Aksi Bargain Hunting, Investor Manfaatkan Momentum Borong Emas saat Harga Rendah



Harga emas dunia sedikit membaik karena melemahnya harga dolar AS imbal hasil Treasury AS seraya menanti pidato Chairman bank sentral Amerika Serikat (AS) The Federal Reserve (The Fed) Jerome Powell akhir pekan ini. Harga emas juga terkerek karena sejumlah investor memanfaatkan momentum membeli emas mumpung harganya sedang rendah.

Harga emas di aplikasi Treasury hari ini pada perdagangan Rabu (23/8/2023) bergerak positif. Dibuka pada harga Rp966,616 per gram, harganya merangkak naik Rp968.847 (pukul (08:59 WIB), Dalam hari ini harga emas di Treasury sudah naik 0.23 persen atau ada kenaikan Rp2.236 per gramnya,

Sedangkan harga emas di pasar spot hari ini ada di posisi US$ 1.897,49 per troy ons atau menguat tipis 0,001%. Pada perdagangan kemarin harga emas di pasar spot ditutup di posisi US$ 1.897,47 per troy ons. Harganya menguat 0,19%. Penguatan ini memperpanjang tren positif emas yang juga menguat pada perdagangan Senin pekan ini.

Dolar AS turun tipis terhadap mata uang utama lainnya, membuat emas lebih murah bagi pemegang mata uang lainnya, sementara imbal hasil obligasi pemerintah AS bertenor 10 tahun turun setelah mencapai level yang belum pernah terlihat sejak November 2007. Indeks dolar AS, mengukur mata uang terhadap enam mata uang utama lainnya, turun tipis 0,01% di 103,31, bertahan di bawah level tertinggi 10 minggu pada hari Jumat di 103,68. Namun, sejauh ini naik sekitar 1,4% di bulan Agustus.

Di sisi teknis, harga emas diperdagangkan di bawah rata-rata pergerakan 50, 100 dan 200 hari. Spekulan yang memperdagangkan sinyal teknikal menganggap penembusan di bawah moving average tersebut sebagai tanda bearish. Indikasi sentimen, berkurangnya kekhawatiran akan perlambatan ekonomi AS dan melonjaknya imbal hasil obligasi telah secara bertahap mengikis daya tarik dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) yang didukung oleh emas sebagai safe-haven.

Analis independen Ross Norman menjelaskan kenaikan harga emas saat ini lebih ditopang oleh aksi bargain hunting dan bukan karena fundamental emas yang menarik. "Saat ini harga emas sangat bergantung pada aksi bargain hunting investor yang ingin membeli emas pada level sekarang ini. Saya tidak melihat ada hal signifikan yang bisa mendorong kenaikan emas sampai pidato Powell mendatang," ujar Norman ujarnya kepada Reuters.

Chairman The Fed, Jerome Powell akan menghadiri Simposium Ekonomi Jackson Hole, di Wyoming, selama tiga hari, yang diselenggarakan setiap tahun oleh The Fed wilayah Kansas City sejak 1981. Simposium Jackson Hole adalah acara di mana para gubernur bank sentral, menteri keuangan, ekonom, dan akademisi dari seluruh dunia berkumpul untuk membahas masalah ekonomi yang paling mendesak saat ini.

Powell akan menyampaikan pidato tentang prospek ekonomi pada Jumat (25/8) di Jackson Hole. Dia akan memberikan pandangan terbarunya tentang apakah diperlukan lebih banyak pengetatan kebijakan untuk menurunkan inflasi di tengah pertumbuhan ekonomi yang sangat kuat, atau mulai mempertimbangkan untuk mempertahankan suku bunga.

Jika kemudian pidato Powell kembali menekankan pengetatan moneter maka harga emas bisa tumbang. Namun, jika Powell memberi sinyal pelonggaran maka harga emas bisa kembali menguat. Suku bunga yang lebih tinggi akan meningkatkan imbal hasil obligasi, sehingga membuat emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil menjadi kurang menarik.

 

Saatnya Investasi Emas, Mulai dari Rp 5.000-an 

Sobat Treasury, tren naik turunnya harga emas harian tak perlu dikhawatirkan karena secara akumulatif pasti ada tren kenaikan setiap tahunnya, sebab idealnya harga emas memang investasi jangka menengah dan jangka panjang. Kini, Sobat Treasury bisa membeli emas dengan cukup mudah dan murah lho!. Kamu juga bisa membelinya secara online melalui aplikasi smartphone. Treasury menjadi platform yang tepat bagimu untuk investasi emas. Harga logam mulia yang ditawarkan sangat terjangkau, mulai dari Rp5 ribu.

Jangan khawatir dengan legalitas dan keamanan Treasury. Treasury, merupakan pedagang emas fisik digital pertama yang berlisensi BAPPEBTI.  Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna. Treasury Merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka. Transaksinya pun aman karena merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka yang diawasi oleh BAPPEBTI.Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa menumbuhkan asetmu s.d 9% p.a di fitur Panen Emas atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah. Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini! Menarik banget, kan? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!