Harga Emas Makin Turun, Bakal Sentuh US$1700?



Harga emas melangkah ke penurunan bulanan terbesar sejak Juni 2021. Harga logam mulia ini turun karena dolar AS yang lebih kuat dan kekhawatiran pasar terhadap Federal Reserve yang akan terus menaikkan suku bunga.

Kenaikan suku bunga ini bisa memudarkan pesona emas karena menaikkan biaya peluang memegang aset yang tidak memberikan imbal hasil. Harganya menyentuh level tertinggi pada awal Februari 2023—tertinggi sejak April 2022. Namun, emas berbalik melemah. 

Harga emas Treasury hari ini turun 0,13 persen ke Rp942.982 per gram, mendekati level terendah dalam sebulan terakhir. Setelah berada di titik tertinggi hari ini, yaitu Rp926.838, emas langsung beringsut. Bagaimana dengan harganya di pasar spot? Harga emas memang sempat naik 0,6 persen ke US$1.828,28 per ons usai terjun ke posisi terbawah di US$1.804,2 sejak akhir Desember 2022. Emas berjangka AS pun ikut naik 0,7 persen ke US$1.836,7 per ons.

“Orang menggunakan posisi terendah sebagai kesempatan untuk membeli emas,” kata Ahli Strategi Pasar Senior RJO Futures, Daniel Pavilonis. Menurut Pavilonis, dalam beberapa minggu ke depan, dolar dan imbal hasil surat utang pemerintah AS mendukung emas. Kemudian logam mulia itu akan tergelincir karena Federal Reserve terus menaikkan suku bunga. Alhasil, instrumen berisiko rendah ini akan terus turun ke level US$1.700 per ons.

Dolar AS yang naik menjadikan emas lebih mahal bagi pembeli dengan mata uang lainnya. Penguatan mata uang yang dihargakan greenback, mendorong logam tersebut ke jalur penurunan bulanan dalam empat bulan.

 

Bisa Jatuh ke Level US$1.700 

Salah seorang pejabat Fed, Phillip Jefferson, tidak melihat perjuangan bank sentral AS melawan inflasi akan segera berakhir. Analis eksternal di Kinesis Money, Carlo Alberto De Casa, mengatakan emas masuk ke masa suram karena pasar berekspektasi suku bunga Fed akan lebih tinggi dalam durasi lebih lama. “Kalau inflasi terus meningkat, emas mungkin jatuh ke US$1.730-US$1.740,” kata De Casa. Pasar  beralih ke dari sikap optimis suku bunga akan turun, menjadi akan naik lebih tinggi dalam waktu yang lebih lama. Ahli Strategi Komoditas TD Securities, Daniel Ghali, mengatakan data makro turut memberikan peluang suku bunga akan naik lebih tinggi. “Data pertumbuhan dan inflasi yang tangguh telah membuat pasar berubah haluan dari ekspektasi pemotongan suku bunga Fed,” kata Ghali. 

Kepala Strategi BBH Global Currency, Win Thin, mengatakan inflasi yang sulit ditaklukkan akan menambah kecemasan bahwa Fed akan jauh lebih agresif daripada yang diperkirakan sebelumnya. “Kondisi moneter global akan terus mengetat. Gagasan pelonggaran 2023 oleh bank sentral utama harus dihentikan,” kata Thin. Dia mencontohkan Perancis dan Spanyol yang mengumumkan inflasi tahunan yang tinggi. Inflasi Januari 2023 di Perancis mencapai 7,2 persen dan Spanyol 6,1 persen.

Pasar pun tidak mengesampingkan peluang kenaikan suku bunga Fed akan kembali ke 50 basis poin. Menurut CME FedWatch Tool, ada kemungkinan 23 persen untuk suku bunganya naik 50 basis poin.

Menurut analis senior OANDA, Craig Erlam, dukungan emas ada di level US$1.780-US$1.800 per ons. Analis Standard Chartered, Suki Cooper, menambahkan, kalau emas ingin terbang, ada dua dukungan yang diperlukan, yaitu pembelian bank sentral dan permintaan emas fisik yang kuat.

 

Tertarik Investasi Emas?

Kamu tertarik untuk berinvestasi emas, Sobat Treasury? Logam mulia ini punya keunggulan-keunggulan yang terkenal sejak zaman dahulu, lho! Terkenal sebagai logam yang tahan karat, nilai emas ini nggak tergerus inflasi. Harganya pun cenderung stabil dan naik setiap tahun. 

Kamu juga bisa menjualnya kapan pun sedang butuh. Tak mengherankan orang menjadikan emas sebagai dana darurat. Bicara tentang investasi emas, Treasury menjadi tempat yang pas untuk kamu. Platform emas digital ini menawarkan harga yang sangat terjangkau, mulai dari Rp5 ribu. Lebih murah daripada segelas es kopi kekinian, kan?

Treasury juga menawarkan fitur-fitur menarik seperti Rencana Emas yang siap membantumu untuk merencanakan keuangan. Kamu juga bisa mewariskan emas digital kepada orang-orang tersayang. 

Menariknya, Sobat tidak hanya bisa membeli emas digital, tetapi juga yang berbentuk fisik seperti perhiasan dan koin emas Koin Nusantara. Menarik, kan? Tunggu apa lagi? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!