Harga Emas Bangkit Jelang Pengesahan Keputusan Plafon Hutang AS



Harga emas kembali bangkit menjelang pengesahan kesepakatan Presiden AS, Joe Biden, dengan Ketua DPR, Kevin McCarthy, tentang plafon hutang. Pasar pun optimistis terhadap masalah pinjaman. 

Harga emas Treasury hari ini melemah 0,03 persen ke Rp975.570 per gram. Dibandingkan dengan seminggu yang lalu, logam mulia itu meningkat 0,22 persen.

Harga emas dunia di pasar spot naik 0,8 persen ke US$1.958,59 per ons setelah mencapai level terendah sejak 17 Maret 2023. Harga emas berjangka AS pun bertambah 0,7 persen ke US$1.958 per ons.

Dolar AS melemah dari level tertingginya selama 10 minggu. Pelemahan itu menjadikan emas lebih murah bagi pembeli dengan mata uang lainnya. Imbal hasil surat utang pemerintah AS yang bertenor 10 tahun juga ikut terjun ke level terendah selama seminggu.

Analis senior di Kitco Metals, Jim Wyckoff, mengatakan pelaku pasar ambil posisi. Mereka mengambil keuntungan dari jangka pendek dan membeli logam itu kembali. Dalam waktu dekat, emas akan diperdagangkan secara sideways menjadi lebih rendah sampai ada katalis baru.

Sekadar informasi, Biden dan McCarthy telah satu suara untuk menaikkan batas hutang pemerintah AS. Kini, kesepakatan itu tinggal menunggu ketok palu dari Kongres AS.

Analis senior di OANDA, Edward Moya, mengatakan Kongres tidak akan main-main terhadap masalah plafon hutang AS. DPR AS itu tidak mau menempatkan ekonomi AS ke risiko bencana. Namun, ada beberapa anggota dewan yang menentang kesepakatan Biden-McCarthy. Bahkan, ketika pemimpin partai bertekad untuk mencegah gagal bayar hutang AS. Moya menambahkan, kalau AS gagal bayar, bisa-bisa muncul momen de-risking yang akan menurunkan semuanya, tak terkecuali emas.

Kepala Strategi Komoditas Saxo Bank, Ole Hansen, mengatakan kesepakatan masalah pagu pinjaman sempat membuat pasar cemas. Kecemasan ini membuat emas tertekan. 

Ekspektasi pasar terhadap kenaikan suku bunga Fed pada Juni 2023 pun meningkat setelah data inflasi AS dirilis pada 26 Mei 2023. Suku bunga yang tinggi ini bisa mengurangi pesona emas karena menaikkan biaya peluang memegang aset yang tidak memberikan imbal hasil.

Menurut data The Conference Board, indeks kepercayaan konsumen turun dari 103,7 ke 102,3 pada April 2023. Itu merupakan penurunan keempat kali dalam lima bulan. Kini, investor menunggu laporan pekerjaan bulanan yang akan keluar pada Jumat 2 Juni 2023.

 

Investasi Emas Mulai dari Rp5 Ribu

Sobat Treasury, banyak orang melirik emas sebagai instrumen investasi karena logam mulia ini tahan karat dan nilainya aman dari inflasi. Harganya pun cenderung stabil dan naik setiap tahun.

Emas pun terkenal sangat likuid alias mudah banget dicairkan menjadi uang tunai. Kamu bisa mendapati logam ini di mana pun. Nggak perlu repot ke toko, Sobat Treasury bisa membelinya melalui aplikasi smartphone seperti Treasury. Treasury menawarkan emas dengan harga terjangkau, mulai dari Rp5 ribu. Legalitas dan keamanannya nggak perlu kamu ragukan.

Jangan khawatir dengan legalitas dan keamanan Treasury. Treasury, merupakan pedagang emas fisik digital pertama yang berlisensi BAPPEBTI. Merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka Transaksinya pun aman karena merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka yang diawasi oleh BAPPEBTI. Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna.

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa menumbuhkan asetmu s.d 9% p.a di fitur Panen Emas atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah. Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini!

Bagaimana? Menarik, kan? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!