Harga Emas Tiarap Setelah Fed Lempar Sinyal Suku Bunga Bakal Naik di Atas 5 Persen



Harga emas berbalik melemah karena isyarat dari bank sentral AS. Pejabat Federal Reserve mengisyaratkan suku bunga acuan Fed harus lebih tinggi secepatnya.

Meskipun tiarap, logam mulia ini tetap bertahan di US$1.900 per ons. Harga emas Treasury hari ini turun 0,12 persen ke Rp958.216 per gram. Dibandingkan dengan kemarin, harganya melorot 0,26 persen. Sedangkan Harga emas dunia di pasar spot berkurang 0,2 persen ke US$1.904,84 per ons setelah sempat menyentuh level terendah di US$1.896,32 per ons. Emas berjangka AS pun beringsut 0,2 persen ke US$1.907 per ons. 

“Kami akan mengalami koreksi yang lebih besar di sini,” kata Ahli Strategi Pasar Senior RJO Futures, Daniel Pavilonis. Pimpinan Federal Reserve St. Louis, James Bullard, mengatakan suku bunga Fed harus segera naik di atas 5 persen secepat mungkin. Pimpinan Fed Cleveland, Loretta Mester, juga mengatakan hal yang serupa. Ini berbeda dengan pendapat para analis. Mereka justru berpendapat bahwa Federal Reserve akan melambatkan laju kenaikan suku bunganya melihat dari ada bukti baru lagi bahwa inflasi melambat.

Dari data ekonomi AS, harga produsen di sana naik 6,2 persen pada Desember 2022—turun dari November 2022 yang mencapai 7,3 persen. Penurunan angka indeks harga produsen disebabkan oleh biaya bahan bakar dan makanan turun. Sementara itu, penjualan ritel AS mendingin pada Desember, turun 1,1 persen secara tahun ke tahun. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa inflasi melambat. Ini akan menguatkan ekspektasi pasar kalau bank tersebut akan memperlambat kenaikan suku bunga acuannya.

Kedua laporan ini mengangkat harga emas, tetapi terhambat oleh tekanan aksi ambil untung, menurut Wyckoff.  

CEO AXS Investments, Greg Bassuk, mengatakan Federal Reserve terus bersikap hawkish sepanjang 2022 untuk menaikkan suku bunga acuannya. Bank sentral itu ingin menekan inflasi hingga berada di angka 2 persen. Angka Indeks Harga Produsen Desember bisa menjadi pertanda yang bagus untuk melonggarkan kebijakan moneter ketat belakangan ini. Kini, taruhan pedagang terhadap kenaikan suku bunga naik 25 basis poin, sebesar 91,6 persen. Mereka berharap ada penurunan laju kenaikan dari 50 basis poin ke 25 basis poin pada Februari 2023.

“Kekhawatiran resesi dan keputusan kebijakan Fed akan menjadi katalis utama harga dalam waktu dekat,” kata Kepala Riset Komoditas Geojit Financial Services, Hareesh V. CEO Citigroup Inc, Jane Fraser, mengatakan Federal Reserve bakal memperlambat laju kenaikan suku bunga pada akhir musim semi atau awal musim panas. Suku bunga yang lebih rendah akan menguntungkan emas karena bisa menurunkan biaya peluang memegang aset yang tidak memberikan imbal hasil.

 

Mengapa emas sering dilirik sebagai aset?

Logam mulia itu punya banyak kelebihan yang membuat investor melirik. Misalnya, nilainya aman dari inflasi dan harganya cenderung stabil ketika ekonomi sedang buruk. Malah, harga emas naik setiap tahun. Ditambah lagi, emas juga merupakan instrumen yang mudah sekali dijual alias cair banget. Nggak heran banyak orang menjadikan emas sebagai instrumen dana darurat.

 

Beli Emas Gampang Banget 

Sobat Treasury pun bisa membeli emas dengan sangat mudah. Melalui smartphone, kamu bisa membelinya secara online. Aplikasi emas digital seperti Treasury bisa dijadikan pilihan investasi, bisa beli Emas mulai dari Rp5 ribu.

Tidak hanya itu, Treasury juga menawarkan banyak keuntungan. Selain jaminan kepemilikan emas di PT Untung Bersama Sejahtera (UBS) sesuai dengan gramasi, keamanan aplikasi ini terjamin karena menggunakan double verification, yaitu password dan PIN. Treasury merupakan pedagang emas fisik digital pertama yang berlisensi BAPPEBTI. Merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka Transaksinya pun aman karena merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka yang diawasi oleh BAPPEBTI. Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna.

Kamu juga bisa menghadiahi orang-orang tersayang dengan emas untuk kado Imlek dengan fitur Hadiah Emas. Sudah dilengkapi dengan desain menarik dan kamu dapat memberikannya untuk orang tersayang!  

Bagaimana? Menarik, kan? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!