Harga Emas Kembali Menguat karena Dolar AS Bergerak Stagnan



Harga emas menguat pada perdagangan hari ini karena dolar bergerak stagnan. Pergerakan harga emas ini juga dipengaruhi oleh investor yang menanti pidato Jerome Powell di Jackson Hole, AS, besok.

Harga emas di Treasury kali ini bergerak naik dari level Rp863 ribu ke Rp865 ribu. Saat ini, harganya berada di Rp865.321. Di pasar spot, harga emas naik 0,24 persen ke US$1.751,85 per ons. Emas berjangka AS pun ikut naik ke US$1.765,5 per ons.

Diketahui perdagangan dolar AS berhenti di level 108,6 setelah menanjak ke 109,112. Sekadar informasi, dolar AS yang melemah bisa membuat harga emas menjadi lebih murah bagi pembeli luar negeri. Ahli Strategi Pasar Senior di RJO Futures, Bob Haberkorn, mengatakan pasar saat ini relatif sepi. Pedagang sedang menanti kebijakan yang keluar dari pertemuan di Jackson Hole. “Mereka ingin tahu lebih banyak tentang arah kenaikan suku bunga The Fed,” kata Haberkorn.

Harga emas menguat juga disebabkan oleh melemahnya data indeks pembelian manufaktur (PMI) dan sektor jasa di AS. Buruknya data-data itu membuat indeks dolar AS terjungkal dari level tertingginya selama hampir 20 tahun. Namun, pelemahan dolar AS tertahan oleh pernyataan Pimpinan Fed Cabang Minneapolis, Neel Kashkari, yang mengatakan bank sentral itu akan tetap mengetatkan kebijakan suku bunga sampai inflasi bisa dikendalikan.

 

Menanti Arah Kebijakan The Fed

Saat ini, investor menanti pidato Gubernur Federal Reserve, Jerome Powell, di Simposium Jackson Hole besok, Jumat 26 Agustus 2022. Pidato outlook ekonomi ini menyoroti kebijakan pengetatan moneter yang dilakukan bank sentral AS. “Emas menembus US$1.730 atau tidak, bergantung kepada apa yang dikatakan Powell,” kata analis pasar senior di OANDA, Craig Erlam. Investor, kata Erlam, juga menunggu data pertumbuhan ekonomi kuartal II di AS dan belanja konsumen pada Juli yang akan dirilis pada akhir pekan ini.

 

Pukul Logam Industri

Meskipun harga emas naik, kondisi ini tidak berlaku bagi perak dan platinum. Harga perak di pasar spot turun 0,7 persen ke US$19,03 per ons. Harga platinum turun 0,6 persen ke US$874,64 per ons. Sebaliknya, harga paladium naik 2,5 persen ke US$2.029,2—dan kembali lagi ke level S$2.000 setelah berada di level US$1.990-an. “Campuran faktor-faktor negatif, termasuk kecemasan akan resesi, kenaikan suku bunga, dan penguatan dolar AS telah memukul harga logam industri dengan keras,” kata analis eksternal di Kinesis Money, Carlo Alberto De Casa.

 

Borong Emas

Sementara itu, dari global, ada Bank Sentral Qatar yang meningkatkan kepemilikan emas. Analis Pasar Senior Eropa dan Timur Tengah World Gold Council, Krishan Gopaul, mengatakan data pembelian emas dari bank sentral sebanyak 14,8 ton pada bulan lalu. Gopaul menilai pembelian ini merupakan yang terbesar sejak 1967. Cadangan emas di bank sentral Qatar sekarang mencapai 72,3 juta ton. “Rekor tertinggi,” kata dia.

Menurut beberapa analis, bank sentral membeli emas pada bulan Juli karena dianggap sebagai waktu yang tepat. Kala itu, harga logam kuning ini turun ke level terendah selama 16 bulan. Meskipun ada tantangan kebijakan suku bunga the Fed, analis optimistis emas dalam jangka panjang, terutama pembelian dari bank sentral. Analis pasar di Lombardi Letter, Moe Zulfiqar, menilai permintaan bank sentral bisa mendorong harga emas ke atas US$3 ribu dalam jangka panjang. “Emas merupakan salah satu aset dalam jangka panjang yang tidak berkorelasi tinggi dengan aset lain,” kata Zulfiqar.

Sobat Treasury, melihat dari kondisi di atas, emas masih berpeluang untuk makin cuan. Tertarik untuk investasi emas? Sekarang kamu bisa membelinya dengan sangat mudah. Kamu bisa membeli logam mulia ini melalui smartphone. Aplikasi emas digital seperti Treasury bisa dijadikan pilihan. Harganya pun sangat terjangkau, mulai dari Rp5 ribu!

 

Banyak keuntungan yang kamu dapatkan investasi emas di Treasury.

Jaminan kepemilikan Logam Mulia di UBS (PT Untung Bersama Sejahtera), sesuai dengan gramasi emas yang Kamu miliki di aplikasi Treasury. Kamu bisa mencetaknya menjadi Logam Mulia (emas fisik) mulai dari 0,1 gram, kapanpun kamu membutuhkan, atau mencairkannya menjadi uang tunai hanya dalam 2x24 jam.

Lebih dari itu, kamu juga bisa mewariskan investasi emas, membuat rencana masa dengan fitur Rencana Emas, transfer emas, serta membeli berbagai koleksi perhiasan terbaru dari UBS Lifestyle. Makanya, download aplikasi Treasury sekarang!