Harga Emas Dunia Anjlok ke US$1.660, Terendah Sejak April 2020



Harga emas anjlok ke level terendah sejak April 2020 setelah gagal bertahan di level US$1.700 per ons. Harga emas melemah karena ekspektasi pasar terhadap kenaikan suku bunga acuan The Fed makin tinggi setelah melihat dolar AS dan imbal hasil surat utang pemerintah AS melaju.

Di Treasury harga emas 1 gram hari ini berada di Rp826.112. Selama seminggu, harga logam kuning ini turun Rp22.272 per gram atau 2,69 persen. Harga emas dunia terjun ke level US$1.660-US$1.670 per ons. Di pasar spot, terpantau harga emas turun 1,9 persen ke US$1.663,5 per ons dan emas berjangka AS merosot 2,1 persen ke US$1.672,6 per ons.

“Emas melawan dolar AS dan ekspektasi pasar terhadap kenaikan suku bunga The Fed sebesar 75 basis poin,” kata Kepala Strategi Pasar Blue Line Futures, Phil Streible. Saat menyentuh level US$1.685 per ons, penjualan emas berhenti, kata Streible.

Pasar melihat data inflasi yang masih panas dan penjualan ritel yang membaik daripada proyeksi. Setelah mempelajari data perekonomian yang dirilis pekan ini, investor berpikir The Fed makin mantap untuk melanjutkan kebijakan suku bunga acuan yang agresif.

“Ditambah lagi, pasar semakin cemas kalau kebijakan yang salah akan menyebabkan sesi yang parah,” kata Analis Pasar Senior OANDA, Edward Moya.

Menurut data CME FedWatch Tool, ada peluang 78 persen kenaikan suku bunga acuan 75 basis poin dan 22 persen yang naik 100 basis poin. Sekadar informasi, ada kemungkinan suku bunga The Fed naik pada pertemuan komite The Fed yang akan digelar minggu depan.

“Sepertinya, Fed akan terus menaikkan suku bunganya hingga akhir tahun. itu akan membebani emas,” kata Streible. Penjualan emas akan beramai-ramai dilakukan oleh investor agar mendapatkan uang tunai, lanjut dia.

Memang, emas menjadi tempat yang aman untuk aset saat perekonomian tidak menentu. Tetapi, kenaikan suku bunga acuan bisa meningkatkan biaya peluang memegang emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil.

Saat ini, indeks dolar AS bertengger di level 109,76. Imbal hasil surat utang pemerintah bertenor 10 tahun ada di 3,45 persen dan yang tenor 2 tahun di 3,84 persen.

 

Momentum Jual yang Cukup Kuat

Tingginya dolar AS dan imbal hasil surat utang pemerintah AS yang bertenor 10 tahun mendorong investor untuk melikuidasi posisi emas mereka. “Emas turun ke level terendah dalam dua tahun. Momentum jual cukup kuat,” kata Analis Senior OANDA, Edward Moya.

Perlambatan kenaikan suku bunga perlu dilakukan agar harga emas kembali stabil. Ini bisa terjadi kalau perekonomian mulai memburuk. “Kalau ekonomi memburuk, The Fed bisa mengerem kebijakan suku bunga agresif,” kata Moya.

Ahli Strategi Pasar RJO Futures, Daniel Pavilonis, mengatakan, saat ini, investor mengambil data yang menunjukkan penjualan ritel di AS naik pada Agustus 2022, sementara data terpisah memperlihatkan klaim pengangguran turun 5 ribu menjadi 213 ribu yang disesuaikan musiman pekan lalu. Alhasil, mereka memangkas kerugian harga emas. Ditambah lagi, ada imbal hasil obligasi pemerintah AS yang tinggi. “Kini imbal hasil surat utang pemerintah AS naik dan menekan emas lebih rendah,” kata dia.

Pimpinan International Monetary Fund, Kristalina Georgieva, mengatakan, para gubernur bank sentral berjuang keras untuk menekan inflasi yang berdampak luas.

Harga emas dunia kini makin turun, Sobat Treasury. Peluang kamu beli emas murah pun semakin besar. Oh, ya, emas ini punya sederet kelebihan seperti tahan terhadap inflasi dan nilainya tetap terjaga. Logam mulia ini juga sering dijadikan tempat investasi bagi investor pemula karena minim risiko.

Sekarang, emas pun gampang dibeli. Kamu bisa membelinya secara online melalui smartphone. Aplikasi emas digital seperti Treasury bisa dijadikan pilihan. Mulai dari Rp5 ribu, kamu sudah bisa membeli emas. 

 

Banyak keuntungan yang kamu dapatkan investasi emas di Treasury.

Jaminan kepemilikan Logam Mulia di UBS (PT Untung Bersama Sejahtera), sesuai dengan gramasi emas yang Kamu miliki di aplikasi Treasury. Kamu bisa mencetaknya menjadi Logam Mulia (emas fisik) mulai dari 0,1 gram, kapanpun kamu membutuhkan, atau mencairkannya menjadi uang tunai hanya dalam 2x24 jam.

Lebih dari itu, kamu juga bisa mewariskan investasi emas, membuat rencana masa dengan fitur Rencana Emas, transfer emas, serta membeli berbagai koleksi perhiasan terbaru dari UBS Lifestyle. Makanya, download aplikasi Treasury sekarang!