Kesaksian Ketua The Fed di Kongres Picu Merosotnya Harga Emas Hari Ini



Harga emas dunia merangsek turun pada perdagangan hari kemarin Selasa (20/06/2023) lantaran data awal perumahan di Amerika Serikat (AS) yang membaik serta rencana Ketua The Fed Jerome Powell yang akan menyampaikan laporan kebijakan moneter paruh tahun di depan kongres AS,

Perdagangan spot emas AS turun 0,71% menjadi $1.936,12 per ons penutupan sore kemarin, itu artinya turun 1 persen, yang sekaligus jadi  penurunan harian terbesar dalam dua minggu terakkhir. Emas berjangka AS juga turun sekitar 1,3% menjadi $1.945 per ons. 

Rencana paparan pertengahan tahun Ketua The Fed Jerome Powell diproyeksikan jadi pemicu turunnya harga emas dunia hari ini, Rabu (21/06/2023). Rencana Ketua the The Fed bakal memaparkan laporan kebijakan moneter pertengahan tahunnnya langsung di depan Komite Jasa Keuangan DPR AS, Komite Senat Perbankan, Perumahan, dan Urusan Perkotaan.Kemungkinan Powell bakal kembali menegaskan dalam laporannya bahwa perang melawan inflasi belum berakhir sehingga beberapa upaya pengetatan bakal terus dilakukan agar dapat mengendalikan inflasi.

Harga emas tertekan ikut dengan penguatan dolar AS menjelang paparan yang bakal disampaikan Powell di depan kongres. Dolar menguat lantaran keluarnya data terakhir perizinan dan data pembangunan rumah baru pada Mei lalu.  Kuatnya kinerja ekonomi AS juga dapat meyakinkan Wall Street bahwa The Fed akan kembali menaikkan biaya pinjaman pada paruh kedua tahun 2023. Kebijakan para petinggi AS mampu mempertahankan suku bunga stabil minggu lalu, namun kondisi ini mengisyaratkan bakal adanya pengetatan tambahan sebesar 50 basis poin hingga akhir tahun.

Penurunan harga emas selain karena keluarnya data awal perumahan AS, penguatan dolar juga menjadi pemicunya. Pembangunan rumah untuk keluarga dil AS melonjak pada Mei ke level tertinggi dalam setahun terakhir. Daniel Pavilonis, ahli strategi pasar senior, RJO Futures menyatakan bahwa lonjakan pembangunan rumah ini membebani pasar emas yang memang relatif melemah sebelumnya. “Perang di Ukraina tampaknya relatif terkendali, rantai pasokan berkurang, suku bunga dinormalisasi, pasar saham tinggi, jadi untuk apa Anda memiliki begitu banyak emas?,” ujarnya 


Warga Tiongkok Tahan Diri

Sebagian besar masyarakat Tiongkok mulai mengurangi pembelian emas. Padahal sebelumnya sempat terjadi lonjakan pembelian oleh penduduk Tiongkok, didorong oleh optimisme ekonomi akan pulih dengan cepat  

Manajer Umum Departemen Logam Mulia di Pengembangan Industri Emas Shanghai Shandong Jiang Shu menyatakan bahwa saat ini masyarat Tiongkok lebih berhati-hati dalam membelanjakan uang tunai saat ini di tengah berbagai ketidakpastian. 

Indikator permintaan utama untuk logam mulia menunjukkan pelemahan lebih lanjut di Juni. Dari harga premium USD44,20 per ons di Maret, harga emas Shanghai kini diperdagangkan dengan diskon di pasar internasional, menurut World Gold Council.


Di India Terjun Bebas

Harga emas batangan di pasar India juga terus merosot sejak kemarin dan diproyeksikan bakal terus berlanjut hingga hari ini. Perdagangan Emas berjangka The Multi Commodity Exchange of India Limited (MCX) India emas perak tetap berada di zona merah diperdagangkan pada 59.176 rupee India per 10 gram.  

Harga emas di India yang juga sebagai pengimpor emas nomor dua dunia memang sempat naik, namun hal ini lantaran ada penurunan impor.  "Ada penurunan impor yang menyebabkan melonjaknya harga," kata Suvankar Sen, direktur pelaksana dan CEO Senco Gold.

 

Investasi Emas mulai dari Rp 5.000an

Treasury menawarkan emas dengan harga terjangkau, mulai dari Rp5 ribu. Legalitas dan keamanannya nggak perlu kamu ragukan.Platform ini sudah mengantongi izin dari Bappebti dan sistem elektroniknya terdaftar di Kominfo. Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna.

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa mempunyai tabungan emas berjangka dengan bunga s.d 9% p.a melalui fitur Panen Emas, atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah! Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini!

Dan masih banyak fitur menarik lainnya yang tersedia di Treasury! 

Menarik dan lengkap banget, kan? Yuk download Treasury sekarang!