Mantap! Harga Emas Naik Lagi!



Harga emas lanjut menguat pada perdagangan hari ini. Penguatan harga emas ini disebabkan oleh turunnya dolar AS dan imbal hasil surat utang pemerintah AS yang bertenor 10 tahun. Ditambah lagi, investor berharap Federal Reserve mengadopsi pendekatan yang kurang agresif terhadap kenaikan suku bunga acuannya. Harga emas 1 gram Treasury saat ini berada di Rp870.070 dan menyentuh level tertinggi di Rp872.262. Selama seminggu, harga emas menanjak 3,78 persen.

Di pasar spot, harga emas naik 1,57 persen ke US$1.725,87 per ons. Harga ini menjadi level tertinggi sejak 13 September 2022. Emas berjangka AS pun ikut merangkak naik ke US$1.734,8 per ons.

Imbal hasil surat utang pemerintah “mereda” membuat minat investor kepada emas meningkat. Saat ini, yield obligasi pemerintah AS yang bertenor 10 tahun turun dari level 4 persen ke 3,6 persen. Lalu, penurunan dolar AS akan membuat instrumen itu menjadi lebih murah bagi pembeli dengan mata uang asing. 

Ahli Strategi Pasar RJO Futures, Bob Haberkorn, menilai penguatan emas disebabkan oleh pasar yang berekspektasi The Fed akan melonggarkan kebijakan suku bunganya. Lalu, ke depannya, data ketenagakerjaan AS yang akan dirilis pada Jumat ini bisa memberikan lebih banyak kejelasan tentang kebijakan pengetatan suku bunga Fed.

“Kalau data ketenagakerjaan lebih lemah daripada perkiraan, emas akan ngebut,” kata Haberkorn. Namun, kalau yang keluar ternyata lebih kuat daripada ekspektasi pasar, pasar menduga The Fed tetap akan melanjutkan pengetatan suku bunganya.

Analis di Kitco Metals, Jim Wyckoff, menambahkan, pada September 2022, jumlah pekerjaan di sektor non pertanian utama, diperkirakan naik 275 ribu, turun dari Agustus 2022 yang naik 315 ribu. Wyckoff menilai selera pasar terhadap emas meningkat sejak awal pekan ini setelah data indeks manajer pembelian lebih lemah. Data ini menjadi awal pasar berekspektasi The Fed akan melonggarkan kebijakan suku bunga acuannya.

Sekadar informasi, saat ini, emas mencatatkan persentase kenaikan terbesar sejak Maret pada Senin minggu ini. Tapi, pergerakannya dibayangi oleh kenaikan suku bunga AS. Suku bunga acuan yang tinggi bisa meningkatkan biaya peluang memegang emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil. “Emas belum keluar dari masalah, tapi setidaknya kita melihat rebound yang sangat kuat. Langkah pertama (harga emas naik) didorong oleh short covering,” kata Kepala Strategi Komoditas Saxo Bank, Ole Hansen. 

Menguatnya harga emas juga berpengaruh terhadap harga logam-logam lainnya. Di pasar spot, harga emas melesat 1,4 persen ke US$21,03 per ons, terbaik sejak 2008. Kemudian, platinum meroket 3,17 persen ke US$931,06 per ons dan paladium 4,4 persen ke US$2.317,76 per ons.  

Dari global, bank pemasok emas mengurangi pengiriman logam kuning ke India menjelang festival besar. Mereka ingin fokus ke pasar China, Turki, dan lainnya yang menawarkan premi yang lebih baik. Hal ini disampaikan oleh beberapa sumber kepada Reuters.

Bank Sentral Australia telah menaikkan suku bunga acuannya sebesar 0,25 persen setelah kenaikan suku bunga terakhirnya sebesar 0,5 persen. Lalu, zona Euro juga melapor indeks harga produsen pada Agustus 2022 melonjak 44,3 persen secara year on year karena harga biaya energi yang meroket. Jika tidak termasuk energi, indeks harga produsen tetap saja naik, tetapi angkanya 14,4 persen.

Melihat sederet penjelasan di atas, harga emas semakin menguntungkan, nih, Sobat Treasury! Kamu ingin ikutan beli logam mulia? Sekarang kamu tak perlu repot-repot ke toko emas untuk membeli logam itu. Kamu bisa membelinya melalui apliksi emas digital seperti Treasury. Harganya juga terjangkau sekali, mulai dari Rp5 ribu!

 

Banyak keuntungan yang kamu dapatkan investasi emas di Treasury.

Jaminan kepemilikan Logam Mulia di UBS (PT Untung Bersama Sejahtera), sesuai dengan gramasi emas yang Kamu miliki di aplikasi Treasury. Kamu bisa mencetaknya menjadi Logam Mulia (emas fisik) mulai dari 0,1 gram, kapanpun kamu membutuhkan, atau mencairkannya menjadi uang tunai hanya dalam 2x24 jam.

Lebih dari itu, kamu juga bisa mewariskan investasi emas, membuat rencana masa dengan fitur Rencana Emas, transfer emas, serta membeli berbagai koleksi perhiasan terbaru dari UBS Lifestyle. Makanya, download aplikasi Treasury sekarang!