Sinyal Hijau Kenaikan Suku Bunga Fed Melambat, Harga Emas Makin Glowing



Harga emas naik mendekati level tertinggi tujuh bulan setelah mendapat kabar baik dari Federal Reserve. Risalah pertemuan bank sentral AS memberikan kabar baik bagi logam mulia. Semua pembuat kebijakan memang berkomitmen untuk perang dengan inflasi dan sepakat untuk memperlambat kenaikan suku bunga tahun ini.

Harga emas dunia di pasar spot naik 0,93 persen ke US$1.855,55 per ons. Logam mulia itu naik 1,4 persen dari posisi 13 Juni 2022. Emas berjangka AS menguat 0,7 persen ke US$1.859 per ons. Sementara itu, harga emas Treasury hari ini berada di level Rp961.755 per gram. Selama tujuh bulan, harganya naik 8,03 persen. 

Menurut risalah, para pejabat berpendapat telah membuat kemajuan signifikan selama setahun terakhir dalam menaikkan suku bunga yang cukup tajam. Kebijakan tersebut telah menurunkan angka inflasi. Hal ini diutarakan dalam rapat pertemuan pada 13-14 Desember 2022. Sekadar informasi, selama periode itu, suku bunga acuan naik 425 basis poin. Para pejabat ini juga menyetujui untuk memperlambat laju kenaikan suku bunga. Mereka khawatir memukul kelompok masyarakat yang paling rentan dengan kebijakan yang agresif.

Suku bunga yang lebih tinggi cenderung membebani emas yang tidak memberikan imbal hasil. Akan tetapi, risalah tersebut juga menurunkan indeks dolar AS sebanyak 0,25 persen. Turunnya dolar AS menjadikan emas lebih murah bagi pembeli luar negeri. Sebaliknya, imbal hasil surat utang pemerintah bertenor 10 tahun naik sedikit. 

Para pejabat Fed juga menekankan perlunya mempertahankan fleksibilitas dan pilihan untuk memindahkan kebijakan ke tingkat yang lebih ketat. Ada kemungkinan suku bunga Fed akan naik sebanyak 25 basis poin pada 31 Januari-Februari 2023. Tapi, bisa naik lebih tinggi kalau inflasi masih berlanjut.

 

Memang Ada Kemungkinan Suku Bunga Bisa Lebih Tinggi 

Gubernur Federal Reserve, Jerome Powell, mengatakan bank sentral AS perlu mempertahankan suku bunga acuan lebih tinggi dan semakin sempit landasan untuk soft landing. “Saya pikir tidak ada yang tahu apakah kita akan mengalami resesi atau tidak. Jika melakukannya, ini akan menjadi resesi atau tidak, ini tidak bisa diketahui,” kata Powell kepada wartawan setelah pertemuan Federal Open Market Committee pada Desember tahun lalu. 

Fed Fund Futures bertaruh bank sentral itu akan mengerek suku bunga acuan sebanyak 50 basis poin lagi beberapa bulan mendatang, lalu berhenti di angka 5 persen. Kemudian, muncul perkiraan median terbaru untuk 2023. Ini menunjukkan bahwa suku bunga bisa naik menjadi 5,1 persen. Federal Reserve juga mengharapkan PDB riil mencapai 0,5 persen pada 2023 dan inflasi melambat jadi 3,1 persen pada 2023.

 

Bisa Bergerak di Level US$1.800-US$1.900

Pedagang senior di Heraeus Precious Metals, Tai Wong, mengatakan harga emas sangat stabil. Padahal, risalah Fed menyatakan dengan jelas bahwa suku bunga acuan akan terus naik dan tidak turun pada tahun ini. “(Ini) bertentangan dengan harga pasar,” kata Wong. Wong melanjutkan, harga emas bisa turun kalau pembelian agresif memudar di Asia dan Eropa. Dia memperkirakan harganya bisa bergerak di US$1.800-US$1.900 per ons. 

Sebelumnya, analis memprediksi harga emas bisa meroket hingga US$4 ribu. Pemicunya berasal dari potensi resesi dan kebijakan suku bunga Fed yang melonggar. Ditambah lagi ada risiko ketegangan geopolitik yang masih ada tahun ini. 

Alhasil, investor melirik emas sebagai aset safe haven karena harganya cenderung stabil ketika perekonomian memburuk. Harganya pun bisa naik setiap tahun.

 

Instrumen ini juga tergolong sangat likuid alias gampang dijual sehingga bisa dijadikan dana darurat. Emas pun mudah sekali ditemukan. Tak hanya di toko, kamu juga bisa mendapatkannya melalui aplikasi emas digital seperti Treasury.

 

Mau Harga Emas Mulai dari Rp5 Ribu?

Harga emas Treasury sangat terjangkau, mulai dari Rp5 ribu. Lebih terjangkau dan murah daripada sepiring ketoprak, kan?

Sobat Treasury juga mendapatan banyak keuntungan dari Treasury seperti jaminan emas di PT Untung Bersama Sejahtera (UBS), bisa menjaminkan emas di fitur Jamimas, serta mengirimkan logam mulia ini ke orang-orang tersayang.