Risalah FOMC The Fed dan Data Pengangguran AS Pukul Harga Emas



Harga emas jatuh tergelincir setelah keluarnya rilis pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC) serta data klaim pengangguran AS. Harga emas pada aplikasi Treasury hari ini, Jumat (18/08/2023) dibuka pada harga Rp963.258 per gram. Harga sempat naik Rp967,567, namun kembali melandai ke titik awal pembukaan. Dalam hari ini, harga emas di aplikasi Treasury naik 0.09 persen atau ada kenaikan Rp901 per gram.

Harga emas di pasar spot pada perdagangan Kamis (17/08/2023) ditutup di posisi US$ 1.888,89 per troy ons. Harganya melemah 0,15%. Posisi penutupan kemarin membawa emas ke titik terendahnya sejak 10 Maret 2023 atau lebih dari lima bulan. Pelemahan juga memperpanjang derita emas yang juga jatuh pada tiga perdagangan hari sebelumnya.. Dalam empat hari terakhir, harga sang logam mulia sudah ambruk 1,28%. Harga emas sedikit membaik pada hari ini. Pada perdagangan Jumat (18/8/2023) pukul 06:25 WIB, harga emas ada di posisi US$ 1.890,19 per troy ons atau menguat 0,07%.

Dua alasan harga emas melemah yaitu keluarnya rilis pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC) serta data klaim pengangguran AS. Risalah pertemuan FOMC Juli yang dirilsi pada kemarin menunjukkan sebagian besar pejabat lebih memprioritaskan pertarungan atas inflasi "Dengan inflasi yang masih jauh di atas tujuan jangka panjang Komite dan pasar tenaga kerja tetap ketat, sebagian besar peserta terus melihat risiko kenaikan yang signifikan terhadap inflasi dan tetap memerlukan pengetatan kebijakan moneter lebih lanjut," ungkap risalah dalam pertemuan FOMC.

Hal tersebut semakin menambah ketidakpastian di pasar, pasalnya the Fed melawan inflasi dengan menaikkan suku bunga. Oleh sebab itu, sikap bank sentral AS tersebut di proyeksi pasar masih bisa ketat lagi untuk pertemuan selanjutnya di sisa akhir tahun ini. Ini juga menunjukkan ketidakpastian atas perlunya tindakan tambahan kenaikan sekarang karena tekanan inflasi menunjukkan tanda-tanda mereda. Meski begitu, para pejabat tetap khawatir tentang inflasi dan tampaknya siap untuk bertindak lagi jika dianggap perlu.

Inflasi AS sedikit meningkat pada Juli 2023 menjadi 3,3% (yoy) dari 3,0% (pada Juni).

Survei yang dilakukan CMEFedWatchTool menunjukkan jika 87,5% pasar bertaruh Teh Fed akan mempertahankan suku bunga sementara 12,5% memperkirakan adanya kenaikan pada September mendatang.

Proyeksi masih ketatnya The Fed juga didukung oleh data klaim pengangguran yang keluar Kamis kemarin. Jumlah pekerja yang mengajukan klaim pengangguran pada pekan yang berakhir pada 12 Juli 2023 sebanyak 239 ribu atau turun 11.000 dari pekan sebelumnya yakni 250.000. 

Kondisi ini membuat harga emas terpukul lantaran Yield obligasi treasury AS benchmark 10 tahun memperoleh daya tarik dan berbalik positif pada mendekati 4.3% setelah sempat mengalami koreksi turun dan memaksa harga emas berbalik turun. Kuatnya angka data ekonomi AS memicu naiknya yields obligasi treasury AS sehingga mendorong naik dolar AS karena meningkatnya ekspektasi Federal Reserve AS akan tetap mempertahankan tingkat suku bunga yang tinggi. Ini membuat bullion yang tidak memberikan imbal hasil menjadi kurang menarik bagi investor. Hal yang juga mempengaruhi harga emas dunia, adalah Dolar Amerika Serikat yang bertahan mendekati level tertinggi dalam dua bulan.

Sementara itu, keprihatinan mengenai perlambatan ekonomi Cina dan krisis property di Cina ikut menopang harga emas. Pada hari Rabu, House Price Index (HPI) Cina untuk bulan Juli turun ke – 0.1% dibandingkan dengan bulan sebelumnya 0%. Data ini membangkitkan keprihatinan akan kemungkinan krisis property di Cina, khususnya dengan developer besar Country Garden Holdings berjuang untuk bisa memenuhi obligasi hutangnya.

Penjualan ritel Cina untuk bulan Juli muncul di 2.5% YoY dibandingkan dengan yang diperkirakan di 4.8% dan sebelumnya di 3.1% dan Industrial Production yang turun ke 3.7% dibandingkan dengan yang diperkirakan 4.5% dan sebelumnya 4.1%.

 

Saatnya Investasi Emas, Mulai dari Rp 5.000-an  

Sobat Treasury, tren naik turunnya harga emas harian tak perlu dikhawatirkan karena secara akumulatif pasti ada tren kenaikan setiap tahunnya, sebab idealnya harga emas memang investasi jangka menengah dan jangka panjang. Kini, Sobat Treasury bisa membeli emas dengan cukup mudah dan murah lho!. Kamu juga bisa membelinya secara online melalui aplikasi smartphone. Treasury menjadi platform yang tepat bagimu untuk investasi emas. Harga logam mulia yang ditawarkan sangat terjangkau, mulai dari Rp5 ribu. 

Jangan khawatir dengan legalitas dan keamanan Treasury. Treasury, merupakan pedagang emas fisik digital pertama yang berlisensi BAPPEBTI.  Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna. Treasury Merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka. Transaksinya pun aman karena merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka yang diawasi oleh BAPPEBTI. 

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa menumbuhkan asetmu s.d 9% p.a di fitur Panen Emas atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah. Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini! Menarik banget, kan? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!