Bank Sentral sejumlah Negara Naikkan Suku Bunga Picu Harga Emas Runtuh



Harga emas dunia jatuh ke harga terendah sejak Maret lalu. Harga emas pada Kamis (22/06/2023) diperdagangkan dikisaran $1915,70 per troi ons bahkan sempat menyentuh angka  $1912.90 per troi ons.  

Pemicu dari anjloknya harga emas dunia lantaran sejumlah bank sentral  di seluruh dunia menaikkan suku bunga, mengikuti langkah The Fed yang juga berencana menaikkan suku bunga dua kali dengan total 50 basis poin pada akhir tahun. Ini akan membawa suku bunga dana acuan Fed ke kisaran 5 ½% hingga 5 ¾%.

Sikap The Fed ini memicu sejumlah negara lain menaikkan suku bunga acuan mereka. Bank of England (BoE) menaikkan suku bunga acuan menjadi 5%.

BoE menaikkan suku bunga dua kali lebih banyak dari perkiraan. Suku bunga utama Inggris  5% adalah yang tertinggi sejak 2008 setelah kenaikan suku bunga terbesar sejak Februari. Bank sentral Inggris telah menaikkan suku bunga selama 13 kali berturut-turut mengikuti jejak Federal Reserve yang menaikkan suku bunga AS hingga 5,25% dengan pengetatan 10 putaran berturut-turut.

 

Suku Bunga Naik Berjamaah

BoE tidak sendirian, bank sentral di Norwegia, Swiss, dan Turki juga memberlakukan kenaikan suku bunga untuk memperlambat tekanan inflasi negara masing-masing.

 

Bank sentral Norwegia misalnya, menaikkan sebesar 50 basis poin pada. Norwegia menaikkan suku bunga ke level tertinggi sejak 15 tahun tahun sebesar 3,75%. Bank sentral Norwegia juga mengisyaratkan kenaikan lain di bulan Agustus nanti dengan memproyeksikan suku bunga naik menjadi 4,25% di musim gugur.

 

Ini adalah kenaikan suku bunga ke-11 berturut-turut di Norwegia karena berjuang melawan inflasi yang makin kaku. "Jika kita tidak menaikkan suku bunga, harga dan upah dapat terus meroket dengan cepat dan inflasi makin mengakar," kata Gubernur Norges Bank, Ida Wolden Bache dalam sebuah pernyataan.

 

Bank Nasional Swiss juga menaikkan suku bunga menjadi 1,75% dari 1,5% pada Kamis waktu setempan dan berencana akan ada kenaikan suku bunga lagi.

 

Bank sentral Turki bahkan menaikkan suku bunga utamanya sebesar 650 basis poin menjadi 15%, dan berencana akan ada pengetatan lebih lanjut nanti.  

 

Kombinasi kesaksian Ketua The Fed Powell dan beberapa bank sentral di Eropa yang menaikkan suku bunga mengakibatkan penurunan kuat pada emas hari ini, Jumat (23/05/2023). Emas berjangka diperdagangkan ke level terendah $1922 per troi ons. Kontrak emas berjangka untuk Agustus yang paling aktif saat ini ditetapkan pada $1923,90, artinya  turun sebesar 1,08% atau $21.

 

Kontrak emas Agustus di Comex New York menetap di angka $1.923,70 per troi ons, turun $21,20, atau 1%, untuk penurunan hari keempat berturut-turut. Sebelumnya, patokan untuk emas berjangka AS turun ke $1.922,65, atau level terendah baru sejak pertengahan Maret.

 

Investasi Emas mulai dari Rp 5.000an

Treasury menawarkan emas dengan harga terjangkau, mulai dari Rp5 ribu. Legalitas dan keamanannya nggak perlu kamu ragukan.Platform ini sudah mengantongi izin dari Bappebti dan sistem elektroniknya terdaftar di Kominfo. Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna.

 Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa mempunyai tabungan emas berjangka dengan bunga s.d 9% p.a melalui fitur Panen Emas, atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah! Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini!

Dan masih banyak fitur menarik lainnya yang tersedia di Treasury!  Menarik dan lengkap banget, kan? Yuk download Treasury sekarang!