Harga Emas Melemah karena Inflasi AS Turun Lebih Cepat dari Perkiraan



Harga emas melemah karena optimisme pasar terhadap penurunan suku bunga Fed memudar. Data inflasi AS turun lebih cepat daripada perkiraan.  Aksi ambil untung pun terjadi setelah data inflasi dirilis.

Harga emas Treasury hari ini menguat 0,37 persen ke Rp995.109 per gram. Dibandingkan seminggu yang lalu, logam mulia ini menanjak 0,46 persen. Harga emas spot turun 0,19 persen ke US$2.030,59 per ons. Emas berjangka AS melemah 0,3 persen ke US$2.037,10 per ons.

Analis Pasar Senior OANDA, Edward Moya, mengatakan logam mulia masih harus menghadapi risiko Federal Reserve menahan suku bunga lebih tinggi untuk waktu yang lebih lama. Menurut Moya, suku bunga yang turun lebih banyak bisa melambungkan emas. 

Logam mulia ini naik 0,7 persen setelah Indeks Harga Konsumen (IHK) AS naik 4,9 persen pada April 2023 secara year-to-year. Angkanya lebih rendah daripada ekspektasi pasar yang naik 5 persen. Inflasi April 2023 pun melandai jika dibandingkan dengan Maret 2023 yang mencapai 5,5 persen. Angka inflasi secara month to month pada naik dari 0,1 persen pada Maret 2023 ke 0,4 persen pada April 2023 dari Maret 2023. 

Kepala Strategi Komoditas Saxo Bank, Ole Hansen, mengatakan emas akan berjuang dalam jangka pendek dengan inflasi inti yang tidak berubah dari bulan lalu dan jauh di atas target Fed. 

Emas memang dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi. Tapi, kenaikan suku bunga akan menumpulkan daya tarik emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil. Beberapa analis memprediksi emas bisa mencapai rekor tertinggi. Apalagi, ada potensi gagal bayar hutang AS yang mencapai US$31 ribu triliun.  Analis StoneX, Rhona O’Connell, mengatakan sistem perbankan dan masalah plafon hutang harus mendapatkan perhatian yang lebih serius. 

Pasar sekarang menunggu Indeks Harga Produsen pada April 2023 yang akan dirilis pada hari ini waktu setempat. 

Untuk masalah hutang, saat ini tidak ada kesepakatan dalam pertemuan Presiden AS, Joe Biden, dengan Ketua DPR, Kevin McCarthy beserta para pemimpin kongres. Pertemuan ini sebenarnya membahas peningkatan plafon hutang AS. 

Menteri Keuangan AS, Janet Yellen, belum lama ini mengatakan pemerintah AS bisa kehabisan uang pada 1 Juni 2023 kalau plafon hutang tidak dinaikkan. Jika bulan Mei selesai dan tidak ada perpanjangan hutang AS, kecemasan pasar akan meningkat. 

Sementara itu, China memperluas cadangan emas dan bisa saja meninggalkan dolar AS. Nigel Green dari deVere Group, mengatakan ini bisa saja terjadi setelah berita terbaru menyebutkan cadangan emas naik 8,09 ton pada April 2023. Total stok emas di sana mencapai 2.076 ton pasca menambah 120 ton logam mulai dalam lima bulan sampai Maret 2023. “Secara historis, China telah menjadi pembeli utama surat utang pemerintah AS. Tapi, ini terlihat turun setelah Beijing menukarnya dengan emas,” kata Green. 

 

Investasi Emas Mulai dari Rp5 Ribu

Sobat Treasury, banyak orang melirik emas sebagai instrumen investasi karena logam mulia ini tahan karat dan nilainya aman dari inflasi. Harganya pun cenderung stabil dan naik setiap tahun. Emas pun terkenal sangat likuid alias mudah banget dicairkan menjadi uang tunai. Kamu bisa mendapati logam ini di mana pun. Nggak perlu repot ke toko, Sobat Treasury bisa membelinya melalui aplikasi smartphone seperti Treasury.

Treasury menawarkan emas dengan harga terjangkau, mulai dari Rp5 ribu. Jangan khawatir dengan legalitas dan keamanan Treasury. Treasury, merupakan pedagang emas fisik digital pertama yang berlisensi BAPPEBTI. Merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka Transaksinya pun aman karena merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka yang diawasi oleh BAPPEBTI. Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna.

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa menumbuhkan asetmu s.d 9% p.a di fitur Panen Emas atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah. Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini!

Bagaimana? Menarik, kan? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!