Bersiap Menunggu Data Inflasi, Harga Emas Merangkak Naik



Harga emas berjangka naik sedikit lebih tinggi pada akhir perdagangan Selasa (27/06/2023) menyusul melemahnya dolar AS yang menanti data inflasi dan petunjuk baru dari para petinggi bank-bank sentral utama dunia.

Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Agustus di divisi Comex New York Exchange, terkerek 4,20 dolar AS atau 0,22 persen menjadi ditutup pada 1.933,80 dolar AS per troi ons. Harga emas sempat menyentuh level tertinggi sesi di 1.943,40 dolar AS dan terendah di 1.931,10 dolar AS.

Sementara para investor menunggu petunjuk baru dari para bank sentral utama dunia dan berita terbaru dari data inflasi, naiknya harga emas juga ditopang oleh melemahnya dolar AS, dengan indeks dolar AS turun sekitar 0.19% ke 102.345.  

Indeks dolar turun 0,049 persen pada 102,680, dengan permintaan safe-haven membantu mempertahankannya di dekat angka yang tidak berubah karena kekhawatiran tentang perlambatan ekonomi global bertahan di tengah tindakan pengetatan agresif oleh beberapa bank sentral utama dunia.

Secara umum, emas berjangka terangkat 5,90 dolar AS atau 0,31 persen menjadi 1.929,60 dolar AS pada Jumat (23/6/2023), setelah terperosok 21,20 dolar AS atau 1,09 persen menjadi 1.923,70 dolar AS pada Kamis (22/6/2023), dan jatuh 2,80 dolar AS atau 0,14 persen menjadi 1.944,90 dolar AS pada Rabu (21/6/2023).

Emas turun lebih dari 2,0 persen minggu lalu dan merosot 2,6 sejauh ini bulan ini setelah merosot 1,8 persen untuk Mei. Meskipun demikian, emas masih naik lebih dari 5,0 persen sepanjang tahun ini.

Melemahnya dolar lantaran para investor khawatir tentang prospek pertumbuhan global, sehingga permintaan untuk aset safe-haven terkerek naik. Namun demikian, rencana sejumlah bank sentra seperti Bank of England (BoE) yang berencana menaikkan suku bunga bakal membebani harga emas.

Menunggu Data Inflasi

Para investor mengambil sikap berhati-hati sementara para bank sentral utama dunia terus memerangi inflasi dengan menaikkan tingkat bunga namun dipercaya akan segera menghentikan kenaikannya dan malah bergerak ke arah yang berlawanan.

Sementara itu, dari AS dan Eropa akan diberikan update mengenai data inflasi pada minggu ini, yang akan bisa memicu spekulasi mengenai apa yang akan para bank sentral lakukan ke depannya dan bagaimana tindakan dari para bank sentral ini akan berdampak terhadap progress ekonomi global.

Dalam jangka pendek, sentimen di pasar enggan hadapi resiko, dengan kebanyakan indeks saham global diperdagangkan memerah dan permintaan terhadap obligasi pemerintah membuat yields melemah.

Para bankir sejumlah bank sentral utama dunia saat ini sedang berkumpul di Portugal, menghadiri acara Forum mengenai Bank Sentral dari European Central Bank (ECB). Pidato dan pernyataan Presiden ECB Christine Lagarde akan sangat berpengaruh pada langkah selanjutnya.

Beberapa petinggi bank sentral, termasuk dari Federal Reserve AS, Jerome Powell, Bank of England (BoE) Andrew Bailey dan Bank of Japan (BoJ) Kazuo Ueda, juga akan berpartisipasi dalam diskusi panel yang akan bisa memberikan petunjuk yang baru mengenai kebijakan moneter dari para bank sentral utama dunia.

Investasi Emas mulai dari Rp 5.000an

Bicara soal emas, banyak orang melirik ini sebagai instrumen investasi karena logam mulia ini tahan karat dan nilainya aman dari inflasi. Harganya pun cenderung stabil dan naik setiap tahun. Emas pun terkenal sangat likuid alias mudah banget dicairkan menjadi uang tunai. 

Kamu bisa mendapati logam ini di mana pun. Nggak perlu repot ke toko, Sobat Treasury bisa membelinya melalui aplikasi smartphone seperti Treasury

Treasury menawarkan emas dengan harga terjangkau, mulai dari Rp5 ribu. Legalitas dan keamanannya nggak perlu kamu ragukan.Platform ini sudah mengantongi izin dari Bappebti dan sistem elektroniknya terdaftar di Kominfo. Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna.

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa mempunyai tabungan emas berjangka dengan bunga s.d 9% p.a melalui fitur Panen Emas, atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah! Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini! Dan masih banyak fitur menarik lainnya yang tersedia di Treasury!

Menarik dan lengkap banget, kan? Yuk download Treasury sekarang!