Harga Emas Menguat pada Akhir Pekan, Efek Jumlah Pengangguran AS yang Meningkat



Harga emas menguat 1 persen setelah data klaim pengangguran AS meningkat. Klaim yang bertambah ini memperkuat ekspektasi pasar bahwa Federal Reserve akan menghentikan siklus kenaikan suku bunga acuan. 

Harga emas Treasury hari ini menguat 0,02 persen ke Rp969.821 per gram. Logam mulia ini terbang dari posisi Rp968.329 ke Rp970.144—level tertinggi saat ini. Selama sepekan, emas melesat 0,44 persen. Setelah bertengger di Rp970.627 pada 6 Juni 2023, emas terjatuh ke posisi terendah 1 minggu di Rp960.668 pada 7 Juni 2023, lalu kembali bangkit.

Dalam peiode 2 minggu, emas menguat 0,08 persen. Setelah menduduki posisi puncak di Rp980.536, emas berguling ke bawah hingga posisi terendah pada 7 Juni 2023. Harga emas spot naik 1,3 persen ke US$1.956,1 per ons. Emas berjangka AS menanjak 1,1 persen ke US$1.980,3 per ons.

Menurut data ketenagakerjaan AS, klaim pengangguran bertambah 261 ribu pada minggu yang berakhir 3 Juni 2023. Angka ini merupakan yang tertinggi sejak Oktober 2021. Kenaikan ini memperlihatkan bahwa pasar tenaga kerja melambat di tengah risiko resesi. 

Analis senior OANDA, Edward Moya, mengatakan naiknya pengangguran di AS memperlihatkan pelemahan ekonomi AS berlanjut. Ini menjadi kabar baik bagi emas karena membuka peluang Fed akan menahan suku bunga acuannya. Suku bunga yang lebih rendah akan menekan dolar AS dan imbal hasil surat utang pemerintah AS. Melemahnya dua instrumen ini bisa menguatkan pesona emas yang tidak memberikan bunga.

Indeks dolar AS tergelincir ke level terendah dalam seminggu dan menjadikan emas lebih murah bagi pembeli dengan mata uang lainnya. Imbal hasil surat utang pemerintah AS yang bertenor 10 tahun pun anjlok. Kini, pelaku pasar melihat ada 74 persen peluang Federal Reserve menahan suku bunganya pada pertemuan 13-14 Juni 2023. Peluang ini meroket dari 66 persen, menurut FedWatch CME Tools. 

Kini, pasar menunggu laporan inflasi konsumen AS untuk bulan Mei 2023 yang akan dirilis pada 13 Juni. Ini akan memberikan kejelasan lebih lanjut tentang kondisi ekonomi AS.Ahli Strategi Pasar RJO Futures, Daniel Pavilonis, mengatakan ada ketidakpastian di pasar. Kalau imbal hasil surat utang mulai turun, emas bisa melesat lebih tinggi.

 

Harga Emas Selama Seminggu

Pada awal pekan, harga emas melemah. Hal ini disebabkan oleh pasar tenaga kerja yang masih panas dengan penambahan tenaga kerja yang lebih banyak di atas ekspektasi. Pada Mei 2023, ada tambahan 339 ribu tenaga kerja baru, melampaui perkiraan sebanyak 190 ribu orang.

Hari berikutnya, emas bergerak naik setelah sektor jasa nyaris stagnan karena pesanan baru melambat. Data Institute for Supply Management melaporkan indeks non manufaktur turun dari 51,9 pada April 2023 menjadi 50,3 pada Mei 2023. Padahal, pasar berharap indeks itu naik menjadi 52,2. Analis menilai situasi sektor jasa bisa memicu Fed untuk menahan suku bunganya.

Selanjutnya, emas masih menguat meskipun tipis karena investor wait and see. Bahkan, logam mulia ini tidak terpengaruh oleh faktor-faktor eksternal seperti revisi ke atas pertumbuhan global pada 2023 dan ketegangan Rusia-Ukraina yang kembali memuncak akibat bendungan jebol.

Lalu, kemarin, harga emas turun karena imbal hasil surat utang pemerintah AS naik setelah Bank of Canada menaikkan suku bunga acuannya sebanyak 25 basis poin. Ditambah lagi ada data ekspor impor China yang melemah. Pelemahan data perdagangan ini dinilai bisa menurunkan permintaan akan logam mulia, apalagi negara itu merupakan konsumen besar emas dunia.

 

Investasi Emas Mulai dari Rp5 Ribu

Sobat Treasury, banyak orang melirik emas sebagai instrumen investasi karena logam mulia ini tahan karat dan nilainya aman dari inflasi. Harganya pun cenderung stabil dan naik setiap tahun.

Emas pun terkenal sangat likuid alias mudah banget dicairkan menjadi uang tunai. Kamu bisa mendapati logam ini di mana pun. Nggak perlu repot ke toko, Sobat Treasury bisa membelinya melalui aplikasi smartphone seperti Treasury.Treasury menawarkan emas dengan harga terjangkau, mulai dari Rp5 ribu. Legalitas dan keamanannya nggak perlu kamu ragukan.

Jangan khawatir dengan legalitas dan keamanan Treasury. Treasury, merupakan pedagang emas fisik digital pertama yang berlisensi BAPPEBTI. Merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka Transaksinya pun aman karena merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka yang diawasi oleh BAPPEBTI. Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna.

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa menumbuhkan asetmu s.d 9% p.a di fitur Panen Emas atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah. Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini!

Bagaimana? Menarik, kan? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!