Data Ekonomi AS yang Melemah jadi Penopang Harga Emas Bangkit



Harga emas mulai bangkit perlahan-lahan. Harga emas di Treasury hari ini Rabu (5/7/2023) dibuka dengan harga Rp960.271 per gram. Hingga pukul 04:00 WIB, Harga emas Treasury terus merangkak naik 961.156 per gram hingga pada titik tertinggi pagi ini di harga 961.945 per gram. Secara keseluruhan hari ini hingga pukul 19:25 WIB, harga emas di aplikasi Treasury naik Rp1.585 atau naik 0.17 persen.  

Sedangkan untuk harga emas dunia menguat pada perdagangan hari ini Rabu (5/7/2023) pukul 06:15 WIB, harga emas di pasar spot ada di posisi US$ 1.925,93. Harganya naik 0,04%. Sedangkan di perdagangan Selasa (4/7/2023) harga emas di pasar spot ditutup di posisi US$ 1.925,09 per troy ons. Harganya naik tipis 0,19%. Penguatan kemarin memperpanjang tren positif emas yang terus menguat sejak Kamis pekan lalu. Dalam empat hari perdagangan tersebut, harga emas menguat 0,93%.

Harga emas membaik karena pelaku pasar mulai melihat ada secercah harapan jika bank sentral Amerika Serikat (AS) The Federal Reserve (The Fed) akan melunak. Harapan muncul setelah data aktivitas manufaktur AS melambat. Data S&P Global menunjukkan PMI manufaktur AS melambat ke 46,3 pada Juni. Indeks tersebut adalah yang terendah dalam enam bulan.

PMI AS juga sudah dalam fase kontraksi selama dua bulan beruntun.

Aktivitas manufaktur yang melambat menjadi sinyal jika ekonomi AS tengah melandai sehingga inflasi diharapkan juga terus turun. "Data ekonomi AS yang melemah menjadi penopang emas. Pelaku pasar akan mencermati data tenaga kerja Amerika Serikat," tutur analis UBS, Giovanni Staunovo.

AS akan mengumumkan data klaim pengangguran pada Kamis serta data pengangguran untuk Juni pada Jumat pekan ini. Data-data ini akan menjadi pertimbangan The Fed dalam memutuskan kebijakan moneter pada bulan ini.

Pelaku pasar juga tengah menunggu risalah rapat Federal Open Market Committee (FOMC) Juni. Risalah tersebut akan keluar pada hari ini atau Kamis dini hari waktu Indonesia.

Pelaku pasar dan investor memperkirakan risalah tersebut akan menegaskan kebijakan hawkish The Fed. Investor kini bertaruh 86% jika The Fed akan menaikkan suku bunga acuan sebesar 25 bps pada Juli tahun ini.

"Jika sampai ada kenaikan 50 bps maka harga emas akan sangat tertekan," tutur Nicholas Frappell, analis dari ABC Refinery. 

S&P 500 berjangka mengalami kerugian nominal di London di tengah kehati-hatian para investor menjelang musim laporan penghasilan perusahaan kuartal kedua. Profil terhadap resiko tenang sementara para investor diperkirakan akan melakukan pergerakan yang irrasional segera setelah perusahaan-perusahaan AS mulai membukakan performa kuartalnya.

Indeks dolar AS menunjukkan pergerakan yang “choppy” di sekitar 103.00 di tengan pandangan yang bervariasi mengenai keputusan tingkat bunga the Fed bulan Juli. Ketua the Fed Jerome Powell telah menjelaskan bahwa dua kenaikan tingkat bunga kecil pantas dilakukan sampai kepada akhir tahun ini.

Sementara Presiden bank Fed Atlanta Raphael Bostic menyatakan bahwa bank sentral AS telah mencapai titik dimana tingkat bunganya adalah cukup restriktif untuk membawa inflasi turun ke 2%.

 

Investasi Emas mulai dari Rp 5.000an

Sobat Treasury, pergerakan harga emas harian seharusnya tak perlu dicemaskan, terutama jika sedang turun, karena jika ditarik sejak awal tahun secara umum tetap ada kenaikkan harga. Hal ini membuat  banyak orang tetap melirik ini sebagai instrumen investasi.karena logam mulia ini tahan karat dan nilainya aman dari inflasi. Harganya pun cenderung stabil dan naik setiap tahun. Emas pun terkenal sangat likuid alias mudah banget dicairkan menjadi uang tunai. 

Kamu bisa mendapati logam ini di mana pun. Nggak perlu repot ke toko, Sobat Treasury bisa membelinya melalui aplikasi smartphone seperti Treasury

Treasury menawarkan emas dengan harga terjangkau, mulai dari Rp5 ribu. Legalitas dan keamanannya nggak perlu kamu ragukan.Platform ini sudah mengantongi izin dari Bappebti dan sistem elektroniknya terdaftar di Kominfo. Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna.

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa mempunyai tabungan emas berjangka dengan bunga s.d 9% p.a melalui fitur Panen Emas, atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah! Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini! Dan masih banyak fitur menarik lainnya yang tersedia di Treasury!