini.


 

Selain keputusan suku bunga, pelaku pasar juga menunggu pernyataan Chairman The Fed Jerome Powell mengenai sinyal kebijakan ke depan. The Fed pada pertemuan September lalu mengisyaratkan masih akan mengerek suku bunga sekali lagi pada tahun ini meskipun kebijakan akan sangat ditentukan oleh data-data ekonomi. Data terbaru menunjukkan ekonomi AS masih melaju kencang sehingga inflasi diproyeksi sulit melandai. Ekonomi AS masih tumbuh kencang 4,9% (year on year/yoy) pada kuartal III-2023, tertinggi sejak kuartal IV-2022 atau hampir dua tahun. 

 

Data S&P Global Manufacturing PMI Flash menunjukkan aktivitas bisnis AS meningkat ke level ekspansif yakni 50 pada Oktober 2023, dari 49,8 pada September. S&P Global Service PMI Flash juga menunjukkan penguatan menjadi 50,9 pada Oktober, dari 50,1 pada September. Inflasi AS masih stagnan di angka 3,7% (yoy) pada September 2023, jauh dari target The Fed yakni di kisaran 2%.

 

"Data ekonomi AS yang masih kuat akan membuat The Fed mempertahankan kebijakan hawkishnya. The Fed mungkin tidak akan menaikkan suku bunga acuan tetapi masih akan hawkish ke depan," tutur Matt Simpson, analis dari City Index. 

  

Saatnya Investasi Emas, Mulai dari Rp5.000-an  

 

Sobat Treasury, tren naik turunnya harga emas harian tak perlu dikhawatirkan karena secara akumulatif pasti ada tren kenaikan setiap tahunnya, karena idealnya harga emas memang investasi jangka menengah dan jangka panjang. Kini, Sobat bisa membeli emas dengan mudah dan murah, mulai dari Rp5 ribu di Treasury!

 

Jangan khawatir dengan legalitas dan keamanan Treasury. Treasury, merupakan pedagang emas fisik digital pertama yang berlisensi BAPPEBTI.  Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna. Treasury Merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka. Transaksinya pun aman karena merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka yang diawasi oleh BAPPEBTI. 

 

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa punya tabungan emas berjangka dengan bunga  s.d 9% p.a di Panen Emas. Atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah, pencairan dananya cepat lho! Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini!

 

Menarik banget, kan? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!