Harga Emas Tembus Level Tertinggi, Fed Lempar Isyarat Jeda Kenaikan Suku Bunga



Harga emas menembus level tertinggi setelah Federal Reserve memberikan isyarat akan menahan kenaikan suku bunga acuannya. 

Harga emas Treasury hari ini melesat 1,57 persen ke Rp993.236 per gram. Sementara itu, harga emas spot menguat 1,13 persen ke US$2.309,01 per ons—puncak tertinggi sejak 14 April 2023 di US$2.036,15 per gram. Emas berjangka AS pun naik 0,7 persen ke US$2.037 per gram.

Federal Reserve memang menaikkan suku bunga sebanyak 25 basis poin ke 5,0 persen – 5,25 persen. Ini merupakan kenaikan suku bunga ke-10 sejak Maret 2022 pasca inflasi AS meroket. Suku bunga Fed saat ini merupakan yang tertinggi sejak 2006.

Walaupun suku bunga naik, pasar menangkap ada sinyal bagus bagi harga emas. Gubernur Federal Reserve, Jerome Powell, mengisyaratkan jeda kenaikan suku bunga. Dalam pernyataannya, Fed tidak lagi seperlunya mengantisipasi kenaikan suku bunga lebih lanjut. Ke depan, keputusan suku bunga mempertimbangkan data ekonomi yang masuk.

Meskipun ada isyarat jeda kenaikan suku bunga, pernyataan Powell ini meruntuhkan harapan pasar terhadap penurunan Fed’s rate tahun ini. Dia menyebut masih terlalu tinggi untuk menghentikan siklus kenaikan suku bunga.

 

Pendapat Analis

Jeda ini bertujuan untuk memberikan waktu bagi pejabat untuk menilai dampak dari kegagalan bank di AS dan menunggu penyelesaian masalah plafon utang AS. Ditambah lagi, pejabat juga akan memantau perkembangan inflasi selanjutnya. 

Pedagam logam independen, Tai Wong, menilai harga logam mulia naik secara refleks setelah pasar mendengar pernyataan Powell tentang jeda kenaikan suku bunga.

Analis senior Kitco Metals, Jim Wyckoff, menilai ekonomi AS terus tumbuh secara moderat, tapi kredit perbankan yang lebih ketat cenderung membebani perekonomian. Malah, kata Wyckoff, para pengamat pasar menyebut sikap pimpinan Fed itu sebagai “jeda hawkish”. Pedagang emas pun kini menanti konferensi pers dari Powell.

Indeks dolar AS turun 0,6 persen dan menjadikan emas lebih murah bagi pembeli yang memegang mata uang lainnya. Imbal hasil surat hutang pemerintah AS yang bertenor 10 tahun pun ikut melemah.

Analis Standard Chartered, Suki Cooper, berpendapat volatilitas harga emas akan terjadi karena ada kekhawatiran terhadap bank regional AS dan masalah plafon hutang AS.

 

Yang Dinanti Pasar

Kini, pasar juga menunggu hasil pertemuan Bank Sentral Eropa, European Central Bank (ECB). Bank sentral itu juga diperkirakan akan menaikkan suku bunga acuannya sebanyak 25 basis poin.

Data ketenagakerjaan AS pun masuk ke dalam radar pasar. Angka non farm payrolls diperkirakan naik 180 ribu pada April 2023, melambat jika dibandingkan dengan Maret 2023 yang naik 236 ribu.

Kemudian, jumlah lapangan kerja baru pada April 2023 mencapai 296 ribu lowongan, hampir dua kali lipat daripada perkiraan dan lebih tinggi daripada Maret 2023 yang sebanyak 142 ribu lowongan. Tapi, sektor manufaktur kehilangan 38 ribu pekerjaan.

 

Investasi Emas Mulai dari Rp5 Ribu

Sobat Treasury, banyak orang melirik emas sebagai instrumen investasi karena logam mulia ini tahan karat dan nilainya aman dari inflasi. Harganya pun cenderung stabil dan naik setiap tahun.

Emas pun terkenal sangat likuid alias mudah banget dicairkan menjadi uang tunai. Kamu bisa mendapati logam ini di mana pun. Nggak perlu repot ke toko, Sobat Treasury bisa membelinya melalui aplikasi smartphone seperti Treasury.

Treasury menawarkan emas dengan harga terjangkau, mulai dari Rp5 ribu. Legalitas dan keamanannya nggak perlu kamu ragukan. 

Platform ini sudah mengantongi izin dari BAPPEBTI dan sistem elektroniknya terdaftar di Kominfo. Transaksi pun menggunakan dual verification, yaitu PIN dan password.

Kamu bisa mencetak emas digital menjadi logam mulia batangan, lho! Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini. 

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa merencanakan keuangan melalui Rencana Emas, bisa mewariskan investasimu ke orang-orang tersayang, sampai menjual sementara emas digital Treasury agar mendapatkan dana cepat.

Gimana? Menarik dan lengkap banget, kan? Yuk download Treasury sekarang!