Reli Dolar AS Berhenti, Harga Emas Menguat Tipis



Harga emas rebound setelah terjungkal ke posisi terendahnya dalam 2,5 tahun. Berhentinya reli dolar AS membuat logam kuning ini naik tipis.

Di Treasury, harga emas 1 gram berada di kisaran Rp820.233. Dalam sebulan, harganya melemah 4,53 persen. 

Sementara itu, di pasar spot, harga emas menguat 0,38 persen ke US$1.627,67 per ons. Emas berjangka AS pun meningkat 0,13 pesen ke US$1.642,29 per ons.

"Hari ini (harga emas) sedikit pulih setelah melemah secara ekstrem beberapa hari terakhir," kata Ahli Strategi Komoditas TD Securities, Ryan McKay.  Namun, lanjut McKay, tidak ada perubahan yang mendasar di pasar emas. 

Diketahui, dolar AS mundur dari indeks tertingginya sehingga membuat investor berpaling ke emas. Pelemahan dolar AS menjadikan emas lebih murah bagi pembeli dengan mata uang lainnya. 

Menurut analis Kitco Metals, Jim Wyckoff, kenaikan harga emas juga disebabkan oleh koreksi harga karena tekanan jual yang baru-baru ini terjadi.

Akan tetapi, emas masih menghadapi tekanan dari kenaikan suku bunga acuan The Fed yang agresif. Suku bunga acuan yang tinggi membuat emas menjadi tidak menarik karena bisa meningkatkan biaya peluang memegang emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil. 

Pimpinan The Fed cabang Chicago, Charles Evans, menilai bank sentral AS itu perlu menaikkan suku bunga acuannya sebesar 1 persen tahun ini. Pernyataan itu semakin menekan emas. 

McKay memprediksi harga emas benar-benar bisa melayang ke bawah US$1.600 per ons karena suku bunga yang tinggi akan berlangsung lama. Dalam catatannya, Capital Economics menulis sektor elektronik global sedang berjuang di tengah memburuknya ekonomi global.  "Kami berpikir harga emas akan tetap berada di bawah tekanan selama sisa tahun ini," tulis Capital Economics.

Sementara itu, data perekonomian menunjukkan Indeks Keyakinan Konsumen AS naik dari 103,6 pada Agustus 2022 menjadi 108,0 pada September 2022. Lalu, berdasarkan data Departemen Perdagangan AS, pesanan baru untuk barang tahan lama turun 0,2 persen ke US$272,7 miliar. 

Penjualan rumah baru di AS naik 28,8 persen ke 685 ribu unit pada Agustus 2022. 

Kini fokus investor sekarang ada di pidato Gubernur The Fed, Jerome Powell, yang mengisyaratkan ada kenaikan suku bunga lebih lanjut. Ditambah lagi, pernyataan yang diberikan dengan nada sangat hawkish.

Itulah alasan mengapa harga emas naik sedikit pada hari ini, Sobat Treasury. Kamu ingin membeli emas? Sekarang membeli logam kuning ini cukup mudah. 

Sobat bisa membelinya di aplikasi emas digital seperti Treasury di smartphone. Harga emasnya juga sangat terjangkau mulai dari Rp5 ribu. Apalagi, emas sudah "punya nama" di masyarakat sebagai tempat untuk lindung nilai aset dan nilainya tetap terjaga. Logam kuning ini juga likuid banget alias mudah dicairkan. 

 

Banyak keuntungan yang kamu dapatkan investasi emas di Treasury.

Jaminan kepemilikan Logam Mulia di UBS (PT Untung Bersama Sejahtera), sesuai dengan gramasi emas yang Kamu miliki di aplikasi Treasury. Kamu bisa mencetaknya menjadi Logam Mulia (emas fisik) mulai dari 0,1 gram, kapanpun kamu membutuhkan, atau mencairkannya menjadi uang tunai hanya dalam 2x24 jam.

Lebih dari itu, kamu juga bisa mewariskan investasi emas, membuat rencana masa dengan fitur Rencana Emas, transfer emas, serta membeli berbagai koleksi perhiasan terbaru dari UBS Lifestyle. Makanya, download aplikasi Treasury sekarang!