Harga Emas Menguat Tipis, Pasar Deg-degan dengan Data Inflasi AS



Harga emas naik lebih tinggi menjelang data inflasi rilis. Pasar berharap ada petunjuk tentang prospek suku bunga AS.

Harga emas Treasury hari ini melemah 0,14 persen ke Rp992.460 per gram. Dibandingkan dengan kemarin, harganya justru menguat 0,12 persen.Harga emas spot naik 0,2 persen ke US$2.021,37 per ons. Emas berjangka AS menguat 0,4 persen ke US$2.033,20 per ons.

Ahli Strategi Komoditas TD Securities, Daniel Ghali, mengatakan pasar hanya mengoreksi harga setelah laporan gaji dirilis Jumat pekan lalu. Aksi jual itu membuat emas melemah hampir 3 persen sebelum data gaji keluar. Data gaji memperlihatkan pertumbuhan pekerjaan di AS cepat pada April 2023. Ini memberikan kekuatan pasar tenaga kerja secara terus-menerus.

Ghali menambahkan prospek resesi kemungkinan akan sulit untuk membuat suku bunga Federal Reserve turun pada masa depan. Seharusnya ini mengarahkan pedagang untuk memakai modal dalam bentuk emas.

Menurut FedWatch CME Tools, pasar melihat 85 persen peluang suku bunga Fed bertahan pada Juni 2023. Kemudian, 31 persen peluang suku bunga turun pada Juli 2023. 

Bank-bank memperketat standar kredit selama bulan-bulan pertama tahun ini. Berdasarkan survei pendapat Federal Reserve, permintaan pinjaman dari sektor bisnis dan konsumen melemah. Pimpinan Fed cabang Chicago, Austan Goolsbee, mengatkaan sinyal pengetatan kredit telah berlangsung.

Kepala Analis Pasar Exinity, Han Tan, mengatakan permintaan aset safe haven bisa terdongkrak kalau gejolak perbankan regional kembali menjadi sorotan. Gejolak perbankan di AS bermula dari bangkrutnya Silicon Valley Bank (SVB) serta Signature Bank dan Silvergate Bank menyusul. Yang terbaru, First Republic Bank turut menjadi korban. Bank itu disita dan sebagian besar asetnya dijual kepada JPMorgan Chase.

 

Semua Mata Tertuju ke Data Inflasi

Pasar kini fokus kepada data Indeks Harga Konsumen (IHK) yang akan dirilis pada Rabu waktu setempat. Ditambah lagi ada dua data penting yang akan dirilis kemudian, yaitu Indeks Harga Produsen untuk April 2023 dan klaim pengangguran untuk minggu yang berakhir pada 6 Mei 2023.

Indeks kepercayaan konsumen Michigan Consumer Sentiment turut menjadi perhatian pasar. Kesemua data itu menjadi pertimbangan Federal Reserve dalam menentukan kebijakan moneter.

 

Masalah Hutang Jadi Perhatian

Tidak hanya itu, mereka juga akan fokus kepada masalah plafon hutang AS. Sekadar informasi, Presiden AS, Joe Biden, akan bertemu dengan Ketua DPR AS, Kevin McCarthy, dan para pemimpin kongres lainnya untuk membahas masalah peningkatan atau penangguhan plafon hutang AS. 

Undangan dari Biden ini muncul setelah Menteri Keuangan, Janet Yellen, memberi tahu anggota parlemen minggu lalu bahwa Negeri Paman Sam bisa gagal bayar hutang, paling cepat 1 Juni 2023. Ini terjadi kalau Kongres tidak bisa menaikkan atau menangguhkan batas hutang sebelum waktu itu.

Lalu, pasar memperkirakan IHK April 2023 akan sama dengan Maret 2023, yaitu naik 5 persen secara year on year. Tapi, inflasi inti melambat dari 5,6 persen pada Maret 2023 ke 5,5 persen pada April 2023.

 

Investasi Emas Mulai dari Rp5 Ribu

Sobat Treasury, banyak orang melirik emas sebagai instrumen investasi karena logam mulia ini tahan karat dan nilainya aman dari inflasi. Harganya pun cenderung stabil dan naik setiap tahun. 

Emas pun terkenal sangat likuid alias mudah banget dicairkan menjadi uang tunai. Kamu bisa mendapati logam ini di mana pun. Nggak perlu repot ke toko, Sobat Treasury bisa membelinya melalui aplikasi smartphone seperti Treasury. Treasury menawarkan emas dengan harga terjangkau, mulai dari Rp5 ribu. Legalitas dan keamanannya nggak perlu kamu ragukan. 

Platform ini sudah mengantongi izin dari BAPPEBTI dan sistem elektroniknya terdaftar di Kominfo. Transaksi pun menggunakan dual verification, yaitu PIN dan password.

Kamu bisa mencetak emas digital menjadi logam mulia batangan, lho! Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini.

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa merencanakan keuangan melalui Rencana Emas, bisa mewariskan investasimu ke orang-orang tersayang, sampai menjual sementara emas digital Treasury agar mendapatkan dana cepat.

Gimana? Menarik dan lengkap banget, kan? Yuk download Treasury sekarang!