Kakeibo Bisa Ditiru Nih! Cara Cerdas Orang Jepang Atur Duit



Orang Jepang sangat identik dengan budaya disiplinnya yang tinggi. Mulai dari pendidikan sampai bersosial semua tampak teratur. Bahkan mengenai keuangan, paa tahun 1904 Wartawan Hani Matoko memperkenalkan skema pencatatan untuk mengatur keuangan, skema tersebut disebut Kakeibo.

Bagi Sobat Treasury yang hingga saat ini kesulitan untuk mengatur keuangan, sebaiknya mulai melakukan strategi ini. Namun apa sih Kakeibo?

Yuk kita pahami.

Kekibo adalah skema pencatatan secara rinci yang dilakukan oleh seseorang untuk mengetahui pengeluaran rutin. Misalnya mencatat pemasukan dari gaji bulanan, pemasukan dari pendapatan usaha kemudian pendapatan dari pekerjaan sampingan. Semua harus dicatat secara rinci.

Dengan mencatat penghasilan utama, sobat treasury bisa mengetahu jumlah pendapatan yang diperoleh. Begitu mengetahui catatan tersebut, Sobat Tresury pasti akan lebih berhati-hati saat membelanjakan uang.

Dalam Kakeibo, pencatatan keuangan tidak hanya pemasukan. Namun juga mencatat secara rinci kebutuhan apa saja yang diperlukan. Misalnya untuk membayar sewa rumah, air, listrik, tagihan kartu kredit atau utang lainnya, perkiraan biaya transportasi sampai biaya makan.

Setelah mencatat pemasukan dan kebutuhan pokok, siapkan uang dalam beberapa amplop. Atau yang memiliki bank digital yang khusus memiliki beberapa kantong uang, pemisahan uang bisa dilakukan dengan skema tersebut.

Namun jika belum punya, sebaiknya uang dibagi dalam bentuk tunai dan disimpan ke dalam beberapa ampop yang sudah disediakan. Amplop harus diisi sesuai dengan anggaran yang dipersiapkan untuk masing-masing pos pengeluaran.

Selain mempersiapkan uang ke dalam amplop, pencatatan juga berlanjut pada rincian pengeluaran harian. Hal ini dilakukan untuk menelusuri kemana saja uang dibelanjakan. Hal itu akan membantu Sobat Treasury untuk melihat pos anggaran mana yang laing bengkak nilainya.

Kemudian yang terakhir adalah, Sobat Treasuru memeriksa rencana pengeluaran di awal dan realisasinya. Kondisi ini penting dilakukan untuk menilai apakah rencana keuangan yang sudah kita lakukan di awal bulan sudah bisa membuat kita disiplin dan bijak menggunakan uang yang kita miliki.

Cek pos pengeluaran mana saja yang sesuai dan tidak sesuai. Jika ternyata sudah sesuai dengan rencana anggaranmu, bahkan masih ada pemasukan tersisa, berarti kamu sukses mengimplementasikan Kakeibo dalam kehidupan sehari-hari. Jika belum, kamu dapat memperbaikinya di bulan depan.

Hal yang terpenting dari skema ini adalah disiplin dan komitmen yang kuat. Orang Jepang mampu menjalankan kekibo karena memiliki komitmen dan disiplin sehingga bisa sukses mengelola keuangan. Jadi apakah Sobat Treasury Tertarik untuk mencoba Kekibo?

 

Beli Emas Sekarang

Banyak keuntungan yang Kamu dapatkan investasi emas di Treasury. 

Jaminan kepemilikan Logam Mulia di UBS (PT. Untung Bersama Sejahtera), sesuai dengan gramasi emas yang Kamu miliki di aplikasi Treasury. Kamu bisa mencetaknya menjadi Logam Mulia (emas fisik) mulai dari 0,1 gram, kapanpun Kamu membutuhkan, atau mencairkannya menjadi uang tunai hanya dalam 2x24 jam.

Lebih dari itu, Kamu juga bisa mewariskan investasi emas, membuat rencana masa dengan fitur Rencana Emas, transfer emas, serta membeli berbagai koleksi perhiasan terbaru dari UBS Lifestyle. Makanya, download aplikasi Treasury sekarang!