Sempat Naik Tipis, Harga Emas Dunia Lesu Lagi karena Menguatnya Data Tenaga Kerja AS



Harga emas dunia bergerak melandai setelah dirilisnya data tenaga kerja Amerika Serikat (AS). Harga emas pada aplikasi Treasury hari ini Jumat 7Juli 2023 dibuka pada harga Ro964.233 per gram. Pukul 06:00 WIB, harga emas Treasury sempat naik tipis Rp965.463 per gram, namun mendadak anjlok ke harga Rp962.016 per gram (pukul 08:49 WIB). Dalam hari ini harga emas pada aplikasi Treasury akumulatif turun Rp2.444 (-0,25 persen). 

Sedangkan harga emas dunia hari ini Jumat (7/7/2023), harga emas terakhir turun 0,38% menjadi USD 1.910,0092 per ons, sementara emas berjangka AS menetap 0,6% lebih rendah pada posisi USD 1.915,40. Laporan gaji pekerja swasta AS meningkat lebih dari yang diharapkan pada bulan Juni, menunjukkan kekuatan di pasar tenaga kerja meskipun meningkatnya risiko resesi dari suku bunga yang lebih tinggi.

Data menunjukkan jumlah orang Amerika yang mengajukan klaim baru untuk tunjangan pengangguran cukup meningkat pada pekan lalu. Hanya ini menunjukkan pelonggaran bertahap dalam kondisi pasar tenaga kerja.

Laporan Tenaga Kerja Nasional ADP mengukur angka tenaga kerjasektor swasta non-pertanian. Angka pekerjaan sektor swasta meningkat sebesar 497.000 pada Juni, menurut data dari perusahaan penggajian ADP. Ini menjadi kenaikan bulanan terbesar sejak Juli 2022. Peningkatan Juni lebih dari dua kali lipat perkiraan konsensus Dow Jones sebesar 220.000 keuntungan dan jauh lebih baik dari data 267.000 penambahan pekerjaan pada Mei. 

Lesunya harga emas juga dipicu hasil nota Treasury AS dua tahun naik ke level tertinggi sejak Juni 2007 setelah data ketenagakerjaan. Imbal hasil obligasi pemerintah AS ini naik 5 persen ke level tertinggi sejak Juni 2007, Sebagian Investor beralih ke dolar sebagai tempat berlindung yang aman, di tengah meningkatnya ekspektasi The Fed akan terus menaikkan suku bunga dalam beberapa bulan mendatang.

Presiden The Fed Dallas, Lorie Logan menyatakan, kenaikan suku bunga yang lebih tinggi diperlukan untuk mendinginkan ekonomi AS yang masih memanas. Inflasi AS saat ini masih melampaui target The Fed untuk ditekan ke level 2 persen. Kini pasar memperkirakan peluang sebesar 95 persen untuk kemungkinan The Fed menaikkan suku bunga 25 basis poin pada pertemuan Juli mendatang, menurut alat CME FedWatch.

 

Investasi Emas mulai dari Rp 5.000an

Sobat Treasury, pergerakan harga emas harian seharusnya tak perlu dicemaskan, terutama jika sedang turun, karena jika ditarik sejak awal tahun secara umum tetap ada kenaikkan harga. Hal ini membuat  banyak orang tetap melirik ini sebagai instrumen investasi.karena logam mulia ini tahan karat dan nilainya aman dari inflasi. Harganya pun cenderung stabil dan naik setiap tahun. Emas pun terkenal sangat likuid alias mudah banget dicairkan menjadi uang tunai. 

Kamu bisa mendapati logam ini di mana pun. Nggak perlu repot ke toko, Sobat Treasury bisa membelinya melalui aplikasi smartphone seperti Treasury

Treasury menawarkan emas dengan harga terjangkau, mulai dari Rp5 ribu. Legalitas dan keamanannya nggak perlu kamu ragukan.Platform ini sudah mengantongi izin dari Bappebti dan sistem elektroniknya terdaftar di Kominfo. Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna.

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa mempunyai tabungan emas berjangka dengan bunga s.d 9% p.a melalui fitur Panen Emas, atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah! Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini! Dan masih banyak fitur menarik lainnya yang tersedia di Treasury!