Harga Emas Melemah Meskipun Inflasi Sudah Turun, Kenapa ya



Harga emas jatuh setelah imbal hasil surat hutang pemerintah AS rebound. Pedagang bertaruh Federal Reserve akan mempertahankan suku bunga setelah data Indeks Harga Konsumen (IHK) AS melemah pada Mei 2023.

Harga emas Treasury hari ini menguat 0,09 persen ke Rp961.374 per gram. Terpantau logam mulia itu menyentuh titik puncak di Rp961.936 per gram.

Harga emas dunia jatuh 0,6 persen ke US$1.944,09 per ons setelah meningkat 0,7 persen setelah data inflasi dirilis. Harga emas berjangka AS lebih rendah 0,6 persen ke US$1.957,3 per ons.

Imbal hasil obligasi pemerintah merekah 3,807 persen. Naiknya yield surat hutang itu menjadikan emas batangan kurang menarik di mata investor.

Logam mulia ini tidak jatuh terlalu dalam karena ditahan oleh penurunan indeks dolar AS. Dolar turun 0,4 persen—mendekati level terendah dalam tiga minggu.

Seorang pedagang independen, Tai Wong, mengatakan emas tidak bisa mempertahankan kenaikan setelah IHK rilis. Tai Wong berpendapat ada kekhawatiran yang meningjkat bahwa inflasi yang membandel bisa berujung Federal Reserve tetap hawkish.

Sekadar informasi, IHK AS naik 4 persen secara year-on-year pada Mei 2023, turun dari April 2023 yang mencapai 4,9 persen. Akan tetapi, inflasi Mei 2023 lebih tinggi dari target Federal Reserve, yaitu 2 persen dan lebih rendah daripada ekspektasi pasar, yaitu 4,1 persen.

Secara bulanan, inflasi AS juga turun dari 0,4 persen pada April 2023 ke 0,1 persen pada Mei 2023. Inflasi inti di luar kelompok yang bergejolak, mencapai 5,3 persen secara year-on-year. Itu merupakan rekor terendah sejak November 2021.

Kini pedagang melihat ada peluang lebih dari 90 persen Federal Reserve memutuskan untuk menahan kenaikan suku bunga acuan di kisaran 5 persen–5,25 persen. Sebelum laporan inflasi rilis, pasar melihat ada peluang satu kenaikan lagi pada Juni 2023.

Analis TD Securities, Daniel Ghali, mengatakan emas yang melemah menunjukkan bahwa pasar sudah priced in dengan inflasi yang turun. Mayoritas pelaku pasar ingin Federal Reserve menurunkan suku bunga. Jika suku bunga Fed ternyata bertahan, reaksi pasar akan berbeda.

Kemudian, menurut data Federal Bisnis Independen (NFIB), Indeks Optimisme Bisnis Kecil naik 0,4 poin ke 89,4 pada Mei 2023. Itu merupakan yang ke-17 kali berturut-turut bahwa indeks bertahan di bawah rata-rata selama 49 tahun.

Investor menunggu risalah rapat komite pasar terbuka Federal Reserve. Mayoritas peserta cenderung condong ke jeda kenaikan suku bunga.

Tidak hanya Federal Reserve, pasar juga menanti keputusan suku bunga Bank of Japan dan European Central Bank. Pasar memperkirakan ECB menaikkan suku bunga sebanyak 25 basis poin. Bank sentral Jepang diperkirakan akan tetap mempertahankan kebijakan ultra longgar.

 

Investasi Emas Mulai dari Rp5 Ribu

Bicara soal emas, banyak orang melirik ini sebagai instrumen investasi karena logam mulia ini tahan karat dan nilainya aman dari inflasi. Harganya pun cenderung stabil dan naik setiap tahun. Emas pun terkenal sangat likuid alias mudah banget dicairkan menjadi uang tunai. 

Kamu bisa mendapati logam ini di mana pun. Nggak perlu repot ke toko, Sobat Treasury bisa membelinya melalui aplikasi smartphone seperti Treasury. Treasury menawarkan emas dengan harga terjangkau, mulai dari Rp5 ribu. Legalitas dan keamanannya nggak perlu kamu ragukan.

Jangan khawatir dengan legalitas dan keamanan Treasury. Treasury, merupakan pedagang emas fisik digital pertama yang berlisensi BAPPEBTI. Merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka Transaksinya pun aman karena merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka yang diawasi oleh BAPPEBTI. Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna.

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa menumbuhkan asetmu s.d 9% p.a di fitur Panen Emas atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah. Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini!

Bagaimana? Menarik, kan? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!