Sederet Alasan Kenapa Sekarang Waktu yang Tepat Investasi Emas Digital



Selama berabad-abad, emas telah menjadi aset berharga di seluruh bagian dunia. masyarakat memilih emas karena nilainya yang tidak tergerus zaman. Mengutip Reuters, emas telah ditemukan di kuburan di samping sisa-sisa peninggalan kuno lainnya yang berasal dari 4.500 SM. Hal ini menunjukkan stabilitas emas dan daya tariknya dari waktu ke waktu.

Pada masa invasi Rusia terhadap Ukraina, salah satu dampak yang paling dirasakan tentu adanya kontraksi ekonomi yang terjadi di berbagai negara. Hal tersebut pada akhirnya membuat para investor berhati-hati dalam menentukan pilihan investasinya guna terhindar dari tergerusnya nilai aset mereka.

Terlebih skema transaksi jual beli di era serba digital ini membuat investasi di logam mulia semakin mudah dengan hadirnya emas digital. Emas digital sangat memudahkan masyarakat untuk berinvestasi. Dari beberapa pertimbangan itu berikut sederet alasan mengapa saat ini adalah waktu yang tepat untuk berinvestasi di emas digital.


1. Nilai Emas Terus Naik di Tengah Ketidakpastian Kondisi Ekonomi Global

Emas menuju kenaikan mingguan kedua berturut-turut, bahkan ketika kenaikan imbal hasil obligasi menyusul inflasi, yang seharusnya mengurangi daya tarik aset tanpa bunga.  Dikutip dari Reuters, investor berbondong-bondong mencari 'tempat penyimpanan' yang aman karena khawatir dengan penyerangan ini

Melihat situasi seperti saat ini, Analis Pasar Senior OANDA Jeffrey Halley mengungkapkan saat ini harga emas bisa kembali ke level tertinggi.

Maklum, popularitas emas sebagai tempat menyimpan aset yang paling aman di kondisi yang penuh ketidakpastian sudah tersohor sejak dulu kala.

Dari grafik harga emas Treasury, terlihat pergerakan ini cukup bikin mata melotot. Bila pada awal pekan kemarin, Selasa (8/3) harga emas masih berada di angka Rp 988.572/gram, merupakan harga tertinggi dalam 1 bulan terakhir.


2. Harga Emas Digital Saat ini Masih Stabil dan Bisa Dicicil

Sebelum berinvestasi emas sebaiknya mulai belajar menabung secara rutin. Adapun jika saat ini kamu belum memiliki tabungan untuk membeli emas sebesar 1 gram, sebaiknya Sobat Treasury mulai menabung atau mencicil emas di platform digital. Strategi itu bisa dilakukan agar Sobat Treasury bisa menabung sesuai dengan kemampuan.

Kemudian yang terakhir, ingat investasi emas merupakan tabungan jangka panjang. Dalam investasi emas, terdapat harga jual dan harga beli atau disebut sebagai spread. Karena itu sebaiknya investasi emas dijadikan sebagai investasi jangka panjang, misalnya untuk kebutuhan dana pendidikan atau dana pensiun.

  

3. Emas Digital Sudah Telah Memiliki Lisensi dari Lembaga Resmi Pemerintah

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) telah menerbitkan sertifikat resmi untuk PT Indonesia Logam Pratama, pemegang merek dagang platform investasi emas digital Treasury. Secara resmi Treasury telah terdaftar di dengan lisensi bernomor 001/BAPPEBTI/PED/12/2021.

Terbitnya  tersebut, merupakan tindak lanjut dari arahan pemerintah melalui Peraturan Bappebti No. 4 Tahun 2019, sebagaimana diubah dengan Peraturan Kepala Bappebti No. 13 Tahun 2020, guna memberikan keamanan, kenyamanan, dan kepastian bagi masyarakat dalam berinvestasi pada aset emas digital.

“Kami sangat berterima kasih atas segenap arahan yang diberikan Bappebti dalam rangkaian due diligence dalam proses mendapatkan lisensi sebagai pedagang emas digital pertama di Indonesia," kata Direktur Treasury Yudi.

"Sertifikat pertama yang dikeluarkan Bappebti tersebut menjadi legitimasi bahwa Treasury adalah aplikasi Emas Digital yang aman, terjamin dan bisa diandalkan masyarakat Indonesia," jelas dia.

Maka dari itu, bagi kalian yang ingin memulai investasi emas dan menambah kepemilikan aset emas, bisa memilih aplikasi Treasury. Investasi emas di Treasury bisa Kamu lakukan mulai dari Rp5.000, lebih murah dari harga segelas es kopi susu.

Dalam investasi emas, terdapat harga jual dan harga beli atau disebut sebagai spread. Maka, sebaiknya investasi emas dijadikan sebagai investasi jangka panjang, misalnya untuk kebutuhan dana pendidikan atau dana pensiun.

Secara jangka panjang, tentu kita berharap harga emas naik lebih tinggi sehingga mampu menutup selisih harga jual dan harga beli. Menurut Indra, berinvestasi emas disarankan minimal selama lima tahun atau setidaknya 10 tahun.

 

Beli Emas Sekarang

Banyak keuntungan yang Kamu dapatkan investasi emas di Treasury. 

Jaminan kepemilikan Logam Mulia di UBS (PT. Untung Bersama Sejahtera), sesuai dengan gramasi emas yang Kamu miliki di aplikasi Treasury. Kamu bisa mencetaknya menjadi Logam Mulia (emas fisik) mulai dari 0,1 gram, kapanpun Kamu membutuhkan, atau mencairkannya menjadi uang tunai hanya dalam 2x24 jam.

Lebih dari itu, Kamu juga bisa mewariskan investasi emas, membuat rencana masa dengan fitur Rencana Emas, transfer emas, serta membeli berbagai koleksi perhiasan terbaru dari UBS Lifestyle. Makanya, download aplikasi Treasury sekarang!