Harga Emas Rebound, Pasar Pantau Risalah Rapat Komite Fed



Harga emas rebound setelah imbal hasil surat utang pemerintah AS dan dolar AS terguling. Sementara itu, pasar fokus kepada pembicaraan plafon hutang AS yang tidak ada banyak kemajuan. Harga emas Treasury hari ini naik 0,18 persen ke Rp977.584 per gram. Secara year-to-year, logam mulia ini menanjak 8,89 persen. Sementara itu, harga emas spot naik 0,3 persen ke US$1.975,39 per ons setelah merosot 0,8 persen sebelumnya. Emas berjangka AS pun turun 0,1 persen ke US$1.974,50 per ons.

Menurut Ahli Strategi Pasar Senior RJO Futures, Daniel Pavilonis, emas naik dari sesi terbawah di tengah karena bahasan kenaikan pagu pinjaman tidak memberikan titik terang.

Sekadar informasi, perwakilan dari Presiden AS, Joe Biden, dan anggota DPR dari Partai Republik telah mengakhiri pembicaraan seputar peluang kenaikan pagu pinjaman. Tapi, pembicaraan ini tidak memperlihatkan tanda-tanda kemajuan. Padahal, tenggat waktu untuk menaikkan batas pinjaman sudah semakin dekat. Indeks utama Wall Street turun dan indeks dolar AS mundur dari sesi tertingginya. Imbal hasil surat utang pemerintah yang bertenor 10 tahun pun turun dari puncak selama dua bulan.

Emas batangan telah kehilangan harga hampir US$100 per ons dari rekor puncaknya. Kerugian ini disebabkan oleh taruhan kenaikan suku bunga yang meningkat. Kala itu, pasar berekspektasi Fed’s rate akan naik lebih tinggi dalam waktu yang lebih lama. Kepala Strategi Komoditas Saxo Bank, Ole Hansen, mengatakan pasar belum sepenuhnya melupakan kenaikan suku bunga. Sebelumnya, pimpinan Fed di bagian Minneapolis, Neel Kashkari, mengatakan bahwa suku bunga Fed harus naik lebih tinggi. Setidaknya suku bunga Fed ada di level 6 persen untuk menekan inflasi.

Suku bunga yang tinggi akan menghilangkan daya tarik emas. Sebab, lingkungan itu bisa mengerek imbal hasil obligasi dan meningkatkan biaya peluang memegang emas batangan yang tidak memberikan bunga. Kini, investor sekarang menunggu risalah dari pertemuan Federal Open Market Committee yang digelar pada awal Mei.

Kondisi Ekonomi AS

Lalu, bagaimana dengan ekonomi AS saat ini? Menurut data terbaru dari PMI Komposit AS S&P Global Flash, Indeks Manajer Pembelian Manufaktur AS pada Mei 2023 turun dari 50 ke 48,5. Angkanya mengecewakan ekspektasi pasar. Sektor jasa berkembang pada Mei 2023. Indeks PMI di sektor itu naik jadi 55,1, di atas ekspektasi pasar yang sebanyak 52,6. Tingkat partumbuhan ini tercepat selama lebih dari setahun. Perusahaan pun menghubungkan peningkatan indeks dengan demand lebih besar dari klien baru dan existing.

Kepala Ekonom Bisnis S&P Global Market Intelligence, Chris Williamson, mengatakan perekonomian AS terus berkembang pada Mei 2023. Perkembangan ini dipimpin sektor jasa. Perusahaan jasa menikmati lonjakan permintaan pasca pandemic, terutama untuk travel dan hiburan. Sementara itu, manufaktur berjuang dengan gudang yang terlampau penuh dan permintaan pesanan baru yang kurang. Pengeluaran beralih dari barang ke jasa, menurut Williamson.

Sektor jasa menaikkan harga dan memberikan tekanan ke atas terhadap inflasi. Kenaikan ini terjadi di tengah permintaan yang datang lagi serta ketidakmampuan mengatasi demand karena kapasitas berkurang. Lapangan kerja pun tumbuh cepat karena penyedia layanan berusaha memenuhi permintaan. Akan tetapi, pengetatan pasar tenaga kerja di tengah permintaan yang kuat akan menjadi perhatian.

Investasi Emas Mulai dari Rp5 Ribu

Sobat Treasury, banyak orang melirik emas sebagai instrumen investasi karena logam mulia ini tahan karat dan nilainya aman dari inflasi. Harganya pun cenderung stabil dan naik setiap tahun.

Emas pun terkenal sangat likuid alias mudah banget dicairkan menjadi uang tunai. Kamu bisa mendapati logam ini di mana pun. Nggak perlu repot ke toko, Sobat Treasury bisa membelinya melalui aplikasi smartphone seperti Treasury.

Treasury menawarkan emas dengan harga terjangkau, mulai dari Rp5 ribu. Legalitas dan keamanannya nggak perlu kamu ragukan. Platform ini sudah mengantongi izin dari Bappebti dan sistem elektroniknya terdaftar di Kominfo. Transaksi pun menggunakan dual verification, yaitu PIN dan password. Kamu bisa mencetak emas digital menjadi logam mulia batangan, lho! Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini.

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa merencanakan keuangan melalui Rencana Emas, bisa mewariskan investasimu ke orang-orang tersayang, sampai menjual sementara emas digital Treasury agar mendapatkan dana cepat.

Gimana? 

Menarik dan lengkap banget, kan? Yuk download Treasury sekarang!