Harga Emas Loyo karena Pasar Cemas Suku Bunga Fed Bakal Naik 50 Bps



Harga emas kembali melemah dan bergerak di bawah US$1.850 per ons. Penurunan logam mulia itu disebabkan oleh kekhawatiran pasar terhadap peluang kenaikan suku bunga Fed sebanyak 50 basis poin.

Harga emas dunia di pasar spot turun 0,11 persen ke US$1.848,2 per ons. Sementara itu, harga emas Treasury hari ini melemah 0,28 persen ke Rp927.231 per gram. Dibandingkan dengan minggu lalu, harganya juga turun 0,12 persen.

Sekadar informasi, para pejabat Federal Reserve bersiap-siap untuk memperpanjang periode kenaikan suku bunga Fed yang tinggi. Ini termasuk kenaikan suku bunga Fed sebanyak 50 basis poin pada Maret 2023. Alasannya, bank sentral AS tidak bisa mempertahankan untuk menekan inflasi yang meningkat.

Pejabat Federal Reserve, Michelle Bowman, menilai perlu untuk menaikkan suku bunga Fed lebih banyak hingga ada kemajuan yang lebih banyak dalam menekan inflasi. “Inflasi masih terlalu tinggi,” kata Bowman. Pejabat Fed lainnya, Tom Barkin, mengatakan kenaikan suku bunga lebih banyak diperlukan untuk mengendalikan inflasi.

Ditambah lagi, pasar emas juga bereaksi terhadap data ekonomi yang kuat. Penguatan data menunjukkan lebih banyak pengetatan oleh Federal Reserve. Data ekonomi juga menunjukkan bahwa inflasi turun lebih lambat daripada yang diperkirakan, sementara ekonomi AS cukup kuat dan membuka peluang lebih lebar untuk kenaikan suku bunga Fed.

Menurut analis FXTM, Lukman Otunaga, mengatakan inflasi yang lambat turun dan pandangan hawkish dari Fed menjadikan harga emas bergerak di kisaran US$1.850 per ons. Dolar AS yang menguat karena kenaikan suku bunga Fed bisa menambah tekanan pada logam mulia. Menurut penjelasan Otunaga, penjualan emas ritel Januari naik 3 persen dibandingkan ekspektasi sebanyak 1,8 persen. Lalu, aktivitas pabrik di New York, AS, mengalami kontraksi selama tiga bulan berturut-turut dengan kecepatan yang lebih lambat.

ni terjadi setelah angka inflasi AS diketahui melambat dari 6,5 persen pada Desember 2022 menjadi 6,4 persen pada Januari 2023. Angkanya pun melampaui ekspektasi pasar yang sebanyak 6,2 persen. Otunaga mengatakan inflasi melambat dan tidak secepat yang diperkirakan oleh investor. Alhasil, taruhan kenaikan suku bunga Fed pun kembali muncul. Dolar AS pun bisa ikut melesat dalam jangka pendek.

Komentar sejumlah pembicara Fed yang cenderung hawkish pun ikut menaikkan ekspektasi ada kenaikan suku bunga lebih lanjut. Pimpinan Fed di Dallas, Lorie Logan, mengatakan Fed harus bersiap-siap untuk melanjutkan kenaikan suku bunga dalam periode yang lebih lama karena pasar tenaga kerja sangat kuat. Pimpinan Fed Philadelphia, Patric Harker, juga berpendapat pembuat kebijakan perlu menaikkan suku bunga di atas 5 persen.

Analis pasar Kinesis Money, Rupert Rowling, mengatakan kenaikan suku bunga yang harus dilakukan oleh Fed, bisa mempengaruhi penentuan harga emas di pasar. “Prospek kenaikan suku bunga mengurangi daya tarik logam mulia karena tidak menghasilkan imbal hasil bagfi pemegangnya,” kata Rowling.

Menurut analis pasar OANDA, Edward Moya, data ekonomi yang kuat memperkecil kemungkinan hard landing. Investor, kata Moya, mengantisipasi skenario hard landing bisa mengganggu aset berisiko dan mendorong harga emas. “Sekarang, skenario hard landing tidak akan pernah terjadi,” kata dia.

Penurunan harga emas juga disebabkan oleh kurangnya pembeli. Ahli Strategi Komoditas Senior, Daniel Ghali, mengatakan Turki menyetop impor emas setelah terjadi gempa besar. Dalam jangka pendek, Australia and New Zealand Banking Group (ANZ), memprediksi harga emas bisa turun di bawah US$1.800 per ons.

 

Tertarik investasi emas? 

Sobat Treasury kini nggak perlu lagi repot ke toko untuk membeli emas, tetapi bisa melalui aplikasi smartphone. Aplikasi emas digital Treasury pilihan tepat untuk investasi! Harganya pun sangat terjangkau, mulai dari Rp5 ribu.

Selain itu, ada banyak keuntungan dari Treasury. Misalnya, jaminan kepemilikan emas di PT Untung Bersama Sejahtera (UBS) sesuai dengan gramasi yang dimiliki. Legalitas dan keamanan aplikasi ini terjamin karena sudah terdaftar di otoritas terkait.

Fitur-fitur Treasury pun tidak kalah menarik. Kamu bisa mencetak emas digital menjadi logam mulia batangan melalui Cetak Emas. Kamu juga bisa merencanakan keuangan dengan Rencana Emas, lho!

Apa lagi keuntungan-keuntungan yang ditawarkan Treasury? Yuk download aplikasi Treasury sekarang untuk cari tahu jawabannya.