Tutup Akhir Pekan, Harga Emas Melemah



Harga emas terus melemah setelah data ekonomi AS menguat. Ini menurunkan ekspektasi pasar terhadap peluang Federal Reserve menurunkan suku bunga tahun ini.

Harga emas Treasury hari ini justru menguat 0,11 persen ke Rp969.008 per gram. Selama seminggu, logam mulia terjun 2,47 persen. Setelah menyentuh titik tertinggi di Rp993.802 per gram pada 15 Mei 2023, emas menurun hingga titik terendah di Rp969.008 per gram hari ini. 

Untuk periode dua mingguan, emas melemah 1,47 persen. Titik tertingginya ada di posisi Rp996.090 pada 9 Mei 2023.

Sementara itu, harga emas spot melemah 1,3 persen ke US$1.956,13 per ons setelah menyentuh level terendah sejak 3 April 2023 di US$1.951,73 per ons. Emas berjangka AS terjun 1,2 persen ke US$1.959,4 per ons. 

Jumlah klaim pengangguran AS lebih rendah daripada perkiraan pada minggu lalu. Data ini diikuti oleh melemahnya indeks bisnis dari Fed cabang Philadelphia.

Optimisme pasar terhadap negosiasi plafon hutang AS telah memperkuat dolar dan mengerek ekuitas. Ini mengurangi permintaan aset safe haven, kata Direktur Perdagangan Logam High Ridge Futures, David Meger.

Indeks dolar AS dan imbal hasil surat utang pemerintah yang bertenor 10 tahun naik ke puncak tertinggi 

Kini, pasar memprediksi ada peluang 20 persen suku bunga Fed naik bulan Juni. Tentu saja perkiraan ini berkebalikan pada bulan lalu. Kala itu, pasar berharap ada peluang 20 persen suku bunga turun bulan depan.

Pesona emas akan pudar ketika suku bunga tinggi. Suku bunga yang tinggi bisa meningkatkan biaya peluang memegang emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil.

Presiden Fed bagian Dallas, Lorie Logan, mengatakan inflasi belum dingin cukup cepat sehingga belum memungkinkan Federal Reserve menurunkan suku bunga pada Juni 2023. Komentar serupa juga disampaikan oleh pejabat Fed, Phillip Jefferson, yang menilai masih terlalu dini untuk menilai dampak penuh dari kenaikan suku bunga Fed yang pesat.

Analis independent, Ross Norman, mengatakan emas gagal untuk mempertahankan dukungan teknis.

 

Selama Sepekan

Bagaimana dengan kondisi emas selama seminggu? Pada awal minggu, emas dibuka melemah karena mendapat tekanan dari dolar AS. Tapi, logam mulia ini masih bisa menahannya karena ada faktor plafon hutang AS. Analis memperkirakan harga emas minggu ini bergerak di bawah US$2.050 per gram, bahkan sampai ke US$1.950-an.

Kemudian, emas bergerak naik pada Selasa karena pasar fokus kepada pertemuan Presiden AS, Joe Biden, dengan Ketua DPR AS, Kevin McCarthy untuk membahas peluang kenaikan pagu pinjaman.

Indeks kondisi bisnis Empire State, terjun 42,6 poin ke minus 31,8. Ini merupakan penurunan bulanan yang lebih besar sejak awal pandemi. Sekadar informasi, indeks ini merupakan ukuran aktivitas pabrik di New York, AS.

Selanjutnya, harga emas melemah kembali karena data ritel AS naik tidak sesuai dengan harapan. Pada April 2023, penjualan ritel naik 0,4 persen, tapi di bawah ekspektasi pasar yang sebanyak 0,8 persen.

Pada hari keempat, emas kembali turun karena pertemuan Biden dengan McCarthy memberikan peluang AS bisa terhindar dari masalah gagal bayar. Ditambah lagi ada beberapa komentar pejabat Fed yang bersikap hawkish dan menyebut bank sentral AS belum perlu menurunkan suku bunga Fed tahun ini.

 

Investasi Emas Mulai dari Rp5 Ribu

Sobat Treasury, banyak orang melirik emas sebagai instrumen investasi karena logam mulia ini tahan karat dan nilainya aman dari inflasi. Harganya pun cenderung stabil dan naik setiap tahun.

Emas pun terkenal sangat likuid alias mudah banget dicairkan menjadi uang tunai. Kamu bisa mendapati logam ini di mana pun. Nggak perlu repot ke toko, Sobat Treasury bisa membelinya melalui aplikasi smartphone seperti Treasury.

Treasury menawarkan emas dengan harga terjangkau, mulai dari Rp5 ribu. Legalitas dan keamanannya nggak perlu kamu ragukan.

 Jangan khawatir dengan legalitas dan keamanan Treasury. Treasury, merupakan pedagang emas fisik digital pertama yang berlisensi BAPPEBTI. Merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka Transaksinya pun aman karena merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka yang diawasi oleh BAPPEBTI. Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna.

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa menumbuhkan asetmu s.d 9% p.a di fitur Panen Emas atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah. Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini!

Bagaimana? Menarik, kan? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!