Harga Emas Kembali Naik Berkat Angka Klaim Pengangguran Tinggi



Harga emas menguat kembali karena data klaim pengangguran AS tidak sesuai ekspektasi. Data ini membuat investor sedikit lega dan berharap Federal Reserve mengurangi keagresifannya dalam menaikkan suku bunga acuan. 

Harga emas Treasury hari ini naik 0,17 persen ke Rp940.764 per gram. Emas mencapai titik tertinggi di Rp945.413 per gram. Dalam seminggu, harga emas menguat 0,36 persen. Dalam periode 2 mingguan, logam mulia itu naik 2,24 persen. Level tertingginya ada pada 6 Maret 2023 di Rp944.011.Sementara itu, emas spot naik 1,1 persen ke US$1.830,35 per ons. Emas berjangka AS pun juga menguat 0,9 persen ke US$1.834,6 per ons. 

Emas melonjak pada hari Kamis karena dolar melemah, setelah data menunjukkan klaim pengangguran AS tumbuh lebih dari yang diharapkan minggu lalu, memberikan beberapa harapan kepada investor bahwa kenaikan suku bunga Federal Reserve bisa kurang agresif daripada yang ditakuti. Emas spot naik 1,1% menjadi $1.830,35 per ons dan terakhir turun 0,02% pada 1.830,57. Emas berjangka AS naik 0,9% menjadi menetap di $1.834,60.

Ahli Strategi Pasar Senior RJO Futures, Bob Haberkorn, mengatakan emas mengalami minggu yang sulit karena ditekan oleh ekspektasi kenaikan suku bunga. Akan tetapi, harga logam mulia ini bisa “bernapas lega” setelah data klaim pengangguran naik tidak sesuai harapan. Menurut data ketenagakerjaan AS, orang yang mengajukan klaim pengangguran pekan lalu, naik paling banyak dalam lima bulan. Namun, tren yang mendasarinya tetap konsisten dengan pasar tenaga kerja yang ketat.  Alhasil, data itu membuat dolar AS terpleset 0,37 persen dan menjadikan emas lebih murah bagi pembeli dengan mata uang lainnya. Haberkorn menilai data ketenagakerjaan itu membuat para pedagang emas berpikir Fed tidak bisa menaikkan suku bunga acuan sebanyak 50 basis poin pada pertemuan berikutnya.

 

Yang Terjadi Selama Seminggu

Pada awal pekan, harga emas melemah menjelang pidato Gubernur Federal Reserve, Jerome Powell, di hadapan Kongres AS. Analis memprediksi pimpinan Fed akan menggarisbawahi suku bunga yang lebih tinggi untuk menekan inflasi. Saat itu, para analis memperkirakan harga emas bergerak di kisaran US$1.750 per ons-US$1.850 per ons. Mereka berpendapat sikap bank sentral AS yang cenderung hawkish tidak berdampak baik bagi logam mulia itu. 

Menurut hasil survei Kitco, dari 19 analis, ada 13 di antaranya yang memprediksi harga emas akan bullish, 1 bearish, dan 5 melihat akan diperdagangkan secara sideways. Lalu, dari 495 suara di jajak pendapat online, ada 254 responden memprediksi harga emas naik minggu ini, 19 persen netral, dan 29 persen akan lebih rendah. Pidato yang dinanti pasar pun tiba. Tak sesuai harapan, pernyataan Powell di depan senat mengejutkan investor dan pasar. Bos Fed tidak akan segan untuk menaikkan suku bunga acuan secara agresif jika diperlukan untuk menekan inflasi. Powell lebih memilih untuk menstabilkan harga barang daripada pasar tenaga kerja yang ketat. Pasar pun berekspektasi Fed akan menaikkan suku bunga sebanyak 50 basis poin daripada 25 basis poin. Suku bunga yang tinggi akan berdampak buruk bagi emas karena bisa meningkatkan biaya peluang memegang aset yang tidak memberikan imbal hasil. 

Analis pun melihat ada "perlawanan" dari emas terhadap tekanan suku bunga yang tinggi. Analis melihat ada demand yang tinggi dari bank sentral, terutama dari China dan Turki, serta perhiasan dan industri. Meningkatnya permintaan ini disebabkan oleh mulai terbukanya ekonomi China. 

Selanjutnya, jumlah klaim pengangguran di AS bertambah banyak. Dengan pasar tenaga kerja yang ketat, pasar berharap Fed akan melunak untuk kebijakan suku bunga. 

 

Tertarik Investasi Emas?

Kamu tertarik untuk berinvestasi emas, Sobat Treasury? Logam mulia ini punya keunggulan-keunggulan yang terkenal sejak zaman dahulu, lho! Terkenal sebagai logam yang tahan karat, nilai emas ini nggak tergerus inflasi. Harganya pun cenderung stabil dan naik setiap tahun.  Kamu juga bisa menjualnya kapan pun sedang butuh. Tak mengherankan orang menjadikan emas sebagai dana darurat.

Bicara tentang investasi emas, Treasury menjadi tempat yang pas untuk kamu. Platform emas digital ini menawarkan harga yang sangat terjangkau, mulai dari Rp5 ribu. Lebih murah daripada segelas es kopi kekinian, kan? Treasury juga menawarkan fitur-fitur menarik seperti Rencana Emas yang siap membantumu untuk merencanakan keuangan. Kamu juga bisa mewariskan emas digital kepada orang-orang tersayang.  Menariknya, Sobat tidak hanya bisa membeli emas digital, tetapi juga yang berbentuk fisik seperti perhiasan dan koin emas Koin Nusantara. Menarik, kan? Tunggu apa lagi? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!