Harga Emas Mulai Pulih Setelah Tekanan Inflasi Berkurang



Harga emas merangkak naik setelah tekanan dari inflasi berkurang. Instrumen investasi itu mendapatkan tenaga dari suku bunga Federal Reserve yang bertahan bulan ini. 

Harga emas spot naik 0,1 persen ke US$1.945,19 per ons. Emas berjangka AS pun menguat 0,5 persen ke US$1.968,9 per ons. 

Sementara itu, harga emas Treasury berada di level Rp964.607 per gram saat ini. Logam mulia itu lebih murah 0,24 persen dan sempat menduduki peringkat teratas di Rp966.899 per gram. 

Federal Open Market Committee (FOMC) memutuskan untuk tidak menaikkan suku bunga acuan pada Juni 2023. Sekadar informasi, Fed’s rate berada di level 5 persen – 5,25 persen.

Akan tetapi, dalam proyeksi baru, Federal Reserve menaikkan target suku bunga dari 5,1 persen ke 5,6 persen. Tersirat bahw ada dua kali lagi kenaikan suku bunga sebanyak 25 basis poin tahun ini.

Menurut bank sentral AS, ekonomi yang lebih kuat daripada prediksi serta penurunan inflasi yang lebih lambat, bisa menghasilkan peluang kenaikan biaya pinjaman pada akhir tahun. 

Pedagang logam independen di New York, AS, Tai Wong, mengatakan dua kenaikan suku bunga pada tahun ini merupakan kejutan hawkish. Emas bisa melemah, tapi bertahan di level US$1.940 per ons. Kalau bisa bertahan, logam mulia itu mendapatkan dorongan untuk bullish. 

Menurut FedWatch CME Tools, peluang suku bunga Fed naik pada Juli 2023, bertambah dari 60 persen ke 70 persen.

Gubernur Federal Reserve, Jerome Powell, mengatakan masih terlalu dini untuk menyebut inflasi akan turun. Padahal, para pejabat Fed memperkirakan tren inflasi mendingin. 

Direktur Perdagangan Logam High Ridge Futures, David Meger, mengatakan anggota Federal Reserve mengharapkan kenaikan suku bunga tambahan tahun ini. Kenaikan suku bunga ini akan mengerek imbal hasil surat hutang pemerintah AS dan dolar AS serta membebani emas. 

Menurut Departemen Tenaga Kerja AS, Indeks Harga Produsen AS turun 0,3 persen pada Mei 2023. IHP melemah setelah naik 0,2 persen pada April 2023. Turunnya data IHP menunjukkan bahwa tekanan inflasi mereda. 

Secara year-to-year, harga produksi naik 1,1 persen dibandingkan Mei 2022. Ini merupakan kenaikan terkecil sejak Desember 2020. 

Sebelumnya, angka Indeks Harga Konsumen (IHK) AS naik 4 persen pada Mei 2023. Angka inflasi ini turun dari April 2023 yang naik 4,9 persen. 

Inflasi Mei 2023 lebih tinggi daripada target Federal Reserve yang sebanyak 2 persen. Tapi, lebih rendah daripada ekspektasi pasar, yaitu 4,1 persen. 

Secara bulanan, inflasi AS juga turun dari 0,4 persen pada April 2023 ke 0,1 persen pada Mei 2023. Inflasi inti di luar kelompok yang bergejolak, mencapai 5,3 persen secara year-on-year. Itu merupakan rekor terendah sejak November 2021.

Menurut data Federal Bisnis Independen (NFIB), Indeks Optimisme Bisnis Kecil naik 0,4 poin ke 89,4 pada Mei 2023. Itu merupakan yang ke-17 kali berturut-turut bahwa indeks bertahan di bawah rata-rata selama 49 tahun.

 

Investasi Emas Mulai dari Rp5 Ribu

Bicara soal emas, banyak orang melirik ini sebagai instrumen investasi karena logam mulia ini tahan karat dan nilainya aman dari inflasi. Harganya pun cenderung stabil dan naik setiap tahun. 

Emas pun terkenal sangat likuid alias mudah banget dicairkan menjadi uang tunai. Kamu bisa mendapati logam ini di mana pun. Nggak perlu repot ke toko, Sobat Treasury bisa membelinya melalui aplikasi smartphone seperti Treasury.

Treasury menawarkan emas dengan harga terjangkau, mulai dari Rp5 ribu. Legalitas dan keamanannya nggak perlu kamu ragukan. 

Platform ini sudah mengantongi izin dari Bappebti dan sistem elektroniknya terdaftar di Kominfo. Transaksi pun menggunakan dual verification, yaitu PIN dan password. 

Kamu bisa mencetak emas digital menjadi logam mulia batangan, lho! Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini. 

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa merencanakan keuangan melalui Rencana Emas, bisa mewariskan investasimu ke orang-orang tersayang, sampai menjual sementara emas digital Treasury agar mendapatkan dana cepat. 

Gimana? Menarik dan lengkap banget, kan? Yuk download Treasury sekarang!