Tutup Akhir Pekan, Harga Emas Makin Kinclong



Harga emas kembali menguat. Logam mulia ini bergerak naik setelah bank sentral di Asia borong 38 ton emas.

Harga emas spot naik 0,3 persen ke US$2.045,79 per ons setelah sebelumnya naik ke US$2.072,19 per ons. Kemudian, harga emas berjangka AS menguat 0,9 persen ke US$2.055,70 per ons.

Sementara itu, harga emas Treasury hari ini melemah 0,23 persen ke Rp999.476 per ons. Dibandingkan dengan seminggu yang lalu, emas meningkat 2,9 persen dan naik 1,87 persen dalam periode dua minggu. Emas bertengger di puncak di Rp1.003.819 per gram pada 4 Mei 2023.

Berdasarkan laporan World Gold Council, pembelian emas oleh bank sentral pada Maret 2023 mencapai 40,5 ton. Ada 38,8 ton atau 96 persen berasal dari Asia. Pembeli emas terbesar berasal dari bank sentral China, yaitu sebanyak 18 ton, Singapura 17,3 ton, dan India 3,5 ton.

Negara Tirai Bambu ini terus membeli emas dalam lima bulan berturut-turut. Total pembelian emasnya pun mencapai 120,1 ton. Sementara itu, Singapura memborong emas selama tiga bulan berturut-turut dengan pembelian total 68,7 ton. India memborong emas senilai total 7,3 ton dalam dua bulan beruntun. Selama Januari-Maret 2023, pembelian emas oleh bank sentral mencapai 168,2 ton. Singapura menjadi pemborong emas terbanyak dengan 68,67 ton, China 57,85 ton, dan Turki 30,21 ton. Selain pembelian oleh bank sentral, ada hal-hal yang mempengaruhi harga emas selama seminggu ini, yaitu:

Pertama, data manufaktur AS lebih baik daripada harapan. Pada April 2023, manufaktur AS mencapai level terendah selama tiga tahun. Pesanan manufaktur tumbuh melambat dari 1,1 persen pada Maret 2023 menjadi 0,9 persen pada April 2023—ini lebih baik daripada perkiraan ekonom yang tumbuh 0,8 persen.

Kedua, Federal Reserve menaikkan suku bunga sebanyak 25 basis poin ke 5,0 persen – 5,25 persen. Ini merupakan kenaikan yang ke-10 sejak Maret 2022 dan menjadi suku bunga tertinggi sejak 2006. Tapi, bank sentral itu mengisyaratkan ada jeda kenaikan suku bunga. Gubernur Fed, Jerome Powell, menyebut masih terlalu dini untuk menurunkan suku bunga dalam waktu dekat.

Ketiga, kekhawatiran pasar terhadap peluang krisis perbankan menyebar. Setelah Silicon Valley Bank, Signature Bank, dan Silvergate Bank, kini ada lagi bank di AS yang jatuh, yaitu First Republic Bank. Regulator menyita First Republic Bank dan menjual asetnya ke JPMorgan Chase&Co. Penjualan ini termasuk ke dalam kesepakatan penyelesaian kegagalan bank terbesar di AS sejak krisis keuangan 2008. 

Ditambah lagi, perusahaan pemberi pinjaman regional di California, AS, PacWest Bancorp, goyah. Harga sahamnya anjlok 60 persen. Dikabarkan bank itu sedang mempertimbangkan opsi strategis, termasuk penjualan. Meskipun ukurannya lebih kecil daripada empat lembaga keuangan di atas, goyahnya PacWest membuat gejolak di perbankan AS, menurut analis senior di Kitco Metals, Jim Wyckoff.

Keempat, masalah hutang AS yang tembus US$31 triliun. Beberapa hari yang lalu, Presiden AS, Joe Biden, memanggil empat pemimpin Kongres ke Gedung Putih dan Menteri Keuangan AS, Jannet Yellen, memperingatkan AS akan kekurangan cash untuk membayar hutangnya yang jatuh tempo pada 1 Juni 2023.

Kelima, Bank Sentral Eropa, European Central Bank (ECB), menaikkan suku bunga acuannya sebanyak 25 basis poin. Kenaikannya sesuai dengan ekspektasi pasar. Kini, pasar menunggu data ketenagakerjaan AS. Angka non farm payrolls diperkirakan naik 180 ribu pada April 2023, melambat jika dibandingkan dengan Maret 2023 yang naik 236 ribu.

 

Investasi Emas Mulai dari Rp5 Ribu 

Sobat Treasury, banyak orang melirik emas sebagai instrumen investasi karena logam mulia ini tahan karat dan nilainya aman dari inflasi. Harganya pun cenderung stabil dan naik setiap tahun. 

Emas pun terkenal sangat likuid alias mudah banget dicairkan menjadi uang tunai. Kamu bisa mendapati logam ini di mana pun. Nggak perlu repot ke toko, Sobat Treasury bisa membelinya melalui aplikasi smartphone seperti Treasury. Treasury menawarkan emas dengan harga terjangkau, mulai dari Rp5 ribu. Legalitas dan keamanannya nggak perlu kamu ragukan. Platform ini sudah mengantongi izin dari BAPPEBTI dan sistem elektroniknya terdaftar di Kominfo. Transaksi pun menggunakan dual verification, yaitu PIN dan password.

Kamu bisa mencetak emas digital menjadi logam mulia batangan, lho! Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini.

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa merencanakan keuangan melalui Rencana Emas, bisa mewariskan investasimu ke orang-orang tersayang, sampai menjual sementara emas digital Treasury agar mendapatkan dana cepat.

Gimana? Menarik dan lengkap banget, kan? Yuk download Treasury sekarang!