Setelah 3 bulan Terpuruk, Harga Emas Berpeluang Naik



Harga emas dunia terus anjlok sejak tiga bulan terakhir. Bahkan pada Rabu (21/06/2023) kemarin, harga emas di pasar sport jatuh ke level terendah dalam tiga bulan terakhir. harga emas terpandau berada  di 1.926,08 per troi ons, atau turun 0,53 persen dari hari sebelumnya. Harga itu adalah level terendah dari harga emas sejak 17 maret 2023.

Anjloknya harga emas ini lantaran The Fed akan kembali menaikkan suku bunga. The Fed berencana menaikkan suku bunga sebanyak dua kali hingga akhir tahun nanti dengan kenaikan masing-masing 25 basis points (bps).

Permintaan emas global, terutama di China juga mempengaruhi harga emas. Berdasarkan data World Gold Council hingga April 2023 cadangan emas global turun 71 ton, atau menjadi penurunan pertama sejak setahun terakhir. Penurunan terbesar juga terjadi pada bank sentral Turki cadangan emasnya anjlok 81 ton menjadi total cadangan emas yang ada saat ini sebanyak 491 ton.

Di Pakistan, harga emas Rabu (21/06/23) kemarin terus anjlok selama empat hari berturut-turut d di tengah apresiasi nominal nilai mata uang lokal terhadap dolar AS.

Menurut data yang dikeluarkan oleh Asosiasi Permata dan Perhiasan Sarafa Pakistan (APSGJA), harga emas (24 karat) turun sebesar Rs1.800 (Rp93.000) per tola dan Rs1.543 per 10 gram, atau menyentuh angka di 218.700 dan 187.500 rupee Pakistan.

Harga emas di Pakistan bergejolak di tengah berlanjutnya ketidakpastian politik dan ekonomi, inflasi yang tinggi, dan depresiasi mata uang. Pasalnya, masyarakat Pakistan lebih suka membeli komoditas berharga ini justru pada saat kondisi aman dan punya lindung nilai.

Berpeluang ke Level Tertinggi

Namun demikian harga emas yang cenderung anjlok ini diprediksi bakal berbalik. Analis logam mulia dari Gainesville Coins, Everett Millman menjelaskan bahwa harga emas telah diperdagangkan sideways cukup lama sehingga berpeluang bakal naik.

“Harga emas bakal melakukan pergerakan kearah sebaliknya. Pergerakannya bakal menguji ulang level ke $1.880 lalu akan naik kembali ke sekitar $2.000," ujarnya.

Secara umum kondisi harga emas relative tenang. Tahun ini harga emas masih naik di kisaran 6 persen meski ada ancaman resesi dan kenaikan suku bunga. Permintaan emas tetap tinggi sebagai aset safe haven.

Analis dari Traderindo, Wahyu Tribowo juga memperkirakan harga emas kedepan berpeluang naik lagi. Saat ini harga emas masih stagnan di 1.930-1.985 dolar AS per troi ons. Dan jika bearish terus berlanjut dalam waktu dekat. Maka, jika level itu dapat ditembus, harga emas akan turun ke level 1.900 hingga 1.840 pada tahun ini.

Meskipun begitu, lanjut Wahyu, terbuka kemungkinan harga emas di pasar spot pada akhir tahun nanti uji coba level all-time high di posisi 2.100 per ons troi.

Menurutnya, level tertinggi baru dapat tercapai apabila wacana The Fed memangkas suku bunga acuannya atau faktor musiman akhir tahun dapat meningkatkan permintaan emas.

 

Investasi Emas mulai dari Rp 5.000an

Treasury menawarkan emas dengan harga terjangkau, mulai dari Rp5 ribu. Legalitas dan keamanannya nggak perlu kamu ragukan.Platform ini sudah mengantongi izin dari Bappebti dan sistem elektroniknya terdaftar di Kominfo. Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna.

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa mempunyai tabungan emas berjangka dengan bunga s.d 9% p.a melalui fitur Panen Emas, atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah! Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini!

Dan masih banyak fitur menarik lainnya yang tersedia di Treasury! 

Menarik dan lengkap banget, kan? Yuk download Treasury sekarang!