Dolar AS Menguat, Harga Emas Tergelincir



Harga emas dunia berbalik melemah dan berada di bawah level US$1.700. Pelemahan ini disebabkan oleh menguatnya dolar AS.

Pada Kamis 21 Juli 2022, harga emas 1 gram Treasury saat ini berada di level Rp845.087. Logam mulia itu terpleset dari level Rp848.677. Dalam 7 hari, harga emas melemah 0,58 persen. Di pasar spot, harga emas turun 0,96 persen ke US$1.694,59 per ons, dilansir dari CNBC. Harga emas berjangka juga kini berada di bawah level US$1.7000 per ons, yaitu US$1.6925,5 per ons atau melemah 1,06 persen.

Analis Strategi Komoditas TD Securities, Daniel Ghali, mengatakan menguatnya dolar AS memberikan tekanan kepada harga emas, sedangkan dukungan untuk emas itu terbatas. Ada persepsi bahwa ada kemungkinan bank sentral AS, Federal Reserve, tidak menaikkan suku bunga acuan sebesar 100 basis poin minggu depan.

Ghali menambahkan harga emas belum juga naik karena masih ada pedagang yang mengambil kesempatan. “Ada pedagang yang menggunakan kesempatan untuk menjualnya sebelum harga jatuh lebih dalam,” kata dia. Kenaikan suku bunga acuan menjadikan emas tidak lagi menarik di mata pembeli. Dolar AS yang naik ini akan menjadikan emas lebih mahal bagi pembeli luar negeri.

Dilansir dari Okezone, indeks dolar AS yang mengukur greenback terhadap enam mata uang lainnya kembali mendekati puncak. Ini terjadi setelah inflasi AS mencapai 9,1 persen pada Juni 2022. Reli dolar AS ini mendorong pedagang pasar uang “bertaruh” terhadap kenaikan suku bunga acuan The Fed sebesar 100 basis poin pada bulan ini. Ekspektasi pasar ini turun ke angka 75 basis poin.

Analis Strategi Logam Mulia Blueline Futures, Phillip Streible, mengatakan ada konsensus umum emas bisa kembali di bawah US$1.700 kalau dolar rebound. “Itulah yang kamu lihat (sekarang),” kata Streible. Sentimen ini menunjukkan pergerakan harga emas ke depannya. Ada ekspektasi investor untuk pindah dari logam mulia ke aset yang memberikan imbal hasil yang menguntungkan.

Pemulihan sentimen risiko menunjukkan pergerakan harga emas yang besar akan datang, karena ada ekspektasi bagi investor untuk pindah dari logam mulia ke aset berbunga yang lebih menguntungkan.

Selain emas, harga logam-logam mulia pun ikut memerah. Harga perak turun 0,45 persen ke US$18,65 per ons, platinum 2 persen ke US$856,97 per ons, dan paladium 0,68 persen ke US$1.863,2 per ons.

 

Pengaruh Luar

Sebenarnya, emas punya dukungan positif pada minggu ini karena ekspektasi pasar terhadap kenaikan suku bunga acuan The Fed sebesar 100 basis poin itu meredup. Namun, emas gagal mendapatkan simpati karena investor memilih dolar AS.

“Konflik di Ukraina mengkatalisasi sejumlah besar arus masuk ke ETF emas pada awal tahun, tetapi relevansinya memudar,” kata Ghani.

Dia menilai sikap bank sentral AS yang hawkish telah mengurangi minat untuk pembelian emas.

Apalagi, saat ini, Bank Sentral Eropa berencana menaikkan suku bunga acuannya. Dijadwalkan mereka akan bertemu untuk membahas suku bunga pada Kamis waktu setempat. Inflasi di Inggris yang melonjak ke puncak selama 40 tahun memperbesar peluang kenaikan suku bunga Bank Sentral Eropa sebesar 50 basis poin bulan depan.

 

Ambil Posisi

Kepala Strategi Pasar Capital.com, David Jones, mengatakan para pedagang emas sedang ambil posisi untuk memulihkan harga emas. “(Harga) US$1.650-US$1.700 tampaknya menjadi dasar jangka menengah yang baik,” kata Jones. Pelemahan harga emas dunia ini bisa membuat harganya semakin murah. Tentu ini menjadi peluang bagus bagimu yang ingin mengantongi emas.

Kamu sekarang pun tak perlu harus pergi ke toko emas untuk beli logam kuning ini. Sobat Treasury bisa membelinya melalui aplikasi emas digital di smartphone.Bicara aplikasi emas digital, kamu bisa memilih Treasury sebagai tempat untuk membeli emas. Di sini, harga emasnya sangat terjangkau, mulai dari Rp5 ribu.

 

Banyak keuntungan yang kamu dapatkan investasi emas di Treasury.

 Jaminan kepemilikan Logam Mulia di UBS (PT Untung Bersama Sejahtera), sesuai dengan gramasi emas yang kamu miliki di aplikasi Treasury. Kamu bisa mencetaknya menjadi Logam Mulia (emas fisik) mulai dari 0,1 gram, kapanpun dibutuhkan atau mencairkannya menjadi uang tunai hanya dalam 2x24 jam.

Lebih dari itu, kamu juga bisa mewariskan investasi emas, membuat rencana masa dengan fitur Rencana Emas, transfer emas, serta membeli berbagai koleksi perhiasan terbaru dari UBS Lifestyle. Makanya, download aplikasi Treasury sekarang!