Harga Emas Terkerek karena Pasar Fokus pada Plafon Hutang AS



Harga emas naik karena dolar AS melemah. Para pedagang pun terjebak di taruhan penurunan suku bunga sebelum akhir tahun walaupun ada komentar pejabat Federal Reserve dan pasar fokus kepada masalah plafon hutang AS. 

Harga emas spot menguat 0,2 persen ke US$2.0155,55 per ons. ini menguat dari level terendah satu minggu yang terjadi pada Jumat pekan lalu. Sementara itu, emas berjangka AS pun menanjak 0,1 persen ke US$2.020,50 per ons. Sementara itu, harga emas Treasury melemah 0,25 persen ke Rp991.341 per gram. Dibandingkan seminggu yang lalu, harganya merosot 0,48 persen.

Indeks dolar AS yang mengukur greenback terhadap enam mata uang saingannya, melemah 0,3 persen ke 102,4. Dolar AS melemah dari level tertinggi selama lima minggu. Kebuntuan soal hutang AS membuat dolar AS tertekan. Alhasil, turunnya mata uang AS menjadikan emas lebih murah bagi pembeli luar negeri. 

Ahli Strategi Komoditas TD Securities, Daniel Ghali, mengatakan investor akan terus menggunakan modal mereka dalam bentuk emas. Prospek penurunan suku bunga terus menguat selama 12 bulan ke depan. Sedangkan mayoritas pelaku pasar masih berekspektasi setidaknya satu penurunan suku bunga sebelum tahun ini berakhir, menurut FedWatch CME Tool. Suku bunga yang tinggi akan meredupkan daya tarik emas dengan imbal hasil nol. Kondisi ini bisa meningkatkan biaya peluang memegang emas.

Pimpinan Fed cabang Minneapolis, Neel Kashkari, mengatakan ada lebih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk menekan inflasi. Pimpinan Federal Reserve cabang Atlanta, Raphael Bostic, pun menyebut kecil peluang suku bunga Fed turun pada 2023. Dia justru ingin melihat bank sentral AS menyetop kenaikan suku bunga untuk mengukur kesehatan ekonomi.

Menurut Bostic, penurunan suku bunga tidak dalam perkiraan dasar. Kalaupun ada, Fed mungkin perlu menaikkan suku bunga lebih banyak untuk menekan inflasi. Ghali menambahkan, pasar kini mengabaikan setiap komentar hawkish pejabat Fed. Mereka menyimpulkan apa yang dilakukan Fed berdasarkan data yang masuk, bukan apa yang pejabat katakan.

Kepala Analis Pasar Exinity, Han Tan, mengatakan emas tetap didukung oleh faktor-faktor yang menguntungkan, seperti penurunan suku bunga. Indeks kondisi bisnis Empire State, terjun 42,6 poin ke minus 31,8. Ini merupakan penurunan bulanan yang lebih besar sejak awal pandemi. Sekadar informasi, indeks ni merupakan ukuran aktivitas pabrik di New York, AS.

Kini, fokus pasar tertuju kepada komentar pejabat Fed, terutama Gubernur Federal Reserve, Jerome Powell. Lalu, ada juga pertemuan Presiden AS, Joe Biden, dengan Ketua DPR dari Partai Republik, Kevin McCarthy, pada Selasa waktu setempat. Pertemuan ini akan membahas masalah plafon hutang untuk mencegah AS gagal bayar. Sebelumnya, Menteri Keuangan AS, Janet Yellen, mengingatkan pemerintah AS bisa kehabisan uang tunai setelah 1 Juni 2023 untuk membayar hutang. Ini terjadi kalau plafon pinjaman tidak dinaikkan.

 

Investasi Emas Mulai dari Rp5 Ribu

Sobat Treasury, banyak orang melirik emas sebagai instrumen investasi karena logam mulia ini tahan karat dan nilainya aman dari inflasi. Harganya pun cenderung stabil dan naik setiap tahun. 

Emas pun terkenal sangat likuid alias mudah banget dicairkan menjadi uang tunai. Kamu bisa mendapati logam ini di mana pun. Nggak perlu repot ke toko, Sobat Treasury bisa membelinya melalui aplikasi smartphone seperti Treasury. 

Treasury menawarkan emas dengan harga terjangkau, mulai dari Rp5 ribu. Legalitas dan keamanannya nggak perlu kamu ragukan.

Jangan khawatir dengan legalitas dan keamanan Treasury. Treasury, merupakan pedagang emas fisik digital pertama yang berlisensi BAPPEBTI. Merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka Transaksinya pun aman karena merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka yang diawasi oleh BAPPEBTI. Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna.

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa menumbuhkan asetmu s.d 9% p.a di fitur Panen Emas atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah. Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini!

Bagaimana? Menarik, kan? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!