Kuatnya Yields Obligasi Treasury Rem Sementara Harga Emas



Harga emas mengalami koreksi yang disebabkan oleh naiknya yields treasury AS jangka panjang. Yields obligasi treasury AS benchmark 10 tahun melompat ke ketinggian beberapa tahun di 5% di tengah ekspektasi menguatnya data ekonomi AS yang akan dipublikasikan pada minggu ini.

 

Harga emas hari ini pukul 10:04 WIB di Aplikasi Treasury naik 0.29% (Rp2.966) dengan harga beli emas Rp1.043.383. Sedangkan Harga emas di pasar spot pada perdagangan Senin (23/10/2023), ditutup di posisi US$ 1.972,59 per troy ons. Harganya jatuh 0,43%. Pelemahan ini memutus tren positif emas yang menguat dalam empat hari sebelumnya dengan penguatan mencapai 3,2%. Emas sedikit menguat pada hari ini. Pada perdagangan Selasa (24/10/2023) pukul 06:24 WIB, harga emas menguat 0,04%. 

 

Indeks dolar juga masih melaju kencang ke 105,54. Posisi tersebut lebih tinggi dibandingkan pada penutupan hari sebelumnya yakni 106,16. Kenaikan dolar AS membuat emas semakin mahal dibeli sehingga semakin tidak terjangkau untuk dibeii buat investasi. Emas juga tidak menawarkan imbal hasil sehingga kenaikan imbal hasil US Treasury membuat emas kurang menarik.

 

"Market pada dasarnya butuh konsolidasi setelah rally panjang selama dua pekan. Ini adalah hal yang wajar. Pelaku pasar juga perlu melihat apa yang terjadi di pasar saat ini, termasuk imbal hasil," tutur analis Saxo Bank, Ole Hansen, dikutip dari Reuters.

 

Fokus investor tetap pada retorika yang datang dari para bank sentral terutama Federal Reserve AS. Pasar percaya the Fed telah selesai dengan kenaikan tingkat bunganya. Namun hal ini adalah berbahaya karena inflasi masih belum bisa dikontrol dan resiko geopolitik tetap tinggi yang dapat berpengaruh terhadap ekonomi global.

 

Sejumlah pelaku emas juga sedang memperhatikan dengan seksama tingkat pertumbuhan ekonomi AS pada kuartal Juli sampai dengan September, yang akan menentukan tingkat bunga the Fed pada akhir tahun. Tingkat pertumbuhan ekonomi AS yang bagus akan mendemonstrasikan kondisi pasar tenaga kerja yang kuat, belanja konsumen yang kuat dan pemulihan aktifitas ekonomi meskipun ditengah kebijakan moneter yang ketat oleh Federal Reserve AS 

 

Analis Deu Calion Futures (DCFX), Andrew Fischer, berpendapat emas akan terus menguat setelah pengumuman The Fed, mengingat situasi ketidakpastian sebelumnya terkait suku bunga AS. Dia menyatakan emas memiliki peluang besar untuk kenaikan harga dalam jangka panjang.

 

"Situasi ketidakpastian yang mendasari prediksi ini adalah pengumuman The Fed terkait suku bunga AS. Sebelumnya, pasar memiliki keraguan terhadap arah suku bunga AS, namun dengan pengumuman tersebut emas cenderung naik," ujar dia

 

Dia mengatakan investor lebih memilih emas sebagai aset safe haven dalam kondisi ini, dan permintaan terhadap logam mulia masih tinggi. Hal ini didorong oleh sejumlah faktor, termasuk ketegangan geopolitik seperti konflik Hamas-Israel, yang membuat beberapa negara memilih emas daripada Dolar AS.

 

Saatnya Investasi Emas, Mulai dari Rp5.000-an  

 

Sobat Treasury, tren naik turunnya harga emas harian tak perlu dikhawatirkan karena secara akumulatif pasti ada tren kenaikan setiap tahunnya, karena idealnya harga emas memang investasi jangka menengah dan jangka panjang. Kini, Sobat bisa membeli emas dengan mudah dan murah, mulai dari Rp5 ribu di Treasury!

 

Jangan khawatir dengan legalitas dan keamanan Treasury. Treasury, merupakan pedagang emas fisik digital pertama yang berlisensi BAPPEBTI.  Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna. Treasury Merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka. Transaksinya pun aman karena merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka yang diawasi oleh BAPPEBTI. 

 

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa punya tabungan emas berjangka dengan bunga  s.d 9% p.a di Panen Emas. Atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah, pencairan dananya cepat lho! Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini!

 

Menarik banget, kan? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!