Jelang Pengumuman Fed, Harga Emas Diprediksi Bakal Volatile



Harga emas Treasury hari ini melemah 0,17 persen ke Rp968.734. Setelah berguling dari Rp971.074 ke level terendah di Rp967.038, logam mulia ini perlahan naik. Kalau dibandingkan dengan akhir pekan lalu, harganya juga mundur 0,12 persen.

Harga emas dunia di pasar spot turun 0,27 persen ke US$1.971,70 per ons.

Analis independent, Tai Wong, memperkirakan harga emas akan volatile. Akan tetapi, penurunannya tidak menembus level bawah US$1.940 per ons. Menurut Tai Wong, emas jadi sensitif terhadap data ekonomi yang menguat atau melemah.

Harga emas diprediksi akan bergerak naik turun minggu ini. Hal ini disebabkan oleh pasar yang menanti banyak hal penting yang akan rilis.

Ada banyak peristiwa penting yang akan dihadapi oleh emas. Mulai dari rapat Federal Open Market Committee (FOMC) sampai data inflasi akan berlangsung pada minggu ini. 

Risalah rapat Fed juga menjadi perhatian pasar. Sebagian besar pelaku pasar optimistis bank sentral AS akan melakukan pivot kebijakan. Caranya dengan mengakhiri kebijakan hawkish. Pasar juga memperkirakan Fed akan mulai menahan suku bunga acuan. Sekadar informasi, bank itu telah menaikkan suku bunga sebanyak 500 basis poin sejak Maret 2022. Kini, Fed’s rate ada di kisaran 5 persen – 5,25 persen. Sebagian di antaranya masih yakin bahwa suku bunga Fed masih akan naik satu kali lagi pada bulan ini. Kemudian, bank sentral itu akan memotongnya pada Juli 2023. Menurut FedWatch Tools CME, ada peluang 70,0 persen Fed akan mempertahankan suku bunga di level 5 persen – 5,25 persen.
 

Pasar memperkirakan inflasi AS pada Mei 2023 akan turun menjadi 4,1 persen secara year-on-year jika dibandingkan dengan April 2023 yang mencapai 4,9 persen. Secara bulanan, inflasi juga diprediksi akan turun dari 0,4 persen pada April 2023 ke 0,2 persen pada Mei 2023. Data inflasi ini akan menjadi pertimbangan Federal Reserve dalam menentukan suku bunga acuan Juni 2023.

Analis yakin data inflasi yang akan dirilis pada Selasa waktu setempat, jadi penggerak emas sampai rapat Fed berlangsung. Kalau inflasi melunak, pasar berharap Fed akan “luluh” dan menahan suku bunga. Tentu saja kondisi itu bisa berdampak baik bagi emas. Tapi, kalau inflasi di atas harapan, harapan Fed menahan laju suku bunga pun akan menjauh. Alhasil, harga emas akan tertekan.

Kemudian, hari Rabu menjadi waktu yang dinanti bagi investor, yaitu risalah rapat Fed akan dirilis. Kalau melunak, harga emas akan melambung. Sebaliknya, kalau masih bersikap hawkish, emas akan nyungsep. Suku bunga yang tinggi akan memudarkan pesona emas sebagai aset yang tidak memberikan imbal hasil. 

Selain data ekonomi AS dan risalah rapat Fed, investor juga memperhatikan China. Saat ini, terjadi ketidakpastian ekonomi di sana, angka-angka itu bisa memacu kekhawatiran resesi. Kecemasan ini juga bisa memantik permintaan emas sebagai aset safe haven untuk terbang lebih tinggi.

 

Investasi Emas Mulai dari Rp5 Ribu 

Sobat Treasury, banyak orang melirik emas sebagai instrumen investasi karena logam mulia ini tahan karat dan nilainya aman dari inflasi. Harganya pun cenderung stabil dan naik setiap tahun.

Emas pun terkenal sangat likuid alias mudah banget dicairkan menjadi uang tunai. Kamu bisa mendapati logam ini di mana pun. Nggak perlu repot ke toko, Sobat Treasury bisa membelinya melalui aplikasi smartphone seperti Treasury. 

Treasury menawarkan emas dengan harga terjangkau, mulai dari Rp5 ribu. Legalitas dan keamanannya nggak perlu kamu ragukan.

Jangan khawatir dengan legalitas dan keamanan Treasury. Treasury, merupakan pedagang emas fisik digital pertama yang berlisensi BAPPEBTI. Merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka Transaksinya pun aman karena merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka yang diawasi oleh BAPPEBTI. Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna.

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa menumbuhkan asetmu s.d 9% p.a di fitur Panen Emas atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah. Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini!

Bagaimana? Menarik, kan? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!