Jelang Pidato Powell, Begini Prediksi Harga Emas Minggu Ini



Harga emas diprediksi akan bergerak di bawah US$1.900 per ons. Logam mulia itu menanti kabar baik dari peristiwa penting minggu ini. 

Harga emas spot naik 0,12 persen ke US$1.857,2 per ons. Pada Jumat pekan lalu, harganya menguat 0,6 persen ke US$1.847,25 per ons. Ini merupakan yang tertinggi sejak 20 Februari. Selama seminggu lalu, emas menanjak 2 persen. Emas berjangka AS pun menguat 0,7 persen ke US$1.853,5 per ons. 

Harga emas Treasury hari ini turun 0,11 persen ke Rp942.661 per gram. Setelah berada di level tertinggi di Rp943.653, harganya terguling ke level Rp940.879 per gram. Dibandingkan dengan Jumat minggu lalu, harganya naik 0,36 persen. 

Data-data ekonomi yang akan rilis pekan ini, seperti ketenagakerjaan dan laporan lapangan kerja. Kemudian, ada pidato Gubernur Federal Reserve, Jerome Powell, di depan Komite Urusan Perbankan, Perumahan, Perkotaan Senat, dan Komite Layanan Keuangan DPR AS. Data tenaga kerja akan menentukan arah kebijakan Fed ke depan. Lalu, pidato Powell menjadi sinyal yang akan diberikan bank sentral AS.

Analis TD Securities, Bart Melek, memprediksi emas akan bergerak di level US$1.830-US$1.850 per ons minggu ini. Sementara itu, analis OANDA, Craig Erlam, meramal harganya ada di level US$1.780-US$1.800 per ons. Erlam berpendapat Fed menjadi sangat hawkish. Ini bukanlah kondisi yang baik bagi logam mulia itu.                                                   

 

Bentuk Optimisme yang Sehat

Emas yang sanggup bertahan di atas US$1.800 membuat investor ritel dan analis optimistis. Malah, pasar keuangan menginginkan harganya lebih tinggi minggu ini. Kepala Analis Komoditas Saxo Bank, Ole Hansen, mengatakan emas tak hanya dapat momentum baru, tetapi juga dorongan besar dari imbal hasil surat utang pemerintah AS yang terus meningkat.

Pada minggu lalu, imbal hasil surat utang pemerintah AS yang bertenor 10 tahun naik 4 persen ke level tertinggi sejak November 2023. Kemudian, yield surat utang berjangka bertenor 2 tahun mendekati 5 persen. Inflasi pun menjadi perhatian yang signifikan bagi pemangku kebijakan dan pelaku pasar. Logam ini masih bisa naik ke angka yang lebih tinggi, bahkan kalau imbal hasil itu masih melesat ke level yang lebih tinggi.

Pergerakan bullish emas telah mendorong logam mulia itu ke atas harga rata-rata perdagangan selama 21 hari terakhir. Harganya bisa menguat karena sedang terjebak di pola konsolidasi yang lebih luas. Menurut Hansen, harga emas harus benar-benar menembus level US$1.885-US$1.900 sebelum ada minat bullish baru dari investor.

Selanjutnya, menurut hasil survei Kitco, dari 19 analis, ada 13 di antaranya yang memprediksi harga emas akan bullish, 1 bearish, dan 5 melihat akan diperdagangkan secara sideways. Lalu, dari 495 suara di jajak pendapat online, ada 254 responden memprediksi harga emas naik minggu ini, 19 persen netral, dan 29 persen akan lebih rendah.

Pendiri MoorAnalytics.com, Michael Moor, menilai emas mencapai level terendah di US$1.810 pada minggu lalu. Kalau bertahan di atas US$1.838, logam kuning ini bisa kembali ke pola bullish.. 

Analis teknis senior Barchart.com, Darin Newsom,turut melihat momentum teknis untuk emas minggu ini. Ada potensi dolar AS melemah dan memperkuat daya tarik emas. Newsom memperkirakan harga enas ada di US$1.874,3 per ons. Sedangkan direktur Pelaksana Bannockburn Global Forex Marc Chandle, berpendapat koreksi emas di Februari merupakan kesempatan untuk beli dan ada ruang bagi emas untuk naik lebih tinggi.

 

Tertarik Investasi Emas?

Kamu tertarik untuk berinvestasi emas, Sobat Treasury? Logam mulia ini punya keunggulan-keunggulan yang terkenal sejak zaman dahulu, lho! Terkenal sebagai logam yang tahan karat, nilai emas ini nggak tergerus inflasi. Harganya pun cenderung stabil dan naik setiap tahun. Kamu juga bisa menjualnya kapan pun sedang butuh. Tak mengherankan orang menjadikan emas sebagai dana darurat. 

Bicara tentang investasi emas, Treasury menjadi tempat yang pas untuk kamu. Platform emas digital ini menawarkan harga yang sangat terjangkau, mulai dari Rp5 ribu. Lebih murah daripada segelas es kopi kekinian, kan?

Treasury juga menawarkan fitur-fitur menarik seperti Rencana Emas yang siap membantumu untuk merencanakan keuangan. Kamu juga bisa mewariskan emas digital kepada orang-orang tersayang. Menariknya, Sobat tidak hanya bisa membeli emas digital, tetapi juga yang berbentuk fisik seperti perhiasan dan koin emas Koin Nusantara. Menarik, kan? Tunggu apa lagi? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!