Harga Emas Terpeleset setelah Tiga Hari Menguat



Setelah tiga hari menguat, emas tergelincir. Penurunan harga emas ini disebabkan oleh dolar AS yang melonjak dan imbal hasil surat utang pemerintah AS.

Keduanya menguat menjelang dirilisnya data ketenagakerjaan AS. Sekadar informasi, data ini bisa berpengaruh terhadap kebijakan kenaikan suku bunga The Fed.

Di pasar spot, harga emas melorot 0,6 persen ke US$1.715,99 per ons setelah bertengger di level tertinggi di US$1.729,39 per ons. Emas berjangka AS pun ikut turun 0,6 persen ke US$1.720,80 per ons. Sementara itu, di Treasury, harga emas berada di level Rp870.884. Selama sebulan, harga emas naik 3,02 persen.

Direktur Perdagangan Logam High Ridge Futures, David Meger, mengatakan dolar dan imbal hasil bangkit dan membuat harga emas melemah setelah logam kuning ini bergerak cukup agresif selama beberapa sesi terakhir.

Kenaikan dolar AS sebanyak 1 lebih dari 1 persen membuat emas jadi lebih mahal bagi pembeli dengan mata uang asing. Imbal hasil surat utang pemerintah AS yang bertenor 10 tahun pun ikut naik.

Data ketenagakerjaan menunjukkan rekrutmen tenaga kerja di perusahaan swasta di AS naik pada September 2022. Hal ini menunjukkan permintaan untuk pekerja tetap kuat walaupun suku bunga meningkat dan kondisi keuangan yang lebih ketat.

Kini, fokusnya bergeser ke data pembayaran non pertanian. Data September 2022 ini akan dirilis oleh Departemen Tenaga Kerja AS pada Jumat ini.

Meger menyebut Federal Reserve sangat fokus kepada pasar tenaga kerja. Analis melihat bidang manufaktur sedikit melambat. “Kalau kita melihat jumlah tenaga kerja lebih baik daripada yang dikira, ini bisa mengecewakan harga emas,” kata dia.

Sekadar informasi, emas memang sangat sensitif terhadap kenaikan suku bunga acuan The Fed. Suku bunga yang tinggi bisa meningkatkan biaya peluang untuk memegang emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil.

 

Logam Mulia Juga Ikut Turun

Penurunan harga emas juga berpengaruh kepada harga logam-logam mulia lainnya. Di pasar spot, harga perak melemah 2,7 persen menjadi US$20,54 per ons, platinum turun 1,5 persen ke US$915,07 per ons, dan paladium merosot 2,8 persen ke US$2.250,67 per ons. “Perak sebelumnya dinilai terlalu rendah daripada emas. Karena nilainya terlalu rendah, kini pelemahan harganya tidak begitu terasa,” kata analis Commerzbank dalam sebuah catatan.

 

Diprediksi Tembus US$1.735 

Analis City Index, Matt Simpson, mengatakan harga emas bisa menembus level resistance di US$1.735 per ons kalau data ketenagakerjaan AS lemah. Disebutkan bahwa pasar emas sangat sensitif terhadap data tenaga kerja.

Berdasarkan laporan ketenagakerjaan nasional AS, survei pemerintah menunjukkan lowongan pekerjaan di AS turun paling besar dalam hampir 2,5 tahun pada Agustus 2022. Ini mengisyaratkan pasar tenaga kerja “mendingin”. Data ketenagakerjaan itu akan diikuti oleh data pembayaran non pertanian yang akan dirilis pada Jumat. Kalau meleset, pedagang emas akan menilai non farm payroll akan lemah pada Jumat. Data tersebut bisa melemahkan dolar AS dan menguatkan emas karena pedagang emas semakin bersemangat tentang poros The Fed.

Ini menandakan emas bisa kembali menguat setelah “terpeleset”. Ditambah lagi, ke depannya, prospek emas masih bersinar karena ada bebeapa faktor penguat harga emas, seperti resesi global dan konflik Rusia-Ukraina.

Sobat Treasury ingin membeli emas? Kini, kamu tak perlu repot pergi ke toko untuk membeli logam mulia. Kamu bisa membeli emas melalui smartphone. Aplikasi emas digital seperti Treasury bisa dijadikan pilihan. Mulai dari Rp5 ribu, kamu bisa langsung mengantongi emas. Lebih murah daripada segelas es campur durian!

 

Banyak keuntungan yang kamu dapatkan investasi emas di Treasury.

Jaminan kepemilikan Logam Mulia di UBS (PT Untung Bersama Sejahtera), sesuai dengan gramasi emas yang Kamu miliki di aplikasi Treasury. Kamu bisa mencetaknya menjadi Logam Mulia (emas fisik) mulai dari 0,1 gram, kapanpun kamu membutuhkan, atau mencairkannya menjadi uang tunai hanya dalam 2x24 jam.

Lebih dari itu, kamu juga bisa mewariskan investasi emas, membuat rencana masa dengan fitur Rencana Emas, transfer emas, serta membeli berbagai koleksi perhiasan terbaru dari UBS Lifestyle. Makanya, download aplikasi Treasury sekarang!