Dolar AS Melemah, Harga Emas Dunia Perlahan Bangkit Lagi



Harga emas dunia naik pada perdagangan kemarin didukung oleh melemahnya dolar, karena investor tetap berharap akan adanya penurunan suku bunga oleh The Federal Reserve (The Fed) pada bulan Juni mendatang meskipun laporan inflasi AS sedang panas, sementara meningkatnya ketegangan geopolitik membuat permintaan safe-haven emas batangan tetap tinggi.

Pada perdagangan Rabu (13/3/2024) harga emas di pasar spot ditutup menguat 0,76% di posisi US$ 2.174,4 per troy ons. Kenaikan ini terjadi usai harga jatuh lebih dari 1% pada hari sebelumnya. Sedangkan pada perdagangan pagi ini harga emas masih bergerak terbatas.  Indeks dolar AS turun 0,2 persen pada perdagangan kemarin. Pelemahan dollar AS itu membuat harga emas menjadi lebih murah bagi pemegang mata uang lainnya, sehingga meningkatkan minat pada emas. 

Pelaku pasar juga masih melihat bank sentral Amerika Serikat (AS) Federal Reserve pasti menurunkan suku bunga acuan tahun ini. Namun memang belum bisa dalam waktu dekat karena inflasi yang masih panas.

Pada Februari, terjadi inflasi 0,4% dibandingkan bulan sebelumnya (month-to-month/mtm). Sama dengan Januari, dan sedikit di atas konsensus pasar yang memperkirakan di 0,3%. Sementara inflasi tahunan (year-on-year/yoy) pada Februari tercatat 3,2%. Angka inflasi tersebut lebih tinggi dari  Januari yang sebesar 3,1% dan ekspektasi pasar di angka yang sama. Sedangkan inflasi inti secara tahunan pada Februari ada di 3,8%. Lebih rendah ketimbang Januari yang sebesar 3,9%, tetapi lebih tinggi dibandingkan perkiraan pasar yaitu 3,7%.

Inflasi yang lebih tinggi dari perkiraan berarti lebih banyak tekanan pada The Fed untuk mempertahankan suku bunga tetap tinggi, sehingga membebani aset-aset yang tidak memberikan imbal hasil seperti emas. Logam mulia juga digunakan sebagai lindung nilai terhadap inflasi. Sehingga kondisi inflasi tersebut membuat harga emas batangan pada hari Selasa mundur dari rekor tertingginya pada minggu lalu, mencatat penurunan satu hari terburuk sejak 13 Februari, setelah sebuah laporan menunjukkan harga konsumen AS juga meningkat tajam pada bulan Februari, yang mengindikasikan adanya kekakuan dalam inflasi.

Selain dipengaruhi pelemahan dolar AS dan ekspektasi kebijakan suku bunga, memanasnya konflik geopolitik juga turut mempengaruhi pergerakan harga emas, baik konflik di Timur Tengah maupun Eropa. Di Timur Tengah, saat ini Israel dan Hizbullah, kelompok bersenjata yang berlokasi di Lebanon melakukan saling serang. Sementara di Eropa, mulai memanas kembali konflik perang antara Rusia dan Ukraina.

Menurut FedWatch Tool dari CME Group, para pelaku pasar terus bertaruh pada penurunan suku bunga bulan Juni mendatang, memperkirakan peluang sekitar 65% dibandingkan dengan 72% sebelum data CPI dirilis. Fokus saat ini tertuju pada penjualan ritel AS, indeks harga produsen, dan klaim pengangguran awal mingguan, yang semuanya akan dirilis pada hari Kamis waktu AS.

 

 

Saatnya Investasi Emas, Mulai dari Rp5.000-an  

Sobat Treasury, tren naik turunnya harga emas harian tak perlu dikhawatirkan karena secara akumulatif pasti ada tren kenaikan setiap tahunnya, karena idealnya harga emas memang investasi jangka menengah dan jangka panjang. Kini, Sobat bisa membeli emas dengan mudah dan murah, mulai dari Rp5 ribu di Treasury!

Jangan khawatir dengan legalitas dan keamanan Treasury. Treasury, merupakan pedagang emas fisik digital pertama yang berlisensi BAPPEBTI.  Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna. Treasury Merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka. Transaksinya pun aman karena merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka yang diawasi oleh BAPPEBTI. 

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa punya tabungan emas berjangka dengan bunga  s.d 9% p.a di Panen Emas. Atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah, pencairan dananya cepat lho! Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini!

Menarik banget, kan? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!