Mau Pensiun Dini? Siapin Ini Dulu



Pernahkah kamu membayangkan untuk pensiun dini?

Di usia 40 tahun kamu sudah punya rumah, fokus pada keluarga, masih sehat dan segala kebutuhan hidup sudah bisa didapat dari pendapatan pasif. Wah sepertinya hidup tenang banget ya.

Namun, untuk mencapai itu kamu perlu bekerja keras dan sukses mengelola keuangan dan investasi selama masa produktif. Sebenarnya pensiun dini bisa dilakukan apabila kamu memiliki perencanaan yang matang dan siap sebagai berikut
 

1. Punya Target

Siapa bilang pensiun harus menunggu tua?

Saat ini sudah banyak orang yang memilih untuk pensiun. Namun saat mengajukan pensiun maka Sobat Treasury harus mempersiapkan dana dari rentan waktu 10 tahun sebelum masa pensiun. Sobat Treasury perlu menghitung biaya hidup bulanan sampai tahunan dan buat target dari nominal tersebut.

 

2. Menghitung Utang

Setelah menghitung biaya konsumsi, Sobat Treasury perlu menghitung utang yang dimiliki. Beberapa utang seperti cicilan rumah, kendaraan harus diselesaikan sebelum Sobat Treasury pensiun dini.
 

3. Mengelola pesangon

Bagi Sobat Treasury yang bekerja di perusahaan swasta, saat kamu pensiun maka kamu akan memperoleh pesangon yang hanya diberikan satu kali sebelum pensiun.

Namun, pesangon tersebut jangan dibuat sebagai rezeki nomplok. Sobat perlu membagi nominal pesangon ini untuk menyelesaikan berbagai pembayaran.

Misalnya 30 persen digunakan untuk melunasi utang, 50 persen digunakan untuk tabungan dan 20 persen digunakan untuk investasi.
 

4. Pilih Investasi yang Aman dan Jangka Panjang

Setelah mendapatkan uang tabungan dan pesangon. Sebaiknya kamu menyimpan dana pensiun di beberapa instrumen investasi yang aman.

Buat kamu yang termasuk investor konservatif alias nggak ingin resiko tinggi, emas bisa jadi pilihan paling efisien. Dengan resikonya yang cenderung rendah dan nilainya tahan dari inflasi, cocok banget untuk pilihan aset investasi kamu untuk masa tua.

Apalagi saat ini sudah ada emas dalam bentuk digital yang bisa dibeli dengan nominal semampu kamu.

Selain lebih efisien emas digital juga lebih aman. Karena investor tidak perlu repot memiliki save deposit box untuk menyimpan emas dengan aman. Emas digital secara aman disimpan oleh penyedia layanan jual beli emas digital yang sudah legal seperti Treasury.

Sifat emas digital sama seperti fisik namun bentuknya lebih seperti nominal uang dalam bentuk saldo rekening yang bisa kamu lihat fluktuasinya setiap saat.

Emas digital juga lebih mudah dibeli, bahkan bisa dicicil. Cukup dengan Rp 5.000, Sobat Treasury bisa mulai berinvestasi di logam mulia jenis emas. Keuntungan yang Sobat Treasury dapat juga cukup menggiurkan loh. Bagaimana caranya?

Coba deh investasi Investasi emas di Treasury bisa Sobat Treasury lakukan mulai dari Rp5.000, lebih murah dari harga segelas es kopi susu!

 

Beli Emas Sekarang

Banyak keuntungan yang Kamu dapatkan investasi emas di Treasury. 

Jaminan kepemilikan Logam Mulia di UBS (PT. Untung Bersama Sejahtera), sesuai dengan gramasi emas yang Kamu miliki di aplikasi Treasury. Kamu bisa mencetaknya menjadi Logam Mulia (emas fisik) mulai dari 0,1 gram, kapanpun Kamu membutuhkan, atau mencairkannya menjadi uang tunai hanya dalam 2x24 jam.

Lebih dari itu, Kamu juga bisa mewariskan investasi emas, membuat rencana masa dengan fitur Rencana Emas, transfer emas, serta membeli berbagai koleksi perhiasan terbaru dari UBS Lifestyle. Makanya, download aplikasi Treasury sekarang!