Harga Emas Diperkirakan Fluktuatif, Investor Wait And See?



Harga emas diperkirakan bergerak fluktuatif minggu ini karena mendapat pengaruh dari data ekonomi AS. Masalah plafon hutang Negeri Paman Sam juga turut menambah ketidakpastian.

Harga emas dunia saat ini naik 0,03 persen ke US$2.025,40 per ons. Sebaliknya, harga emas Treasury turun tipis 0,01 persen ke Rp983.591 per ons. Sementara itu, pada akhir pekan, logam mulia itu melorot 1,7 persen karena data tenaga kerja non farm payroll melampaui ekspektasi pasar. Jumlah tenaga kerja baru di sektor ini sebanyak 253 ribu pada April 2023, sedangkan ekspektasi pasar sebanyak 180 ribu. 

Analis CompareBroker.io, Jameel Ahmad, menilai pasar ketenagakerjaan tahan banting meskipun ada kenaikan suku bunga yang drastis selama setahun terakhir. Ini yang membuat Federal Reserve bersabar untuk mengamati data ekonomi sebelum memutuskan kebijakan moneter untuk masa depan. 

Kemudian, ada banyak data ekonomi AS yang akan dirilis pekan ini. Data-data itu membuat investor bersikap wait and see. Salah satunya adalah data inflasi AS untuk April 2023. Rencananya, data tersebut akan disampaikan pada 10 Mei 2023. Data inflasi merupakan salah satu pegangan Federal Reserve dalam menentukan kebijakan suku bunga untuk Juni 2023. 

Saat ini, inflasi AS sudah turun dari 6 persen pada Februari 2023 menjadi 5 persen pada Maret 2023. Kalau inflasi melandai, ini berarti harapan pasar terhadap kebijakan Fed yang berubah dovish, bisa terwujud. 

Tak hanya inflasi, ada dua data penting yang menjadi sorotan pasar, yaitu Indeks Harga Produsen (IHP) untuk April 2023 dan klaim pengangguran pada minggu yang berakhir 6 Mei. IHP dan klaim pengangguran bisa menjadi indikator seberapa besar masyarakat terdampak kebijakan suku bunga yang ketat. 

Data-data ini juga bisa memberikan gambaran tentang ekonomi AS terbaru setelah terkena badai krisis perbankan. Indeks Kepercayaan Konsumen dari Michigan Consumer Sentiment pun turut menjadi bagian radar pasar. Rencananya, indeks ini akan terbit pada Jumat 12 Mei 2023.

Analis pasar Tai Wong, mengatakan data-data tersebut bisa jadi tidak membuat Fed menaikkan suku bunga acuannya. Tapi, kalau data tersebut melampaui perkiraan, harapan pasar terhadap pemangkasan suku bunga bisa pupus.

 

Masalah Plafon Hutang AS Ikut Sumbang Ketidakpastian 

Masalah plafon hutang AS pun bisa menimbulkan ketidakpastian. Tapi, ini bisa menguntungkan emas karena investor panik. Analis City Index, Matt Simpson, menyarankan investor untuk menahan diri. Kecemasan bisa berbuntut market bisa bearish atau bullish secara bersamaan. 

Ekonom Komiditas Capital Economics, Edward Gardner, menilai pasar tidak akan berhadapan dengan masalah yang serius sampai masalah plafon hutang AS dan kisruh sektor perbankan selesai. Begitu masalah ini selesai, hambatan dalam jangka panjang akan ikut berperan dalam gerakan emas. Gardner berpendapat, indikator baru dari tekanan keuangan baju memperlihatkan bahwa harga emas dunia mendapat keuntungan dari permintaan safe haven terkait masalah perbankan. Saat ini, Washington menemui jalan buntu terkait plafon hutang AS. Ada peluang AS akan gagal bayar pada 1 Juni 2023. Sekadar informasi, hutang AS mencapai US$31 ribu triliun.

Sebenarnya, AS mengalami masalah plafon hutang pada 2011. Kala itu, hutangnya mencapai batas pada 16 Mei 2011. Setelah menimbulkan gesekan politik, alhasil keluarlah Undang-Undang untuk menaikkan batas pagu hutang AS pada 1 Agustus 2011. Kala itu, harga emas naik 9 persen secara month-to-month. Gardner memperkirakan masalah pinjaman akan menjaga harga emas di level US$2 ribu per ons.

 

Investasi Emas Mulai dari Rp5 Ribu 

Sobat Treasury, banyak orang melirik emas sebagai instrumen investasi karena logam mulia ini tahan karat dan nilainya aman dari inflasi. Harganya pun cenderung stabil dan naik setiap tahun. 

Emas pun terkenal sangat likuid alias mudah banget dicairkan menjadi uang tunai. Kamu bisa mendapati logam ini di mana pun. Nggak perlu repot ke toko, Sobat Treasury bisa membelinya melalui aplikasi smartphone seperti Treasury. Treasury menawarkan emas dengan harga terjangkau, mulai dari Rp5 ribu. Legalitas dan keamanannya nggak perlu kamu ragukan. 

Platform ini sudah mengantongi izin dari BAPPEBTI dan sistem elektroniknya terdaftar di Kominfo. Transaksi pun menggunakan dual verification, yaitu PIN dan password. Kamu bisa mencetak emas digital menjadi logam mulia batangan, lho! Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini.

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa merencanakan keuangan melalui Rencana Emas, bisa mewariskan investasimu ke orang-orang tersayang, sampai menjual sementara emas digital Treasury agar mendapatkan dana cepat.

Gimana? Menarik dan lengkap banget, kan? Yuk download Treasury sekarang!