Harga Emas Hari ini Makin Kinclong!



Dolar AS Melemah, Harga Emas Makin Berkilau, Guys!

Harga emas makin menarik. Pelemahan dolar AS menjadi faktor harga komoditas ini semakin menarik.

Harga emas Treasury per gram senilai Rp900.875 pada Selasa 24 Mei 2022. Kenaikan tertinggi hari ini berada di level Rp903.172 per gram. Selama sepekan, harga emas naik Rp13.447 per gram, dari Rp887.630 per gram pada 17 Mei 2022 menjadi Rp901.077 per gram pada hari ini.

 Harga emas berjangka mencatat kenaikan untuk tiga hari berturut-turut. Mengutip Reuters dari Bisnis, lesunya dolar AS mendukung pergerakan emas yang menggunakan greenback sebagai acuan. Ketika imbal hasil obligasi dolar AS meningkat dan membatasi kenaikannya, emas tetap perkasa. 

Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Juni di divisi Comex New York Exchange, meningkat US$5,7 atau 0,31 persen dan ditutup di US$1.847,8 per ounce. 

Tercatat, harga emas berjangka menguat US$0,9 menjadi US$1.842,1 pada Jumat 20 Mei 2022. Ini terjadi setelah harganya meningkat 1,39 persen atau US$25,3 menjadi US$1.841,2 pada 19 Mei 2022. Sehari sebelumnya, harga komoditas ini tercatat di kisaran US$1.815,9.

Harga emas spot naik 0,4 persen menjadi US$1.853,7 per ounce pada pukul 14.20 waktu setempat, dilansir dari Kontan. Harganya naik lebih dari 1 persen dan mencapai level tertinggi pada 9 Mei di US$1.865,29 pada awal sesi. Emas berjangka AS ditutup naik 0,3 persen di US$1.847,8 per ounce.

Analis senior Kitco, Jim Wycoff, mengatakan ada pemantulan korektif yang kuat karena dolar AS turun tajam. Dolar AS jatuh ke level terendah dalam sebulan dan membuat emas lebih murah bagi pemegang mata uang lainnya. 

“Investor mulai menyadari bahwa inflasi akan menjadi masalah lebih lama daripada hanya periode sementara,” kata Wycoff.

 

Daya Tarik Meredup?

Namun, daya tarik emas meredup karena imbal hasil surat berharga AS naik hari ini. Meskipun dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi, harga emas sensitif terhadap kenaikan suku bunga AS. Ini meningkatkan biaya peluang memegang emas batangan tidak memberikan imbal hasil.

 “Sementara kenaikan hari ini disambut baik oleh pemegang emas, seberapa jauh logam mulia dapat naik kemungkinan akan dibatasi oleh kenyataan bahwa bank sentral di Amerika dan Eropa menetapkan jalur kenaikan suku bunga selama beberapa bulan mendatang,” kata analis pasar Kinesis Money, Rupert Rowling.

Sekadar informasi, Presiden Federal Reserve Atlanta, Raphael Bostic, mengatakan pada hari Senin bahwa respon cepat di pasar keuangan bertujuan untuk memperketat kebijakan moneter. Ini menawarkan harapan bahwa bagian lain dari ekonomi bisa menyesuaikan lebih cepat. 

Di tempat lain, harga perak spot naik 0,2 persen menjadi US$21,79 per ounce troi, platinum naik 0,1 persen menjadi US$956,76 per ounce, dan palladium terkerek 1,3 persen menjadi US$1.988,44 per ounce.

 

Lihat Respons Emas terhadap Penguatan Dolar AS

Sementara itu, analis senior OANDA, Jeffrey Halley, mengatakan dolar AS biasanya bergerak terbalik terhadap emas. Tapi, mata uang ini turun setelah mencatat kerugian minggu pertama dalam hampir dua bulan, dikutip dari JPNN.

Imbal hasil acuan obligasi pemerintah AS bertenor 10 tahun menguat setelah turun berturut-turut selama tiga sesi. Indeks dolar AS yang mengukur greenback terhadap enam mata uang, pun turun 1,04 persen menjadi US$102,76.

Tak hanya itu, dolar AS juga tertekan karena mata uang ini sensitif seperti dolar Australia dan poundsterling yang menguat.

“Sebelum berbalik bullish secara struktural, saya perlu melihat emas mempertahankan kenaikannya baru-baru ini dalam menghadapi penguatan dolar, bukan pelemahan dolar,” kata Halley.

 

Beli Emas Mulai dari Rp. 5.000

Melihat harga emas yang “berkilau”, Sobat Treasury bisa menjadikan instrumen ini menjadi pilihan investasi. Aplikasi Treasury pun bisa menjadi pilihan untuk investasi emas. Mulai dari Rp5 ribu, kamu bisa beli emas. Lebih murah daripada harga segelas es kopi susu!

Ada banyak keuntungan yang bisa Sobat Treasury dapatkan dari investasi emas di Treasury. Jaminan kepemilikan Logam Mulia di UBS (PT Untung Bersama Sejahtera), sesuai dengan gramasi emas yang kamu miliki di aplikasi Treasury. Kamu juga bisa mencetaknya menjadi Logam Mulia (emas fisik) mulai dari 0,1 gram, kapanpun dibutuhkan, atau mencairkannya menjadi uang tunai hanya dalam 2x24 jam.

Lebih dari itu, kamu juga bisa mewariskan investasi emas, membuat rencana masa dengan fitur Rencana Emas, transfer emas, serta membeli berbagai koleksi perhiasan terbaru dari UBS Lifestyle. Makanya, download aplikasi Treasury sekarang!