Mantap, Harga Emas Makin Moncer



Harga emas makin mahal karena investor mencari perlindungan dari ketidakpastian ekonomi. Di samping itu, investor juga memposisikan diri untuk menghadapi inflasi AS.

Harga emas Treasury hari ini naik 0,29 persen ke Rp997.297 per gram dan mendekati level tertinggi dalam seminggu di Rp1.003.819 pada 4 Mei 2023.

Harga emas dunia di pasar spot juga terangkat 0,7 persen ke US$2.034,43 per ons. Harga emas berjangka AS pun naik 0,4 persen ke US$2.042,20 per ons.

Pasar ekuitas jatuh karena pasar khawatir terhadap pemulihan permintaan domestik China setelah data perdagangan negara tersebut melemah.

Ditambah lagi ada kebuntuan masalah plafon hutang AS. Pertemuan Presiden AS, Joe Biden, dengan para pengambil kebijakan dari Partai Republik, berakhir tanpa kemajuan yang berarti untuk menaikkan plafon hutang. Meskipun begitu, Biden menegaskan Negeri Paman Sam tidak akan gagal bayar.

Tentu saja ini membuat pasar cemas terhadap kemungkinan gagal bayar hutang sebanyak US$31 ribu triliun. Hal ini mengingat tenggat waktu pembayaran hutang jatuh pada 1 Juni 2023.

Kepala Strategi Pasar Blue Line Futures, Phillip Streible, mengatakan pasar menanti data Indeks Harga Konsumen (IHK) yang akan dirilis hari ini. IHK April 2023 diperkirakan mencapai 5 persen, sama dengan Maret 2023 secara year to year. Tapi, inflasi inti diprediksi melandai dari 5,6 persen pada Maret 2023 menjadi 5,5 persen pada April 2023.

Data inflasi yang lebih tinggi daripada perkiraan akan mendukung taruhan untuk kenaikan suku bunga. Tapi, data yang lebih lemah bisa membuat permintaan besar-besaran terhadap komoditas dan likuiditas lebih lanjut dalam dolar AS.

Sekadar informasi, emas dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi. Kenaikan suku bunga bisa menumpulkan daya tarik emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil.

Salah satu pejabat Federal Reserve, Phillip Jefferson, mengatakan ekonomi AS melambat secara teratur. Ini memungkinkan inflasi turun, bahkan ketika pertumbuhan terus berlanjut.

Pimpinan Fed cabang New York, John Williams, mengatakan inflasi masih terlalu tinggi. Tapi, kredit yang lebih ketat akan memperlambat ekonomi. Tentu saja kondisi ini bisa menghambat langkah bank sentral AS dalam menaikkan kebijakan suku bunga.

Kini, pasar menghargai peluang 82 persen suku bunga Fed bertahan pada Juni 2023 dan peluang 33 persen Fed’s rate turun pada Juli 2023. Investor juga memantau perkembangan di sektor perbankan setelah survei Fed memperlihatkan perbankan memperketat standar kredit selama awal tahun.


Investasi Emas Mulai dari Rp5 Ribu

Sobat Treasury, banyak orang melirik emas sebagai instrumen investasi karena logam mulia ini tahan karat dan nilainya aman dari inflasi. Harganya pun cenderung stabil dan naik setiap tahun.

Emas pun terkenal sangat likuid alias mudah banget dicairkan menjadi uang tunai. Kamu bisa mendapati logam ini di mana pun. Nggak perlu repot ke toko, Sobat Treasury bisa membelinya melalui aplikasi smartphone seperti Treasury.

Treasury menawarkan emas dengan harga terjangkau, mulai dari Rp5 ribu. Legalitas dan keamanannya nggak perlu kamu ragukan.

Platform ini sudah mengantongi izin dari Bappebti dan sistem elektroniknya terdaftar di Kominfo. Transaksi pun menggunakan dual verification, yaitu PIN dan password.

Kamu bisa mencetak emas digital menjadi logam mulia batangan, lho! Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini.

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa merencanakan keuangan melalui Rencana Emas, bisa mewariskan investasimu ke orang-orang tersayang, sampai menjual sementara emas digital Treasury agar mendapatkan dana cepat.

Gimana? Menarik dan lengkap banget, kan? Yuk download Treasury sekarang!