Harga Emas Menguat karena Dolar AS Turun



Harga emas menguat karena dolar AS melemah. Turunnya indeks dolar AS yang dihargakan greenback menjadikan logam mulia itu lebih murah bagi pembeli dengan mata uang lainnya.

Harga emas spot menguat 0,3 persen menjadi US$1.816,83 per ons. Emas berjangka AS pun naik 0,4 persen ke US$1.823,90 per ons. Harga emas Treasury hari ini justru turun 0,19 persen ke Rp919.311 per gram. Usai berada di Rp920.906, harganya terus turun. Emas sempat menyentuh level terendah hari ini di Rp919.163 per gram. 

Indeks dolar AS turun 0,51 persen ke 104,677. Dolar AS melemah setelah mencapai puncak tujuh minggu. Kepala Strategi Pasar Komoditas TD Securities, Bart Melek, menilai emas punya dukungan di US$1.806 per ons. Tapi, harganya merosot karena inflasi lebih tinggi daripada perkiraan dan data ekonomi terus menguat.Harga logam tersebut mencapai level tertinggi sejak April 2022 pada bulan ini. Tapi, turun lebih dari 7 persen setelah serangkaian data AS memperlihatkan ekonomi yang kuat.

Data ekonomi pada Jumat memperlihatkan belanja konsumen AS meningkat tajam hampir dua tahun. Menurut data Departemen Perdagangan AS, pesanan baru untuk barang tahan lama, turun 4,5 persen ke US$272,3 miliar pada Januari 2023 setelah naik 5,1 persen pada Desember 2022. Penurunan ini merupakan yang kedua kalinya dalam tiga bulan terakhir. Lalu, data National Association of Realtors (NAR) memperlihatkan indeks penjualan rumah tertunda naik 8,1 persen ke 82,5 pada Januari 2023. Ini merupakan kenaikan terbesar sejak Juni 2020. 

Inflasi tahunan AS pun melebihi harapan. Pasar berekspektasi angkanya mencapai 6,2 persen pada Januari 2023. Nyatanya, inflasi di sana justru menyentuh 6,4 persen pada bulan lalu, lebih rendah daripada Desember 2022 yang mencapai 6,5 persen.

Data-data tersebut menambah kecemasan pasar tentang peluang Fed menaikkan suku bunga hingga musim panas.

 

Harga Emas Butuh Dua Pendukung Utama

Dua pendorong utama yang dibutuhkan emas untuk menghentikan aksi jualnya adalah permintaan fisik yang kuat dan minat berkelanjutan terhadap logam mulia dari bank sentral.

“Pertama, permintaan dari China. Kedua, permintaan dari sektor resmi,” kata analis dari Standard Chartered, Suki Cooper. Dia melanjutkan, ada satu kekhawatiran bahwa permintaan dari China bisa saja melambat. Negeri Tirai Bambu itu menambahkan cadangan emasnya sebanyak 15 ton ke bank sentral. Angkanya lebih rendah daripada permintaan pada November dan Desember 2022 yang mencapai 62 ton. “Pembelian yang dilaporkan lebih lambat dari China bisa membebani sentimen,” kata Cooper.

Impor bersih China dari Hong Kong juga melemah 47 persen ke 23 ton pada Januari, menurut data Departemen Sensus dan Statistik Hong Kong. Permintaan emas fisik dari India pun ikut turun. Impornya terjun 76 persen menjadi 11 ton pada Januari 2023. Penyebabnya adalah kenaikan harga lokal dan biaya impor yang lebih tinggi. Menurut Cooper, harga emas lokal di India mulai turun. Tapi, harganya masih tinggi, yaitu lebih dari 56 ribu rupee per 10 gram. “Secara historis, ini menjadi penghalang bagi selera konsumen,” kata dia.

 

Perkiraan Suku Bunga Fed 

Cooper mengatakan level dukungan emas ada di US$1.788 per ons. Dia memperkirakan harga emas berisiko turun pada semester II 2023.

Dari perspektif makro, Standard Chartered memproyeksi ada dua kenaikan suku bunga sebanyak 25 basis poin pada Maret dan Mei 2023. Bank ini juga memperkirakan ada penurunan sebanyak 25 basis poin pada paruh kedua tahun ini. Kemudian, ada tiga pemangkasan suku bunga pada 2024 karena ekonomi melambat dan inflasi surut. 

“Risalah Fed yang cenderung lebih hawkish dan beberapa pejabat mendukung kenaikan suku bunga 50 basis poin,” kata dia.

 

Tertarik Investasi Emas?

Kamu tertarik untuk berinvestasi emas, Sobat? Logam mulia ini punya keunggulan-keunggulan yang terkenal sejak zaman dahulu, lho! Terkenal sebagai logam yang tahan karat, nilai emas ini nggak tergerus inflasi. Harganya pun cenderung stabil dan naik setiap tahun.

Kamu juga bisa menjualnya kapan pun sedang butuh. Tak mengherankan orang menjadikan emas sebagai dana darurat. Bicara tentang investasi emas, Treasury menjadi tempat yang pas untuk kamu. Platform emas digital ini menawarkan harga yang sangat terjangkau, mulai dari Rp5 ribu. Lebih murah daripada segelas es kopi kekinian, kan?

Treasury juga menawarkan fitur-fitur menarik seperti Rencana Emas yang siap membantumu untuk merencanakan keuangan. Kamu juga bisa mewariskan emas digital kepada orang-orang tersayang. Menariknya, Sobat tidak hanya bisa membeli emas digital, tetapi juga yang berbentuk fisik seperti perhiasan dan koin emas Koin Nusantara. Menarik, kan? Tunggu apa lagi? Yuk download Treasury sekarang!