Harga Emas Jatuh karena Suku Bunga Fed Berpeluang Makin Tinggi



Harga emas jatuh karena investor bersiap-siap untuk kenaikan suku bunga lebih lanjut. Pasar kini fokus kepada data inflasi yang akan dirilis minggu depan. Data ini bisa menjadi faktor yang penting untuk rencana kebijakan moneter Federal Reserve.

Harga emas Treasury hari ini melemah 0,69 persen ke Rp935.462 per gram. Padahal, selama seminggu, harganya naik 0,6 persen dan menyentuh level tertinggi di Rp944.592 pada 7 Februari 2023 dan terendah di Rp934.861 pada 3 Februari 2023.

Dibandingkan dengan dua minggu sebelumnya, logam mulia itu justru terjun 2,71 persen. Setelah bertengger di Rp963.923 pada 31 Januari 2023, emas terguling ke Rp934.861 pada 3 Februari 2023. Harga emas spot turun 0,5 persen ke US$1.86,6 per ons. Emas berjangka AS pun ikut melemah 0,7 persen ke US$1.878,5 per ons.

Pasar mencerna komentar bank sentral dan jumlah kenaikan suku bunga lebih lanjut, menurut Kepala Strategi Pasar Blue Line Futures, Phillip Streible. Beberapa pejabat Fed mengatakan ada kemungkinan kenaikan suku bunga lebih banyak pun semakin besar. Hal ini disebabkan oleh bank sentral AS sedang mempelajari dampak kebijakan moneter terhadap ekonomi dan inflasi yang melambat.

Kini, pasar berekspektasi puncak kenaikan suku bunga Fed akan ada di 5,1 persen pada Juli 2023—lebih tinggi 25 basis poin daripada minggu lalu. Indeks dolar turun 0,6 persen dan membuat emas lebih murah bagi pembeli dengan mata uang lainnya. Akan tetapi, imbal hasil surat utang bertenor 10 tahun menguat dan membebani emas.

“Satu minggu ke depan, dari Valentine, tidak akan ada cinta untuk pasar,” kata analis senior OANDA, Edward Moya. Pelemahan emas telah memupus harapan banyak orang yang memperkirakan harganya akan melesat. Menurut analis City Index, Matt Simpson, emas memasuki fase konsolidasi. “Artinya, emas akan diperjualbelikan dalam range yang tipis,” kata Simpson.

 

Yang Terjadi Selama Sepekan

Pertama, pada awal pekan, harga emas melemah karena data ketenagakerjaan AS menguat. Pekerjaan AS bertambah 517 ribu posisi pada Januari 2023—naik hampir dua kali lipat dari Desember 2022. Tingkat pengangguran turun ke level 3,4 persen—level terendah sejak 1969. Kondisi ini menunjukkan pasar tenaga kerja terus-menerus ketat. Analis pun memperkirakan Fed masih akan tetap melanjutkan kebijakan moneter yang ketat. Ditambah lagi, investor cemas karena masih ada risiko ekonomi yang melambat.

Kedua, AS terlilit masalah hutang dan membuat investor cemas. Pinjaman AS sudah menyentuh plafon yang ditetapkan Undang-Undang, yaitu US$31,4 triliun. Pemerintah AS pun sedang mengajukan kenaikan plafon utang. Pemerintah AS pun sedang bersusah payah melunasi pinjamannya. Pimpinan Bank of America mengingatkan ada risiko gagal bayar pinjaman. Ini semakin membuat investor tertarik kepada emas. Investor yang cemas, semakin mengerek harga loga mulia.

Ketiga, komentar disinflasi dari Gubernur Federal Reserve, Jerome Powell. Powell mengatakan proses disinflasi tengah berlangsung dan makan waktu yang lama untuk menekan inflasi ke level 2 persen. Selain disinflasi, dia juga berkomentar tentang utang AS. Powell menyebut Kongres harus menaikkan plafon utang tepat waktu jika tidak mau gagal bayar. Ini yang membuat harga emas menguat.

Keempat, harga emas menguat karena didukung oleh pembelian bank sentral dan investor yang menanti data-data ekonomi berikutnya. Untuk pembelian bank sentral, World Gold Council mencatat ada 28 ton pada Desember 2022. Total pembelian sepanjang 2022 mencapai 1.136 ton emas.

 

Mau Beli Emas?

Tertarik investasi emas? Sobat Treasury kini nggak perlu lagi repot ke toko untuk membeli emas, tetapi bisa melalui aplikasi smartphone. Aplikasi emas digital seperti Treasury bisa dijadikan pilihan. Harganya pun sangat terjangkau, mulai dari Rp5 ribu.

Selain itu, ada banyak keuntungan dari Treasury. Misalnya, jaminan kepemilikan emas di PT Untung Bersama Sejahtera (UBS) sesuai dengan gramasi yang dimiliki. Legalitas dan keamanan aplikasi ini terjamin karena sudah terdaftar di otoritas terkait.

Fitur-fitur Treasury pun tidak kalah menarik. Kamu bisa mencetak emas digital menjadi logam mulia batangan melalui Cetak Emas. Kamu juga bisa merencanakan keuangan dengan Rencana Emas, lho!

Apa lagi keuntungan-keuntungan yang ditawarkan Treasury? Yuk download aplikasi Treasury sekarang untuk cari tahu jawabannya.