Penemuan Harta Karun Koin Emas Berusia 2.000 Tahun di Jerman



Tumpukan koin emas Celtic berusia 2.000 tahun yang disebut cangkir pelangi, mengacu pada pot emas legendaris yang melengkung seperti bentuk pelangi, digali di Brandenburg, Jerman. Mengutip Newsweek pada Rabu (26/1/2022) hasil penemuan pada 2017 tersebut baru saja diterbitkan dalam jurnal akademik Live Science dengan judul: Gudang emas Celtic berusia 2.000 tahun ditemukan di Jerman. Menteri Kebudayaan Brandenburg Manja Schuele, mengungkapkan penemuan tersebut adalah yang terbesar dalam sejarah Brandenburg.

"Tidak pernah ada harta emas dari Celtic di Brandenburg. 41 koin emas yang sekarang telah ditemukan adalah sensasi, sumber informasi yang tak tergantikan dan menawarkan pandangan unik ke masa lalu kita. Itu adalah arkeolog sukarelawan yang benar-benar mengungkap bagian penting dari sejarah negara ini," jelas dia (sumber: newsweek.com)

Arkeolog dan Sukarelawan di Museum Brandenburg State Heritage Management dan Archaeological Jerman Wolfang Herkt mengatakan, awalnya hanya menemukan 10 koin. 31 koin tambahan ditemukan di dekat desa Baitz di distrik Potsdam-Mittelmark di Brandenburg pada tahun 2017.

Herkt menyebut penemuan itu sebagai penemuan sekali seumur hidup. Koin-koin itu, semuanya sedikit melengkung seperti mangkuk, disebut cangkir pelangi, menurut ahli numismatis (pakar koin) Marjanko Pilekic dari Universitas Goethe.

Koin-koin itu ditemukan di daerah yang dulunya didominasi oleh budaya La Tne, sekitar abad kelima sebelum masehi atau abad pertama sebelum masehi di Eropa Tengah. Namun, karena Celtic tidak tinggal di Brandenburg, temuan itu menunjukkan kemungkinan jaringan perdagangan di Eropa Zaman Besi.

Koin-koin tersebut akan dipajang di Archaeological State Museum of Brandenburg, yang menjadi tempat pameran permanen 10.000 pameran terpilih dan menyajikan ikhtisar sejarah budaya Brandenburg selama 130.000 tahun.

41 koin emas tersebut menjadi penemuan berharga, selain karena usianya juga karena emas sudah sejak lama digunakan sebagai instrumen investasi yang nilainya tidak akan pernah menyusut. Hingga saat ini nilai emas terus naik dari masa ke masa menjadikan logam mulia ini salah satu instrumen favorit untuk berinvestasi.

Namun saat ini untuk berinvestasi di instrumen emas tidak perlu lagi menyentuh dan menjaga emas itu secara fisik. Tanpa ada rasa khawatir akan proteksi yang kurang aman, Sobat Treasury bisa berinvestasi melalui emas digital yang nominalnya setiap saat bisa dilihat dan diperiksa. Salah satu aplikasi jual beli emas digital yang sudah legal, aman dan terpercaya adalah Treasury. Investasi emas di Treasury bisa Kamu lakukan mulai dari Rp5.000, lebih murah dari harga segelas es kopi susu.


Beli Emas Sekarang

Banyak keuntungan yang Kamu dapatkan investasi emas di Treasury. 

Jaminan kepemilikan Logam Mulia di UBS (PT. Untung Bersama Sejahtera), sesuai dengan gramasi emas yang Kamu miliki di aplikasi Treasury. Kamu bisa mencetaknya menjadi Logam Mulia (emas fisik) mulai dari 0,1 gram, kapanpun Kamu membutuhkan, atau mencairkannya menjadi uang tunai hanya dalam 2x24 jam.

Lebih dari itu, Kamu juga bisa mewariskan investasi emas, membuat rencana masa dengan fitur Rencana Emas, transfer emas, serta membeli berbagai koleksi perhiasan terbaru dari UBS Lifestyle. Makanya, download aplikasi Treasury sekarang!