Harga Emas Tertekan Penguatan Dolar AS



Harga emas kembali melemah pada perdagangan hari ini karena mendapat tekanan yang kuat dari dolar AS. Penurunan imbal hasil surat utang pemerintah AS tidak banyak membantu pergerakan emas. 

Harga emas 1 gram Treasury saat ini berada di level Rp868.982. Setelah menguat ke Rp869.553, harganya tergelincir ke Rp868.489.

Sementara itu, di pasar spot, harga emas turun 0,11 persen ke US$1.759,16 per ons—setelah merosot pada Rabu kemarin. Harga ini terendah sejak 3 Agustus 2022. Harga emas berjangka AS pun tergelincir 0,2 persen ke US$1.773,1 per ons, mengutip dari CNBC.

Dolar AS mencapai level tertinggi dalam tiga minggu. Penguatan dolar AS membuat harga emas menjadi lebih mahal bagi pembeli luar negeri. Lalu, imbal hasil surat utang pemerintah AS yang lebih rendah, bisa mendorong kenaikan marjinal emas batangan tanpa bunga, kata pakar strategi komoditas di TD Securities, Daniel Ghali.

Saat ini, investor sedang mempelajari risalah pertemuan Federal Reserve pada Juli 2022. Risalah itu menyebutkan akan ada kenaikan suku bunga The Fed. Namun, risalah itu juga mengisyaratkan pejabat The Fed mengakui langkah tersebut berisiko dan mengekang kegiatan ekonomi. Bank sentral AS ini juga menampik gagasan bahwa siklus kenaikan suku bunga akan berakhir pada Simposioum Jackson Hole yang akan datang.

“Terlalu dini untuk menyatakan kemenangan melawan inflasi,” kata Ghali.

Melansir Medcom.id, data perekonomian AS juga menekan harga emas. Menurut Departemen Tenaga Kerja AS, klaim pengangguran turun 2 ribu jadi 250 ribu pada pekan yang berakhir pada 13 Agustus 2022. Kemudian, indeks manufaktur bulanan Federal Reserve Philadelphia naik jadi 6,2 pada Agustus dari 12,3 pada Juli 2022. Selanjutnya, menurut National Association of Realtors, data penjualan rumah di AS turun 5,9 persen ke 4,81 juta pada Juli 2022. Angka ini merupakan penurunan bulanan keenam secara berturut-turut.

Pelemahan harga emas turut mempengaruhi perak dan platinum. Harga perak melemah 1,46 persen ke US$19,55 per ons dan platinum 1,3 persen ke US$911,45 per ons. Sebaliknya, harga paladium naik 0,66 persen ke US$2.154,96 per ons. 

Kepala Riset Next Generation di Julius Baer, Carsten Menke, menilai permintaan emas sebagai safe haven akan memudar dengan asumsi The Fed akan berperang melawan inflasi tanpa mendorong ekonomi ke resesi.

“Emas bergerak secara bertahap lebih rendah pada jangka menengah hingga jangka panjang,” kata Menke.Sekadar informasi, salah seorang pejabat The Fed, Mary Daly, menilai kenaikan suku bunga sebanyak 50 atau 75 basis poin pada bulan depan itu masuk akal.

Di pasar fisik, ekspor emas Swiss ke China pada Juli melesat 146 persen pada Juli 2022. Ini adalah pengiriman terbesar sejak Desember 2016. Menurut data Bea Cukai Swiss, ekspor emas Swiss ke Negeri Tirai Bambu itu sebanyak 80,1 ton emas atau senilai US$4,6 miliar. Permintaan emas dari China meningkat karena harga logam kuning ini dijual di bawah US$1.800 per ons. Ini membuat emas lebih murah bagi investor jangka panjang. Konsumen di China juga kembali masuk ke pasar emas. Diketahui pemerintah setempat telah mencabut lockdown sehingga aturan itu kembali mengangkat permintaan logam mulia.

Harga emas yang makin murah menjadi peluang bagus bagi investor jangka panjang. Apalagi, logam kuning ini terkenal tahan terhadap inflasi dan nilainya tetap terjaga. Harganya pun bisa naik setiap tahun. Sobat Treasury ingin punya emas? Selain di toko, ada juga cara lain untuk membeli logam mulia ini. Kamu bisa membelinya melalui aplikasi emas digital seperti Treasury. Harganya mulai dari Rp5 ribu. Sangat terjangkau, kan?

Banyak keuntungan yang kamu dapatkan investasi emas di Treasury.

Jaminan kepemilikan Logam Mulia di UBS (PT Untung Bersama Sejahtera), sesuai dengan gramasi emas yang Kamu miliki di aplikasi Treasury. Kamu bisa mencetaknya menjadi Logam Mulia (emas fisik) mulai dari 0,1 gram, kapanpun kamu membutuhkan, atau mencairkannya menjadi uang tunai hanya dalam 2x24 jam.

Lebih dari itu, kamu juga bisa mewariskan investasi emas, membuat rencana masa dengan fitur Rencana Emas, transfer emas, serta membeli berbagai koleksi perhiasan terbaru dari UBS Lifestyle. Makanya, download aplikasi Treasury sekarang!