Pelaku Pasar Optimistis The Fed Tahan Suku Bunga, Harga Emas Perlahan Naik



Harga emas mulai membaik setelah kekhawatiran pasar mulai mereda. Pelaku pasar kini semakin optimistis jika bank sentral AS The Federal Reserve (The Fed) akan menahan suku bunga pada pertemuan pekan depan meskipun inflasi meningkat. Namun berdasarkan rilis inflasi kemarin, pergerakan inflasi inti AS melambat sehingga membuat pelaku pasar optimistis.

Harga emas di aplikasi Treasury juga bergerak menanjak. Harga dibuka pada harga Rp971.933 per gram, dan hingga pukul 09:00 WIB pagi terus melesat ke harga Rp979.392 per gram. Dalam hari ini harga emas di Apps Treasury sementara sudah naik 0.15 persen atau ada kenaikan Rp1.459 dari pembukaan awal.

Harga emas di pasar spot pada perdagangan Kamis (14/9/2023) ditutup di posisi US$ 1910,32 WIB per troy ons atau menguat 0,21%. Penguatan ini memutus tren negatif emas yang ambruk 0,8% selama dua hari perdagangan sebelumnya. Harga emas sedikit melemah pada hari ini. Pada perdagangan Jumat (15/9/2023), harga emas ada di posisi US$ 1.910,18 per troy ons atau melemah 0,07%.

Kendati menguat, analis dari High Ridge Futures, David Meger, mengingatkan emas masih rawan melemah ke depan. Pasalnya, data terbaru juga menunjukkan ekonomi AS masih kuat. "Ada kekhawatiran jika The Fed akan melanjutkan kenaikan suku bunga sehingga ini akan menekan pasar emas," imbuh Meger.

Data klaim pengangguran AS untuk pekan yang berakhir 9 September 2023 naik ke 220.000 dibandingkan minggu sebelumnya sebesar 217.000. Nilai tersebut masih berada di bawah ekspektasi pasar yang proyeksi bisa naik ke 225.000.

Kemudian ada data penjualan ritel AS untuk periode Agustus 2023 tumbuh 0,6% secara bulanan (MoM) dibandingkan sebelumnya sebesar 0,5% MoM. Sementara itu data inflasi untuk produsen atau producer price index (PPI) periode Agustus 2023 naik 1,2% (yoy), lebih panas dibandingkan konsensus sebesar 1,2% dan bulan sebelumnya sebesar 0,8%.

Indeks dolar AS melesat ke 105,41 kemarin atau menjadi yang tertinggi sejak maret 2023 atau enam bulan terakhir. Imbal hasil US Treasury menguat ke posisi 4,29% atau tertinggi sejak 6 September 2023.

Inflasi AS merangkak menjadi 3,7% secara tahunan (year-on-year/YoY) pada Agustus 2023, naik dari inflasi pada bulan sebelumnya sebesar 3,2% YoY. Inflasi tersebut adalah yang tertinggi dalam tiga bulan terakhir dan hampir dua kali lipat lebih tinggi dari target bank sentral AS The Federal Reserve (The Fed).

Nilai inflasi tersebut juga lebih tinggi dibandingkan konsensus pasar yang proyeksi naik sebesar 3,6% YoY. Namun, inflasi inti berhasil melandai sesuai ekspektasi ke 4,3% YoY dibandingkan periode bulan sebelumnya sebesar 4,7%. Melambatnya inflasi inti inilah yang membuat pelaku pasar optimistis.

Hal tersebut juga semakin didukung dengan data yang ditunjukkan CME Fedwatch Tool yang mengukur peluang suku bunga akan ditahan pada level 5,25% - 5,50% sudah semakin dominan, mencapai 97%. Bank Sentral Eropa (ECB) menaikkan suku bunga utamanya ke rekor tertinggi sebesar 4% pada hari Kamis, namun mengisyaratkan bahwa hal ini mungkin merupakan langkah terakhirnya.

 

Saatnya Investasi Emas, Mulai dari Rp5.000-an  

Sobat Treasury, tren naik turunnya harga emas harian tak perlu dikhawatirkan karena secara akumulatif pasti ada tren kenaikan setiap tahunnya, karena idealnya harga emas memang investasi jangka menengah dan jangka panjang. Kini, Sobat bisa membeli emas dengan mudah dan murah, mulai dari Rp5 ribu di  Treasury!

Jangan khawatir dengan legalitas dan keamanan Treasury. Treasury, merupakan pedagang emas fisik digital pertama yang berlisensi BAPPEBTI.  Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna. Treasury Merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka. Transaksinya pun aman karena merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka yang diawasi oleh BAPPEBTI. 

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa punya tabungan emas berjangka dengan bunga  s.d 9% p.a di Panen Emas. Atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah, pencairan dananya cepat lho! Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini!

Menarik banget, kan? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!