Harga Emas Melemah Jelang Pidato Powell di Depan DPR



Harga emas turun dari level tertinggi hampir dari tiga minggu sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh investor yang bersiap untuk menyaksikan rapat dengar pendapat antara Kongres dengan Gubernur Federal Reserve, Jerome Powell. Investor mengharapkan pernyataan Powell akan memberikan sinyal yang lebih jelas tentang arah kebijakan Fed, hawkish atau dovish.

Harga emas Treasury hari ini turun 0,22 persen ke Rp941.256 per gram. Dibandingkan dengan sehari sebelumnya, logam mulia itu melemah 0,25 persen. Sementara itu, harga emas spot melemah 0,5 persen ke US$1.846,54 per ons. Harga emas berjangka AS tidak berubah di US$1.854,6 per ons. 

Dalam pertemuan panel senat, Powell akan memberikan pidato, lalu disusul dengan pidato di depan komite DPR AS. Pimpinan ini diperkirakan akan menggarisbawahi suku bunga yang lebih tinggi untuk menekan inflasi. Rapat dengar pendapat itu akan berlangsung pada hari Selasa dan Rabu waktu setempat. Kemudian, diikuti dengan rilis data ketenagakerjaan AS pada Jumat minggu ini. Dua agenda penting ini bisa berpengaruh terhadap kebijakan suku bunga. “Pasar mengharapkan data ketenagakerjaan yang lebih kuat. Ini berarti suku bunga Fed tetap berada di tingkat yang lebih tinggi lebih lama,” kata Analis Senior Kitco Metals, Jim Wyckoff. 

Wyckoff mengatakan ada keraguan menjelang dua agenda penting yang bisa mempengaruhi harga emas dalam jangka pendek. Dia juga memastikan akan ada lebih banyak volatilitas harga setelah data ketenagakerjaan dirilis. Di sisi lain presiden Fed San Fransisco, Mary Daly, mengatakan suku bunga harus naik lebih tinggi dan bertahan lebih lama kalau data tenaga kerja masih lebih ketat.

Menurut analis UBS, Giovanni Staunovo, emas kini dalam mode wait and see. Staunovo berpendapat tak ada perubahan kebijakan dari Powell. Pimpinan bank sentral ini merasa perlu mengulangi kebijakan kenaikan suku bunga untuk menekan inflasi.

 

Prediksi Harga Emas

Para analis memprediksi harga emas akan bergerak di level US$1.780-US$1.850 per ons. Mereka menilai Fed menjadi sangat hawkish dan kondisi itu tidak berdampak bagus bagi emas. Namun, ada juga yang merasa optimistis logam kuning itu bisa naik lebih tinggi karena melihat emas bisa bertahan di level US$1.800 per ons.

Kepala Analis Komoditas Saxo Bank, Ole Hansen, mengatakan emas tak hanya dapat momentum baru, tetapi juga dorongan besar dari imbal hasil surat utang pemerintah AS yang terus meningkat. Menurut hasil survei Kitco, dari 19 analis, ada 13 di antaranya yang memprediksi harga emas akan bullish, 1 bearish, dan 5 melihat akan diperdagangkan secara sideways. Lalu, dari 495 suara di jajak pendapat online, ada 254 responden memprediksi harga emas naik minggu ini, 19 persen netral, dan 29 persen akan lebih rendah.

Menurut Pendiri MoorAnalytics.com, Michael Moor, emas mencapai level terendah di US$1.810 pada minggu lalu. Kalau bertahan di atas US$1.838, logam kuning ini bisa kembali ke pola bullish. Analis teknis senior Barchart.com, Darin Newsom, melihat ada momentum teknis untuk emas minggu ini. Ada potensi dolar AS melemah dan memperkuat daya tarik emas. Newsom memperkirakan harga enas ada di US$1.874,3 per ons. Selain itu, Direktur Pelaksana Bannockburn Global Forex Marc Chandle, berpendapat koreksi emas di Februari merupakan kesempatan untuk beli dan ada ruang bagi emas untuk naik lebih tinggi.

 

Tertarik Investasi Emas? 

Kamu tertarik untuk berinvestasi emas, Sobat Treasury? Logam mulia ini punya keunggulan-keunggulan yang terkenal sejak zaman dahulu, lho! Terkenal sebagai logam yang tahan karat, nilai emas ini nggak tergerus inflasi. Harganya pun cenderung stabil dan naik setiap tahun. Kamu juga bisa menjualnya kapan pun sedang butuh. Tak mengherankan orang menjadikan emas sebagai dana darurat. 

Bicara tentang investasi emas, Treasury menjadi tempat yang pas untuk kamu. Platform emas digital ini menawarkan harga yang sangat terjangkau, mulai dari Rp5 ribu. Lebih murah daripada segelas es kopi kekinian, kan?

Treasury juga menawarkan fitur-fitur menarik seperti Rencana Emas yang siap membantumu untuk merencanakan keuangan. Kamu juga bisa mewariskan emas digital kepada orang-orang tersayang. Menariknya, Sobat tidak hanya bisa membeli emas digital, tetapi juga yang berbentuk fisik seperti perhiasan dan koin emas Koin Nusantara. Menarik, kan? Tunggu apa lagi? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!