Harga Emas Naik di Tengah Penantian Hasil SImposium Jackson Hole



Harga emas naik didorong penurunan imbal hasil obligasi pemerintah Amerika Serikat (AS) atau U.S Treasury dan dollar AS, seiring penantian investor terhadap Jackson Hole Economic Symposium. Harga emas pada aplikasi Treasury bergerak landai. Sementara dalam hari ini, Kamis (24/08/2023) harga emas di aplikasi Treasury turun 0.31 persen atau turun Rp3.016.

Sedangkan harga emas dunia naik satu persen ke level tertinggi dalam dua minggu pada akhir perdagangan Rabu (23/8/2023) waktu setempat atau Kamis pagi WIB. Harga emas di pasar spot naik 1 persen ke 1.916,20 dollar AS per ons. Sementara harga emas berjangka Comex New York Exchange juga naik 1,1 persen ke level 1.948,10 dollar AS per ons. 

Imbal hasil U.S Treasury tenor 10 tahun turun dari level tertinggi dalam 16 tahun yang sempat dicapai pada sesi sebelumnya. Kondisi ini membuat emas yang tidak memberikan imbal hasil jadi cukup menarik bagi investor. Sementara indeks dollar AS turun 0,14 persen ke level 103,45 pada perdagangan kemarin. Pelemahan ini membuat harga emas menjadi lebih murah bagi pemegang mata uang lainnya, sehingga mendorong minat pada emas. 

Melemahnya dolar AS dan imbal hasil US Treasury merupakan imbas dari stagnannya data ekonomi AS di sektor manufaktur. S&P Global Manufacturing PMI Flash AS yang menunjukkan aktivitas manufaktur turun ke 47 pada Agustus dari 49 pada Juli. Sementara itu, S&P Global Services PMI Flash juga diproyeksi melandai menjadi 51 pada Agustus 2023, dari 52,3 pada Juli. 

Aktivitas manufaktur AS menjadi harapan jika ekonomi AS tak melaju kencang sehingga The Fed melunak. Survei CME's FedWatch Tool menunjukkan 86,5% pelaku pasar meyakini The Fed akan menahan suku bunga pada September mendatang. Angka ini naik dibandingkan 85,5% pada hari sebelumnya. Sebanyak 13,5% memperkirakan The Fed akan menaikkan suku bunga.

Purchasing Manager Index (PMI) Komposit (manufaktur & jasa) AS untuk bulan Agustus dari S&P Global turun ke 50.4 dari sebelumnya pada bulan Juli di 52.0 dan juga di bawah daripada yang diperkirakan di 52. Indeks manufaktur turun lebih dalam ke teritori kontraksi di 47 dari bulan Juli di 49 dan di bawah daripada yang diperkirakan di 49.3. Sementara indeks jasa bertahan di teritori ekspansi di 51.0, meleset daripada yang diperkirakan di 52.2. Fokus pelaku pasar kini tertuju pada pidato Ketua Fed Jerome Powell di hari Jumat mendatang pada Jackson Hole Economic Symposium untuk konferensi tahunan para gubernur bank sentral. Jika pidato Powell menekankan pengetatan moneter maka harga emas bisa tumbang. Namun, jika Powell memberi sinyal pelonggaran maka harga emas bisa kembali menguat. Suku bunga yang lebih tinggi akan meningkatkan imbal hasil obligasi, sehingga membuat emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil menjadi kurang menarik.

 

Saatnya Investasi Emas, Mulai dari Rp 5.000-an 

Sobat Treasury, tren naik turunnya harga emas harian tak perlu dikhawatirkan karena secara akumulatif pasti ada tren kenaikan setiap tahunnya, sebab idealnya harga emas memang investasi jangka menengah dan jangka panjang. Kini, Sobat Treasury bisa membeli emas dengan cukup mudah dan murah lho!. Kamu juga bisa membelinya secara online melalui aplikasi smartphone. Treasury menjadi platform yang tepat bagimu untuk investasi emas. Harga logam mulia yang ditawarkan sangat terjangkau, mulai dari Rp5 ribu.

Jangan khawatir dengan legalitas dan keamanan Treasury. Treasury, merupakan pedagang emas fisik digital pertama yang berlisensi BAPPEBTI.  Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna. Treasury Merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka. Transaksinya pun aman karena merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka yang diawasi oleh BAPPEBTI. Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa menumbuhkan asetmu s.d 9% p.a di fitur Panen Emas atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah. Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini! Menarik banget, kan? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!