Menanti Data Inflasi dan Kebijakan Moneter AS, Harga Emas Bergerak Stabil



Harga emas dunia bergerak stabil pada perdagangan hari ini, Selasa (11/07/2023) karena investor menunggu isyarat kebijakan moneter AS dan data inflasi pekan ini. Harga emas yang diperdagangkan di aplikasi Treasury hari ini dibuka pada harga Rp972.160 per gram dan sempat melonjak naik Rp974.197 per gram (pukul 07:00 WiB). Total akumulasi sementara harga emas Treasury dalam hari ini naik 0.09 persen atau naik Rp802.   

Harga emas sejak awal pekan di pasar spot bergerak positif. Pada perdagangan Senin (10/7/2023) harga emas ditutup di posisi US$ 1.924,99 per troi ons. Penguatan kemarin memperpanjang tren positif emas yang juga menguat 0,71% pada Jumat pekan lalu. Meski tipis, emas mampu menguat 0,71% dalam dua perdagangan terakhir. Penguatan berlanjut hingga hari ini  Selasa (11/7/2023) pukul 06:02 WIB, harga emas di pasar spot ada di posisi US$ 1.924,83 Harganya menguat sangat tipis 0,006%.

Pergerakan harga emas masih menunggu data inflasi AS untuk Juni yang akan keluar besok Rabu (12/7/2023). Inflasi AS masih mencapai 4% (year on year/yoy) pada Mei 2023, dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan target The Fed. Jika inflasi masih kencang maka bank sentral AS The Fed bisa semakin hawkish. Sebagai dampaknya maka dolar AS akan dicari dan menguat sementara harga emas berpotensi terpuruk.

Meski demikian, dolar AS juga mengalami kesulitan menemukan permintaan setelah keluarnya survey dari New York Fed menunjukkan penurunan dalam ekspektasi inflasi satu tahun. Yield obligasi treasury AS turun tapi masih berada di atas 4%, membuat emas kesulitan untuk meneruskan kenaikannya. Dolar AS mengalami tekanan jual yang kuat dan kehilangan semua keuntungan mingguannya pada hari Jumat pekan lalu.

Pengaruh suku bunga yang lebih tinggi sangat mengurangi daya tarik emas sehingga tak memberikan imbal hasil bunga. Harga emas batangan telah turun lebih dari 7% sejak mencapai level mendekati rekor pada awal Mei karena investor mengurangi ekspektasi akan berakhirnya siklus kenaikan suku bunga Fed.

Presiden Fed San Francisco Mary Daly mengatakan, beberapa kenaikan suku bunga lagi akan diperlukan pada akhir tahun. Perekonomian AS telah mengejutkan betapa kuatnya perekonomian itu. "Kita perlu menaikkan suku bunga untuk lebih mengekang perekonomian itu," tuturnya.

Presiden Federal Reserve Bank of Cleveland Loretta Mester mengatakan bahwa untuk memastikan inflasi berada pada jalur yang berkelanjutan dan tepat waktu kembali ke dua persen, tingkat suku bunga dibutuhkan untuk naik sedikit lebih jauh dari level saat ini dan kemudian bertahan di sana.

Jim Wyckoff, Analis Senior dari Kitco menyatakan bahwa harga emas mendapat dukungan grafik yang kuat di posisi USD 1.900. “Namun jika inflasi tetap panas, itu mungkin mendorong emas di bawah level itu dan harga mungkin dengan cepat turun ke level USD 1.848,” kata dia. “Postur teknis tetap bearish untuk pasar emas. Saya pikir ini akan membutuhkan percikan geopolitik untuk mendorong harga emas lebih tinggi secara signifikan,” kata Wyckoff lagi.

 

Investasi Emas mulai dari Rp 5.000an

Sobat Treasury, pergerakan harga emas harian seharusnya tak perlu dicemaskan, terutama jika sedang turun, karena jika ditarik sejak awal tahun secara umum tetap ada kenaikkan harga. Hal ini membuat  banyak orang tetap melirik ini sebagai instrumen investasi.karena logam mulia ini tahan karat dan nilainya aman dari inflasi. Harganya pun cenderung stabil dan naik setiap tahun. Emas pun terkenal sangat likuid alias mudah banget dicairkan menjadi uang tunai. 

Kamu bisa mendapati logam ini di mana pun. Nggak perlu repot ke toko, Sobat Treasury bisa membelinya melalui aplikasi smartphone seperti Treasury

Treasury menawarkan emas dengan harga terjangkau, mulai dari Rp5 ribu. Legalitas dan keamanannya nggak perlu kamu ragukan.Platform ini sudah mengantongi izin dari Bappebti dan sistem elektroniknya terdaftar di Kominfo. Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna.

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa mempunyai tabungan emas berjangka dengan bunga s.d 9% p.a melalui fitur Panen Emas, atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah! Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini! Dan masih banyak fitur menarik lainnya yang tersedia di Treasury!