Gara-gara Dolar AS Menguat, Harga Emas Makin Jatuh



Harga emas terus tertekan. Bahkan, kini harganya berada di level US$1,800 per ons--level US$1.800 merupakan level psikologis emas.

 Harga emas 1 gram pada Rabu 6 Juli 2022 di Treasury, berada di level Rp884.832—tidak seperkasa kemarin pada pagi hari yang menyentuh level Rp900 ribuan. Terpantau hari ini emas terjatuh ke titik nadir di Rp882.904. Selama seminggu, pergerakan emas melemah 0,58 persen.

 Pelemahan emas juga terjadi di pasar spot. Dilansir dari CNBC, harga emas pagi ini berada di level US$1.770,1 per ons.

 Penurunan harga emas juga terjadi pada penutupan perdagangan kemarin, 5 Juli 2022. Dilansir dari Kontan, harga emas spot terguling 2,4 persen ke US$1.764,76 per ons pada penutupan perdagangan Selasa, 5 Juli 2022. Harga emas berjangka kontrak pengiriman Agustus pun melemah 2,1 persen ke US$1.763,9 per ons.

 

Karena Apa?

Pelemahan harga emas ini disebabkan oleh adanya sentimen buruk dari reli dolar AS. Penguatan dolar AS membuat logam kuning ini kurang menarik bagi pembeli luar negeri. Menurut catatan CNBC Indonesia, indeks dolar AS berada di level 106,5. Ini merupakan level tertinggi dolar AS dalam dua dekade. Posisi ini menjadikan dolar AS makin menarik sebagai tempat lindung nilai aset bagi investor yang ketakutan terhadap resesi.

“Ada alternatif yang lebih menarik untuk emas di lingkungan kenaikan suku bunga,” kata Presiden of World Markets TIAA Bank, Chris Gaffney, dilansir Kontan.

Gaffney menilai emas memang berfungsi sebagai lindung nilai terhadap inflasi. Akan tetapi, kekuatan logam mulia ini dikikis oleh tingginya suku bunga.

“Teknik jangka pendek untuk emas dan perak sepenuhnya bearish. (Ini) mengundang spekulan berbasis teknis untuk memainkan sisi pendek dari pasar berjangka,” kata Senior Analyst Kitco Metals, Jim Wyckoff.

 

Ramai-ramai Tekan Inflasi

Sejumlah bank sentral menekan tingginya inflasi dengan kenaikan suku bunga. Salah satunya Federal Reserve. Bank sentral AS ini memang berencana akan menaikkan suku bunganya lagi pada bulan ini sebesar 75 basis poin.

Kini, investor menunggu risalah pertemuan Juni The Fed. Risalah ini akan disampaikan pada Rabu waktu setempat.

Kemudian, bank sentral Zimbabwe juga berencana menjual koin emas. Kebijakan ini dilakukan untuk menekan inflasi yang tak terkendali di sana.

Bagaimana dengan India? Sekadar informasi, pemerintah di sana menaikkan pajak impor dari 7,5 persen menjadi 12,5 persen. Kenaikan pajak impor ini bertujuan untuk menekan defisit perdagangan. Tercatat juga impor emas di sana melesat hampir tiga kali lipat dari tahun sebelumnya karena harga terkoreksi.

Kini, penjual emas fisik di India sedang obral emas besar-besaran untuk menaikkan permintaan yang tetap melemah. Sekadar informasi, negara itu adalah konsumen logam mulia terbesar di dunia.

 

Harga Emas Makin Murah, dong!

Harga emas dunia yang makin jatuh memperbesar peluang harganya makin murah. Ini merupakan peluang kesempatan bagimu yang ingin membeli emas.

Sekadar informasi, emas punya kelebihan-kelebihan yang patut kamu lirik sebagai instrumen investasi. Misalnya, logam mulia ini tahan dengan gerusan inflasi dan nilainya terus terjaga. Ditambah lagi, emas merupakan aset yang sangat likuid alias gampang untuk dijual.

Satu lagi, emas pun semakin mudah untuk dibeli. Kini, kamu tak perlu repot pergi ke toko emas untuk membeli aset ini. Sobat Treasury bisa membelinya cukup dengan sekali klik di platform emas digital.

 Bicara platform emas digital, kamu bisa memilih aplikasi Treasury. Di sini, emas dijual dengan harga terjangkau, mulai dari Rp5 ribu. Lebih murah daripada segelas kopi kekinian, kan?

 

Banyak keuntungan yang kamu dapatkan investasi emas di Treasury.

Jaminan kepemilikan Logam Mulia di UBS (PT Untung Bersama Sejahtera), sesuai dengan gramasi emas yang kamu miliki di aplikasi Treasury. Kamu bisa mencetaknya menjadi Logam Mulia (emas fisik) mulai dari 0,1 gram, kapanpun dibutuhkan atau mencairkannya menjadi uang tunai hanya dalam 2x24 jam.

Lebih dari itu, kamu juga bisa mewariskan investasi emas, membuat rencana masa dengan fitur Rencana Emas, transfer emas, serta membeli berbagai koleksi perhiasan terbaru dari UBS Lifestyle. Makanya, download aplikasi Treasury sekarang!